Tekno

Huawei Perkenalkan Asisten Digital, Namanya Celia

Sejak pertengahan 2019 lalu, Huawei dilarang menggunakan semua layanan Google, baik itu layanan Search, email, Maps, hingga asisten digital. Akibat larangan tersebut, Huawei pun mulai mencoba membangun ekosistemnya sendiri.

Dan ekosistem yang mereka bangun itu, perlahan namun pasti mulai menuju ke arah yang lebih baik di mana Huawei sudah membuat toko aplikasinya sendiri, yakni AppGallery. Dan baru-baru ini, mereka juga sudah mendatangkan layanan baru, yaitu layanan asisten digital yang bernama Celia.

Baca juga: Huawei P40 Series Hadir dengan Fitur dan Kamera yang Luar Biasa!

Celia Tersedia di Huawei P40 Series

Seperti yang dilansir dari Engadget, (29/3/2020), Celia saat ini baru tersedia di perangkat terbaru Huawei, yakni P40 Series. Meskipun begitu, pihak perusahaan akan tetap menghadirkan asisten digitalnya tersebut ke semua smartphone Huawei.

Namun, pihak perusahaan enggan membocorkan kapan waktu pasti Celia akan segera hadir di semua perangkat Huawei. Asisten digital buatan Huawei itu sendiri dapat digunakan atau mengerti perintah dalam tiga bahasa, yaitu Inggris, Perancis, dan juga Spanyol.

Celia memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah dapat digunakan untuk membuat panggilan, mengatur alarm, dan membaca notifikasi. Selain itu, Celia juga dapat mengidentifikasi objek dalam foto dan menemukan di mana objek tersebut dapat dibeli.

Tak sampai di situ saja, Celia juga dapat mengatur acara di buku telepon, menelepon seseorang di daftar kontak, dan menghitung kalori melalui kamera ponsel. Celia juga memiliki akses ke aplikasi musik dan belanja. Dengan Celia, para pengguna bisa meminta asisten digital tersebut untuk memainkan lagu, serta memintanya untuk membeli barang apa saja yang muncul di layar smartphone.

Baca juga: Huawei Luncurkan Casing Bertema Mewah & Gaming untuk P40 Series

Adapun untuk menggunakan Celia, para pengguna hanya perlu mengatakan “Hey, Celia,” kemudian mereka bisa memerintahkan asisten digital Huawei itu untuk melakukan beberapa keunggulan yang sudah disebutkan.

Masih melansir dari Engadget, pihak Huawei berharap nasib Celia ini jauh lebih baik dari Bixby yang merupakan asisten digital milik Samsung. Keberadaan Celia sendiri sebenarnya sudah dipersiapkan oleh pihak Huawei sejak tahun 2019 lalu, namun mereka masih membutuhkan berbagai macam persiapan sebelum akhirnya meluncurkan Celia secara global.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close