Peluang usahaUlasan Bisnis

7 Ide Bisnis Akhir Pekan yang Menjanjikan Untuk Menambah Penghasilan

Bisnis akhir pekan – Sabtu dan minggu, dua hari yang dinanti-nanti oleh kita semua. Terlebih untuk kaum muda, weekend atau akhir pekan bisa menjadi waktu terbaik untuk melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga dan teman-teman.

Selain digunakan untuk rehat sejenak dari rutinitas harian yang padat, Anda juga bisa memanfaatkan akhir pekan untuk menghasilkan uang tambahan.

Meski menghabiskan waktu di akhir pekan itu lebih nyaman dan menyenangkan, namun bila kamu ingin mendapat penghasilan, maka cobalah untuk mencari tambahan di akhir pekan.

Banyak sekali bisnis yang bisa kamu coba jalankan di akhir pekan, tentu prospeknya bagus dan mudah dijalankan.

Apa saja ide bisnis itu? Mari simak ulasan mengenai ide bisnis akhir pekan yang bisa menambah penghasilan berikut ini…

1. Les Private Bahasa Asing

Kalau kamu punya skill bahasa asing, cobalah untuk mendulang penghasilan dari sini. Kamu bisa memanfaatkan liburan akhir pekan dengan berbisnis les private bahasa asing.

Bisnis ini juga termasuk yang waktu kerjanya cukup fleskibel dijalankan, kamu bisa menjangkau para pelajar dengan jenjang SD, SMP, maupun SMA/SMK. Kamu bisa mematok tarif yang murah terlebih dahulu, misalnya 50 ribu rupiah per jamnya.

2. Garage Sale/Event Bazar

Sambil mengisi waktu luang di akhir minggu, kamu bisa ikut buka dagangan di pameran atau event bazar untuk bisnis akhir pekan dan mencari penghasilan tambahan.

Loading...

Kamu tidak perlu bingung mau bisnis apa, cobalah untuk membuka lapak garage sale. Kamu bisa menjual barang apa saja yang sifatnya pribadi dan sekiranya sudah tidak digunakan.

Contohnya saja, kamu bisa menjual sepatu, topi, tas, baju, perhiasan, hijab, dan barang lainnya yang sekiranya masih bagus kondisinya.

3. Food Truck

Bisnis Akhir Pekan

Seperti yang sudah lazim terjadi, akhir minggu merupakan waktu paling baik bagi anak muda untuk berkumpul atau sekedar nongkrong bersama kawan-kawan sambil menikmati aneka kuliner.

Waktu santai ini bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis akhir pekan dengan menjajal usaha café keliling di tempat-tempat yang ramai orangnya.

Konsep café keliling ini sudah banyak dilirik dan disukai para pebisnis kuliner. Strategi pemasaran bisnis ini termasuk jemput bola, jadi bisa mendapat income yang lebih besar dari hari-hari biasanya.

4. Handmade

Kalau kamu termasuk orang yang memiliki jiwa kreatif dan suka membuat barang kerajinan, kamu bisa memanfaatkan waktu senggang di akhir pekan untuk membuat kerajinan tersebut sebanyak-banyaknya.

Kamu bisa menjualnya secara langsung ke teman-teman atau tetangga sekitar. Bila tidak mau repot, kamu bisa mencoba untuk menerapkan sistem komisi atau bagi hasil dengan pemilik toko yang dititipi.

Selain berjualan secara offline, kamu juga bisa menjualnya secara online agar penjualannya makin laris tanjung kimpul. Disamping itu, kamu bisa pasang iklan gratis untuk berpromosi online.

Kalau kamu sudah “go online”, maka bisnismu itu akan semakin berkembang dengan cepat.

Nah, selain memproduksi pesanan customer, kamu juga bisa membuka kelas kursus untuk orang-orang terdekat. Kamu bisa mengajak teman, anak-anak sekolah atau tetangga yang sekiranya tertarik dan minat terhadap bisnis kerajinan tangan yang kamu geluti.

Ini juga menjadi penghasilan kita berlipat-lipat. Orderan sendiri ada, plus ditambah penghasilan dari kursus kerajinan tangan.

5. Jasa Titip-Beli

Di sosial media, tren bisnis titip beli mulai ramai kembali diperbincangkan. Kamu bisa memanfaatkan dan mengeksekusi peluang ini ketika sedang travelling ke luar kota maupun luar negeri.

Bagaimana melakukannya? Sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu memotret berbagai produk di tempat oleh-oleh atau toko ternama yang sedang kamu kunjungi.

Setelah itu, kamu bisa upload ke media sosial dan biarkan calon pembeli memilih produk yang ingin mereka beli dari kota atau negara yang kamu singgahi. Kalau kamu cukup cerdik dan jeli, kamu bisa mematok fee sebesar 10-25 ribu per produknya.

6. Buka Lapak di Pasar Kaget

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya, biasanya di akhir pekan ada ‘pasar kaget’ dimana pasar tersebut hanya buka pada hari sabtu atau minggu saja.

Acara ini biasanya diadakan setiap seminggu sekali, jadi pada akhir pekan tersebut akan banyak orang yang berbondong-bondong datang ke sana.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk bisnis akhir pekan dengan ikut serta berjualan dengan pedagang lain. Kalau lagi ramai-ramainya, jualan botol minuman juga bisa laku keras! Apalagi kalau pasar kaget itu dekat alun-alun atau tempat untuk berolahraga.

7. Bisnis Event Organizer

Di akhir pekan biasanya banyak orang-orang yang menyelenggarakan acara-acara besar. Misalnya ulang tahun, wedding, pesta dan berbagai event lainnya.

Dari sini, kamu bisa mengambil kesempatan untuk mulai mencoba bisnis event organizer. Untuk di awal-awal memang tidak mudah, namun lama-lama pasti banyak orang yang percaya sama kamu.

Untuk melakukannya, kamu juga bisa berpatner dengan orang lain, kalau bisa yang lebih berpengalaman dibanding dirimu.

Nah, itulah beberapa bisnis yang cocok dijalankan di akhir pekan. Kalau kamu jeli melihat peluang dan ingin mendapatkan penghasilan dari situ, kamu bisa mencoba beberapa bisnis di atas.

Bisnis memang tidak mudah, namun kalau dicoba dan diseriusi lebih matang lagi maka hasilnya bisa lebih mantap lagi.

Baca juga :

Selamat praktik dan selamat mencoba! Good luck!



Loading...

Baca selengkapnya

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *