Tekno

Huawei Search Akan Segera Gantikan Google Search

Huawei makin percaya diri bisa lepas dari bayang-bayang Google. Perusahaan teknologi asal China itu benar-benar memperkuat ekosistemnya dengan sangat baik, bahkan dalam beberapa tahun mendatang mungkin akan bisa mengalahkan Google.

Meski di awal mengalami kesulitan, Huawei secara perlahan mulai menemukan titik terang, sekaligus titik balik perjalanan bisnis mereka di mana perusahaan pimpinan Ren Zhengfei itu bisa bergerak tanpa dukungan Google sampai sejauh ini melalui ekosistemnya sendiri.

Baca juga: FB, IG, dan Twitter Akan Segera Hadir di Huawei AppGallery

Huawei Search Akan Gantikan Google Search

Dilansir dari Gizchina, Senin (2/3/2020), Huawei Search akan dilengkapi dengan fitur pencarian cepat. Selain itu, mesin pencari Huawei akan memungkinkan para pengguna untuk mengecek prakiraan cuaca, hasil olahraga, konversi unit, dan kalkulator.

Bukan hanya itu saja, Huawei Search juga akan mengkategorikan hasil pencarian berupa video, berita, dan gambar. Fitur ini sama seperti yang dimiliki oleh Google Search dan kebanyakan mesin pencari lainnya sehingga para pengguna Huawei akan tetap merasakan kenyamanan ketika menggunakan Search mereka.

Melansir dari HuaweiCentral seperti yang dikutip dari Gizchina, Huawei Search akan tersedia di AppStore (toko aplikasi milik Huwei). Dan ketika Huawei meluncurkan produk terbaru nanti, mesin pencari Huawei Search akan secara otomatis terpasang di perangkat mereka atau yang biasa disebut dengan istilah bloatware

.

Baca juga: Google Ungkap Alasan Aplikasinya Tak Ada di Perangkat Huawei

Huawei Abaikan Google?

Beberapa hari yang lalu, Google telah mengungkapkan alasan mereka tidak bisa berbisnis dengan Huawei. Setelah mengungkapkan alasannya kepada publik, kemudian Google membuat kabar yang cukup mengejutkan di mana mereka mengaku ingin bekerja sama dengan pabrikan ponsel pintar asal China tersebut.

Dilansir dari GSM Arena, Google dilaporkan telah mengajukan lisensi kepada pemerintah AS yang akan memungkinkan mereka untuk bekerja sama dengan Huawei lagi. Namun, terkait setuju atau tidaknya pemerintah AS masih belum diketahui.

Terkait jadi atau tidaknya kerja sama antara kedua perusahaan tersebut, publik dunia hanya perlu menunggu respon dari pemerintahan AS. Jika pemerintah AS memberikan lisensi kepada Google, maka ini adalah kabar gembira bagi para pengguna Huawei.

Baca juga: Google Ingin Jalin Kerja Sama dengan Huawei Lagi

Namun apabila pemerintah AS menolak, tentu itu bukanlah sesuatu yang menakutkan bagi Huawei karena mereka juga sudah membuat ekosistemnya sendiri dengan meluncurkan Huawei Mobile Services (HMS), meskipun HMS masih belum bisa menggantikan Google Mobile Services (GMS) sepenuhnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close