Blogging

Mengapa Banyak Ibu Rumah Tangga Jadi Blogger ? Ini 7 Alasannya !

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa mencari penghasilan sendiri. Ada berbagai usaha sampingan yang dapat dikerjakan dari rumah. Salah satunya adalah ngeblog. Blog bukan semata medium untuk menambah pendapatan, blog awalnya dibuat sebagai tempat berbagai informasi ,  pemikiran, dan hiburan.

Namun , melihat potensi nya yang besar, blog dapat dimonetisasi, karena sangat disayangkan aliran traffic yang masuk ke dalam blog tidak dimanfaatkan menjadi sesuatu yang komersil, apalagi mengudaranya sebuah blog juga memerlukan modal ; waktu , tenaga, bahkan uang untuk domain dan hosting ( optional) .

Hal ini lah yang bisa menggerakkan ibu rumah tangga menjala potensi tersebut, apalagi pekerjaan ngeblog tidaklah sulit kalau punya basic menulis yang baik.   Satu modal yang paling dibutuhkan untuk mencapai sukses lewat kegiatan blogging hanyalah : Ketekunan.

Pekerjaan ini bersifat online, sehingga dapat dikerjakan dari rumah. Bahkan dapat dikerjakan ketika merawat anak, membersihkan rumah , atau dapat dilakukan sambil menyambi aktivitas lainnya.

Lalu, apakah ada yang berhasil dari kegiatan ngeblog ini ?

Banyak. Bahkan ada ibu rumah yang menjadi full timer blogger, demi menambah penghasilan keluarganya, sebut saja Mbak Indri, pengasuh Juragan Cipir, yang namanya sudah malang melintang dan populer di kalangan blogger sejagat Indonesia.

Ada juga blogger yang anggotanya ibu rumah tangga semua, nama blognya emak2blogger.com. Bahkan ada anggota Komunitas Emak Blogger Surabaya menyelenggarakan bagi-bagi takjil gratis di bulanRamadhan 1437H.

Dibawah ini adalah gambar yang diambil dari blog emak-emak tersebut 😀

Loading...
emak2blogger
Gambar dari http://emak2blogger.com

Ini dia alasan banyak ibu rumah tangga jadi blogger 

1. Kenyamanan Lokasi

Rumah sendiri adalah lokasi yang paling nyaman untuk bersantai. Seperti lirik lagu , “ lebih baik di sini, rumah kita sendiri “ , maka dalam rutinitas menulis , ibu rumah tangga dapat memilih spot yang ia anggap paling strategis dan mendukung moodnya. Lain dengan karyawan yang bekerja di kantor, dimana  lokasi yang ia huni banyak terkandung dinamika kantor, yang mengurangi mood, dan bahkan membuat pikiran stress.

Dinamika tersebut seperti keributan, deadline yang padat, ketidakbebasan,  dan tekanan lain perusahaan,  kadang  menghambat daya cipta seorang karyawan yang ingin menjadi blogger. Ibu rumah tangga sangat diuntungkan dari segi lokasi ini.

2. Motivasinya Kuat

Menjadi ibu rumah tangga yang merawat anak, maka rutinitas sehari-hari adalah bertemu dengan anak. Banyak blogger di Indonesia yang memusatkan motivasi utamanya adalah kebahagiaan anak. Karena anak adalah investasi utama orang tua , maka mereka ( ibu rumah tangga ) akan melakukan apapun untuk kebahagiaan mereka, ngeblog pun jadi lebih bersemangat.

Untungnya menjadi ibu rumah tangga adalah dekat dengan seluruh anggota keluarga, dan kedekatan ini akan memancing respon emosional yang kuat , dan meningkatkan motivasi dalam ngeblog.

3. Ide Banyak

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti sedikit wawasan. Bahkan ibu rumah tangga adalah pihak yang paling diuntungkan dalam arus informasi. Apalagi bila ibu rumah tangga tersebut berada dalam satu lingkungan yang isinya teman-teman seperjuangan, maka takkan ada satu hari pun yang terlewat tanpa “ bergosip “ .

Siapa bilang bergosip selalu berkonotasi dengan hal negatif ? Dalam dunia blogging, isu adalah sesuatu yang mendatangkan trafik, dan trafik ini mendatangkan uang. Ibu rumah tangga yang banyak bergosip, tentu mendapatkan banyak informasi, dan itu adalah bekalnya dalam menulis konten ( tergantung niche ) .

Kelebihan lain adalah , ibu rumah tangga bisa kapanpun menonton televisi di rumah , tidak ada bos yang melarang ini itu, karena ibu rumah tangga adalah penguasa di dalam rumah.

Kalau televisi tidak tepat, maka mendengarkan radio adalah alternatif tepat, menemani dalam tiap aktivitasnya. Radio adalah sumur inspirasi, karena bukan hanya lagu saja yang diputar, melainkan apa yang diucapkan penyiar di sana kadang bermutu dan menambah wawasan. Sehingga, ibu rumah tangga diuntungkan dalam lingkaran informasi ini.

4. Mengisi Waktu Kosong

Daripada mengisi waktu kosong dengan bersantai-santai tidak jelas, mending produktif menulis, bukan ? Banyak blogger yang berlatar ibu rumah tangga , fokusnya membangun blog pada awalnya bukan karena uang, namun karena ingin mengisi waktu.

Motivasi seperti ini memang sangat tepat, sehingga menulis bukan menjadi sebuah beban. Dan secara berkala, mereka yang masuk dalam ranah blog pasti menyadari kenyataan , ada sifat dalam diri manusia untuk mengeksplorasi lebih apa yang ada padanya , dan akhirnya ibu rumah tangga ini sadar bahwa blog tersebut bisa dimonetisasi, dan memang blog bisa menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan.

Kadang bukan pengaruh dari dalam yang membuat ibu rumah tangga memonetisasi blognya, bisa jadi karena diajak oleh sahabatnya, atau ditanya oleh pembaca yang kebetulan juga adalah seorang blogger via kotak komentar.

“ Gak dipasang iklan adsense, mbak blognya ?  Bisa dapat uang , lohh.. “

Maka, ibu-ibu keren ini pun langsung tancap gas,  mencari situs yang refrensinya lengkap tentang mencari uang online seperti banyak diulas di klikmania.net ini, lalu mencoba untuk memonetisasi blognya. Awalnya mengisi waktu, tapi pada akhirnya akan ketagihan juga untuk mencari uang, hehe…

5. Menambah Teman Dan Relasi

Nah, setelah mengisi waktu dan akhirnya sadar bahwa blog bisa menjadi sumber penghasilan, maka langkah berikutnya yang  biasa dilakukan oleh  “ blogger house wife “ adalah mencari teman-teman yang sehobi dengannya. Nah, komunitas online itu banyak , apalagi yang khusus kumpulan ibu rumah tangga yang doyan ngeblog. Salah satu komunitas yang paling terkenal adalah Emak-emak Gaoel. Hehe, nama komunitas nya juga gaul abizz ya !

Jadi, dengan bergabung ke komunitas tersebut, selain membahas mengenai kegiatan blogging, ibu-ibu yang kece ini bisa berbagi satu dengan yang lainnya seputar kehidupan keluarga dan rumah tangga, berbagi cerita , tips, pengalaman seputar merawat anak,  saling menguatkan, dan kalau ada waktu mereka akan berkumpul dan melakukan kopi darat untuk memperkokoh komunitasnya. Keren , bukan ?

6. Menambah Jumlah Wawasan Untuk Keluarga ( Agen informasi )

Menjadi blogger yang latar belakang nya ibu rumah tangga juga menguntungkan dari segi informasi . Karena memang blogger harus peka terhadap informasi , maka ibu rumah tangga bisa menjadi agen informasi keluarganya sendiri.

Bisa mengabarkan kabar aktual seputar finansial, politik, dan isu yang penting, yang  berpengaruh terhadap masa depan keluarga. Menjadi pribadi yang aktual sangat menguntungkan , agar ketika masuk dalam birokrasi manapun, bisa lihai dan tidak gampang dibodohi. Ibu rumah tangga yang demikian , pasti jadi idaman !

7. Menambah Penghasilan Keluarga

Kalau yang ini sepertinya tidak perlu dibahas terlalu jauh. Uang adalah motivasi yang paling banyak dipakai, tidak hanya oleh ibu rumah tangga, bahkan blogger seluruh dunia menggantungkan semangatnya dari hasrat materialistis ini .

Bukan berarti ibu rumah tangga itu mata duitan, atau melangkahi suaminya dalam mencari uang. Ada sisi positif ketika ibu rumah tangga punya pendapatan sampingan.

Karena wanita itu kadang permintaannya banyak yang tidak bisa dikabulkan oleh suami dengan alasan umum kekurangan biaya ( hemat ). Dengan mencari uang sendiri dari blog , setidaknya tidak merepotkan suami ,  malah bisa menambah uang belanja bulanan.

Maka dari itu, ibu rumah tangga sangat membara semangat blognya,  apalagi kalau ikut lomba blog yang khusus wanita dan hadiah nya adalah produk incaran para wanita. Entah itu tas, sepatu, gadget, perhiasan, dan lain sebagainya.

Belum lagi ketika sang anak minta dibelikan sesuatu, atau ingin jalan-jalan ke tempat yang ia mau, dengan semangat yang lebih menyala, maka sang ibu pasti akan berusaha ngeblog lebih giat agar mendapatkan uang dan memberikan apa yang diinginkan buah hatinya. Karena kebahagiaan buah hati, kebahagaiaan setiap ibu.

Penutup

Nah, itu lah 7 alasan mengapa banyak ibu rumah tangga yang terjun menjadi seorang blogger.

Apapun alasannya, tetaplah “ rumah tangga” adalah yang utama bagi seorang istri, jangan karena terfokus atau terlalu candu pada blog, sibuk mencari uang, lalu rutinitas utama, kedekatan bersama keluarga, dan kesehatan anda jadi terganggu.

Semoga bermanfaat !



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Gagal Adalah Bukti Eksistensi, Tiada Hari Tanpa Mencoba Lagi. Penulis adalah seorang blogger aktif , baru memulai aktivitas blogging di tahun 2016. Penulis adalah seorang full timer blog, sebelumnya cuma seorang pelajar yang lelah dengan nuansa akademik yang kaku. Sedang progress mengelola 10 blog dengan niche berbeda. Penulis dapat ditemukan di blog pribadinya, www.andrezalukhu.com. Blog pribadi memang jarang ditulis, namun segera diisi untuk perkenalan yang langgeng . Terima kasih atensinya. Keep posting !

Artikel terkait

10 Comments

  1. Mulai memotivasi yang paling dekat Mas Dedy, Emak sendiri kalau umurnya 40an sampai 50an cocok disuruh baca artikel ini. Apalagi ibu mudah, hmmm.
    Semoga bermanfaat ! !

  2. Cocok nih, buat dibaca-baca sama ibu-ibu rumah tangga…
    Kali aja ada yang beneran termotivasi dan akhirnya punya blog yang berpenghasilan…
    Terima kasih Mas Andre…
    Salam Mas Gani

        1. Waduh ada kan emang yang kaya gitu haha.. bisa nyaingi bapak penghasilannya juga. malah bapaknnya yang belajar ke istri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *