Property

Ide Desain Interior Sekolah SD Yang Akan Membuat Siswa Nyaman Belajar

Sekolah dasar merupakan langkah awal bagi anak untuk belajar setelah sebelumnya mereka belajar di Taman Kanak – Kanak. Ide desain interior bangunan sekolah dasar haruslah dibuat senyaman mungkin agar anak – anak bisa mengikuti aktifitas belajar dengan nyaman dan menyenangkan.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi seseorang siswa malas atau kurang bersemangat untuk belajar. Salah satunya adalah karena cara mengajar guru yang tidak membuat siswa nyaman, misalnya guru yang memiliki karakter terlalu galak sehingga membuat siswa menjadi ketakutan dan tidak menyukai apa yang guru tersebut ajarkan.

Yang kedua adalah lingkungan pertemanan siswa yang bisa mendatangkan ketidaknyamanan, misalnya saling membully. Siswa yang kerap kali dibully bisa membuat mentalnya terpuruk dan ia pun menjadi malas untuk pergi ke sekolah dan belajar.

ide desain interior
source: https://i.pinimg.com/

Faktor ketiga adalah suasana kelas yang tidak nyaman dan tidak menyenangkan juga bisa menjadi salah satu penyebab siswa kurang antusias untuk belajar. Walau bagaimanapun, semangat belajar itu bukan hanya berasal dari diri siswa itu sendiri, melainkan juga dari lingkungannya.

Mengapa Harus Ide Desain Interior Kelas Diperbaharui?

Kebanyakan ruang kelas memiliki desain bangunan yang cenderung formal tanpa sentuhan yang lain. kalaupun ada tambahan warna, biasanya itu hanya berasal dari aneka poster atau lukisan yang dipajang di dinding hingga warna cat dinding ruangan.

Akan tetapi, jujur saja bahwa tidak semua sekolah Dasar memiliki ruang kelas yang berwarna – warni. Umumnya, warna kelas mereka adalah sama dan biasanya hanya menggunakan warna – warna netral seperti putih atau krem.

ide desain interior
source: https://i.pinimg.com/

Mengapa desain ruangan kelas harus diperbaharui? Jawabannya tentu saja untuk menciptakan kesan yang nyaman dan menyenangkan. Kita ketahui bersama jika anak SD memiliki usia sekitar 7 hingga 12 tahun. Usia ini jiwa anak – anak mereka masih sangat kental.

Mereka suka dengan warna yang mencolok, gambar yang menarik, dan segala hal yang menurut mereka lucu dan bagus. Jadi, tidaklah mengapa jika ruangan kelas pun disulap menjadi ruangan yang super menarik.

Wajib Baca: Membuat Ruang Tamu Ala Farmhouse, Gaya Baru Untuk Kehangatan Keluarga

Step by step menciptakan ide desain interior ruang kelas

Untuk menciptakan ruangan kelas yang menyenangkan, kita bisa mencoba mengaplikasikan bebagai macam warna pada dinding kelas tersebut. Akan lebih baik jika pewarnaan dinding bukan hanya dilakukan didalam ruang kelas saja, tetapi juga bisa dilakukan di luar ruangan kelas hingga ke koridor kelas. Hindari pelilihan warna yang gelap, karena warna gelap justru akan menurunkan semangat dan motivasi siswa untuk belajar.

Oleh karena itu, pilihlah warna – warna yang terang dan dapat memotivasi semangat belajar siswa. Pewarnaan kelas juga bisa dilakukan dengan warna – warna yang berbeda dari satu kelas ke kelas lainnya.

ide desain interior
Source : https://i.pinimg.com/

Tujuan dari pewarnaan kelas yang berbeda – beda dari satu kelas ke kelas lainnya adalah agar siswa merasakan atmosfir yang berbeda – beda saat setiap tahunnya mereka naik kelas, maka setiap tahun juga mereka akan merasakan refreshing tersendiri dengan suasana kelas yang selalu baru dan tidak monoton.

Contoh warna yang bisa diaplikasikan misalnya, kelas satu memiliki dominan warna kuning, kelas dua warna biru, kelas tiga warna hijau, dan seterusnya. Selain dari pemilihan warna warni pada cat dinding, jangan lupa juga untuk menambahkan wall art, atau seni – seni lainnya pada dinding kelas, seperti membuat mural di salah satu bagian dinding atau poster menarik lainnya.

Ikuti perkembangan zaman dengan ide desain interior sekolah modern

Sebuah bangunan sekolah yang sudah berdiri sejak puluhan tahun silam biasanya akan mempertahankan bentuk bangunan yang sama. Kalaupun ada perbaikan, biasanya hanya sebatas mengecat ulang dan memperbaiki bagian bangunan yang sudah rusak tanpa membuat desain baru.

Sejujurnya, mempertahankan bangunan lama untuk menunjukkan jika sekolah tersebut sudah ada sejak puluhan tahun lalu adalah hal yang baik untuk menunjukkan reputasi sekolah. Akan tetapi, kini zaman makin berkembang dan pola pikir anak juga semakin aktif dan reaktif.

Mereka akan merespon apa saja yang dirasakannya. Maka dari itu, mulailah sebuah kemajuan sederhana dengan ide desain interior sekolah yang akan memacu semangat anak untuk belajar.


Loading...
Baca selengkapnya

Hallo... Menulis memang sudah menjadi hobi saya. Saya mencoba berbagi apa saja yang saya tahu melalui rangkaian huruf sehingga menjadi sebuah kata dan kalimat sederhana yang bermakna. Semoga tulisan ini bermanfaat yaa..

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close