Bisnis Online

11 Ide Bisnis Online Yang Bisa Anda Coba di Rumah

Ide bisnis online perlu kita ketahui di jaman seperti sekarang ini jika ingin mencari uang melalui internet. Untuk menjadi seorang pengusaha tidak harus membuka sebuah toko ataupun warung makan. Saat ini banyak peluang di internet yang bisa Anda coba dengan sedikit modal bahkan tanpa modal sekalipun.

Dengan mengandalkan kemampuan yang dimiliki, Anda pasti bisa memulai bisnis melalui internet dan menjalankan ide bisnis online. Hal ini bisa Anda lakukan secara full time ataupun hanya paruh waktu, berikut adalah daftarnya:

Menjadi Konsultan SEO

Jika Anda memiliki kemampuan mengenai search engine bisa mencoba yang satu ini. Kebanyakan perusahaan skala kecil belum mengetahui keuntungan dari sebuah search engine optimation (SEO) bagi perusahaannya.

Dengan adanya hal ini berarti sebuah peluang ide bisnis online terbuka lebar. Mulai dengan menawarkan mereka supaya web perusahaannya bisa bersaing di hasil pencarian.

Untuk meyakinkannya Anda bisa menunjukkan kepada pemilik usaha bagaimana cara membaca dan menggunakan sebuah analisis data dengan cara yang benar. Selain itu penggunaan kata kunci apa yang tepat supaya menghasilkan banyak visitor.

Pelatihan Bisnis

Buat Anda yang sudah malang melintang di dunia usaha atau memiliki pengetahuan yang cukup, tidak ada salahnya mencoba yang satu ini. Dengan begitu Anda bisa membantu calon pengusaha menemukan bidang yang tepat untuk sukses.

Anda bisa menggunakan keahlian yang dimiliki untuk membantu pengusaha baru terjun pertama kali di bisnisnya. Selain itu juga Anda bisa memberikan pengetahuan dalam hal meningkatkan keuntungan untuk para pengusaha baru.

Supaya orang lain mengetahui kemampuan Anda, bisa membuat blog yang membahas tentang bisnis. Selain itu jangan lupa untuk membuat profile pribadi seperti di LinkedIn. Untuk melakukan pelatihan bisnis Anda bisa melalui fasilitas private grup di blog yang dikelola.

Loading...

Membuka Toko Online Khusus

Untuk membuat sebuah toko online saat ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Sudah banyak tutorial bagaimana cara membuat sebuah toko online. Toko online khusus yang saya maksud disini adalah yang hanya menjual produk sejenis.

Misalnya produk keperluan khusus kucing, atau produk khusus ikan. Anda tidak perlu khawatir mengenai produk, karena banyak perusahaan yang akan menawarkan produk mereka untuk di pasang di toko Anda dan di kirim atas nama Anda sendiri. Hal ini berarti Anda tidak perlu repot lagi mengurus pengiriman atau stok produk.

Yang perlu diperhatikan disini ada pemilihan yang tepat produk yang akan dijual. Pilihlah produk yang sudah terkenal dan memiliki pelanggan loyal. Sehingga kita tidak perlu melakukan riset pasar, karena sebuah produk yang terkenal pastinya sudah dilakukan riset sebelum ketika akan dijual dipasaran.

Konsultan Sosial Media

Buat Anda yang memilik kemampuan dalam hal sosial media, cara yang satu ini bisa di coba untuk ide bisnis online. Jika sebuah perusahaan besar mungkin mereka mampu membayar pegawai full time menjadi admin sosial medianya. Tapi lain cerita dengan perusahaan yang baru dirintis. Biasanya mereka melakukan pemasaran melalui media sosial seorang diri.

Biasanya mereka akan lebih sibuk melayani konsumen daripada mengurus akun sosial medianya. Disini Anda bisa menjadi pemberi saran dalam membantu menentukan strategi terbaik, waktu yang tepat posting di sosmed sesuai target produk mereka.

Web Desainer

Desainer disini adalah desain website, bukan desain pakaian ya. Banyak dijumpai website sebuah perusahaan memiliki tampilan yang tidak bagus. Hal ini dapat mengurangi kredibilitas sebuah perusahaan di mata pelanggan.

Jika Anda memiliki kemampuan mengotak atik script seperti HTML dan insting yang baik dalam mempercantik web, disini lah Anda bisa beraksi dengan ide bisnis online. Gunakan keterampilan untuk merubah tampilan web klien menjadi lebih menarik dan user friendly.

Buatlah sebuah website yang menampilkan portofolio yang menarik kemudian pasang iklan seperti di Facebook Ads atau Google Adwords, supaya bisa dikenal oleh banyak orang dan tertarik menggunakan jasa Anda.

Profesional Freelancer

Bekerja di sebuah perusahaan dengan rutinitas bangun pagi, bagi sebagian orang adalah hal yang membosankan. Jika Anda salah satunya, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan yang satu ini. Menjadi freelancer Anda dapat memilih sebuah project yang di iklankan oleh perusahaan, meskipun saingannya cukup banyak juga.

Anda bisa mengerjakan sebuah project ide bisnis online dengan harga yang cukup menarik. Saat ini sudah banyak situs-situs yang bisa Anda gunakan untuk mencoba sebagai seorang freelancer.

Berdasarkan situs Freelancer, project yang paling populer adalah dibidang teknologi, pembuatan konten, dan web desain.

Baca : 12 Jenis Pekerjaan Freelance yang Wajib anda ketahui untuk seorang Pekerja lepas

Affiliate marketing Bisa Menjadi Ide Bisnis Online yang Menarik

Jika Anda adalah seorang yang suka sekali mengulas sebuah produk, affiliate marketing adalah bisnis yang cocok. Untuk sistem kerjanya, Anda memerlukan sebuah website yang berisi ulasan produk kemudian pada postingan disematkan url afiliasi Anda. Biasanya untuk fee yang di dapat cukup menarik, tergantung dari harga produk tersebut.

Menarinya lagi, jika website Anda yang berfokus pada ulasan produk dengan banyak pengikut, biasanya perusahaan akan menawarkan sample produk mereka untuk Anda dan dibuat reviewnya. Bagaimana, apakah tertarik menjadi affiliate marketing?

Menulis eBook

Apabila Anda memiliki sebuah solusi untuk suatu masalah yang sering dihadapi orang, tidak ada salahnya dijadikan eBook. Diantaranya adalah solusi menurunkan berat badan, teknik memasak, atau tips lainnya.

Untuk memasarkannya saat ini dapat dengan mudah dilakukan, karena ada banyak situs yang menjadi wadah. Selain melalui situs, Anda juga bisa memasang iklan berabayar. Buatlah eBook yang ketika orang selesai membacanya akan langsung mendapatkan manfaatnya.

Pembuatan Aplikasi Mobile

Di luar sana banyak sekali perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa pembuatan aplikasi mobile. Seperti untuk menunjang bisnis suatu perusahaan atau bahkan untuk project skripsi.

Selain itu Anda dapat memonetize dengan menguploadnya di layananan milik Google yaitu Play Store. Anda bisa menjadikannya aplikasi berbayar ataupun gratis dengan memasang sebuah iklan di dalamnya.

Apabila kebetulan Anda hanya memiliki sebuah konsep, dan tidak menguasai coding. Tidak ada salahnya mencari partner untuk di ajak kerjasama mengembangkan ide bisnis online.

Menjual Kerajinan Tangan

Membuat sebuah karya tangan sendiri bisa juga dijadikan sebagai sumber penghasilan. Jika Anda pandai dalam urusan merajut, baik itu membuat selimut ataupun sarung tangan kenapa tidak mencoba yang satu ini.

Anda bisa memulai dengan memposting di blog dan atau membagikannya di sosial media. Jika kerajinan yang dibuat memiliki kualitas yang bagus, pasti akan banyak yang membelinya. Tidak menutup kemungkinan dalam jumlah yang banyak.

Jika Anda kewalahan memenuhi pesanan, bisa mengajak beberapa tetangga yang ingin bekerja. Secara tidak langsung Anda membuka lapangan pekerjaan untuk orang sekitar dengan ide bisnis online ini.

Menjadi Teknikal Support Jarak Jauh / Remote

Pekerjaan remote atau jarak jauh saat ini banyak perusahaan yang baru merintis memerlukannya, tapi tidak cukup biaya untuk membayar gajinya. Anda bisa menawarkan jasa Anda jika memiliki keahlian dibidang komputer dan jaringan untuk menyelesikan masalah terkait jaringan.

Dari ke 11 contoh ide bisnis online di atas, baiknya dicoba salah satu sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Karena jika semuanya dijalankan secara bersamaan hasilnya belum tentu sesuai harapan.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Penulis pemula yang ingin mencoba berbagi sedikit manfaat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *