Blogging

5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Alami Kebuntuan Ide Menulis di Blog

Ide Menulis di Blog- Dalam membuat sebuah tulisan, hal pertama yang dibutuhkan adalah ide untuk membuat tulisan tersebut. Pembahasan apa yang ingin dibahas dalam tulisan itu berasal dari ide. Dari ide itulah muncul serangkaian kata per kata yang dapat disusun menjadi sebuah tulisan yang terdiri dari beberapa paragraf. Tanpa ide, tentu tulisan tidak akan pernah terlahir.

Nah untuk Anda para blogger, tentu pernah merasakan yang namanya kebuntuan ide menulis di blog Anda. Dimana pada saat itu, Anda benar-benar merasa sulit sekali menemukan ide untuk dijadikan tulisan untuk postingan di blog pribadi milik Anda.

Alhasil, tak ada pula tulisan yang dihasilkan. Padahal, sebagai seorang blogger, tentu kita ingin agar senantiasa produktif menghasilkan sebuah tulisan yang selalu fresh dan baru setiap harinya agar blog kita semakin hidup dan selalu eksis. Namun, apa yang harus dilakukan ketika kita mengalami kebuntuan ide menulis di blog? Jawabannya ada di pembahasan berikut ini.

Tips Bagaimana Mengatasi Kebuntuan Ide Menulis di Blog

  1. Blogwalking untuk Membantu Memperoleh Ide Menulis di Blog

Blogwalking atau mengunjungi blog orang lain, merupakan salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ide menulis di blog. Kunjungilah setidaknya lebih dari 3 blog yang berbeda, namun memiliki niche atau topik yang sama dengan blog yang Anda miliki.

Baca beberapa postingan mereka, ketika sudah mendapatkan ide, langsung aplikasikan ide Anda tersebut. Perlu diingat bahwa Anda hanya mencari ide bukan untuk meng-copy paste isi postingan orang lain, karena itu sama saja tindakan plagiarisme yang dapat mematikan kreatifitas Anda.

  1. Manfaatkan Media Dengan Tema yang Sama Dengan Blog Anda

Agar memperoleh ide menulis di blog yang fresh dan selalu baru, kita juga perlu untuk mengetahui perkembangan terkini atau terbaru. Bacalah berbagai media yang setopik dengan blog Anda.

Anda bisa memanfaatkan berbagai media seperti majalah, koran, ataupun tabloid, radio, hingga media online seperti website yang menyajikan berita-berita terbaru. Buku-buku yang berhubungan dengan tema yang Anda sajikan di blog Anda juga bisa Anda baca untuk mendalami pengetahuan Anda di bidang tersebut.

  1. Cari Tahu Apa yang Sedang Trend Saat Ini

ide menulis di blog

Loading...

Saat ide menulis blog tak kunjung datang, cobalah untuk mencari topik yang sedang hangat dan banyak diperbincangkan oleh publik. Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui topik yang sedang populer atau hangat dibahas oleh publik, yaitu dengan melihatnya di Trending Topic yang ada di sosial media Twitter. Amatilah apa yang sedang trend, lalu pilih topik yang menarik dan cocok untuk dibahas di blog Anda.

Selain mengamati Trending Topic yang ada di Twitter Anda bisa juga menyimak Google News, Anda juga bisa mencari tahu Trending Topic dan keywords atau kaca kunci yang sedang trend atau banyak dicari oleh pengguna internet menggunakan tools seperti Google Trends atau Google Keyword Planner.

Baca Juga: Produk Google untuk Blogger yang Wajib Diketahui

  1. Manfaatkan Sosial Media Pinterest untuk Menemukan Ide Menulis di Blog

Pinterest merupakan jejaring sosial yang diperuntukan untuk berbagi beragam bacaan atau ide-ide yang menarik. Oleh karena itu, Pinterest ini juga bisa Anda andalkan untuk mencari banyak bacaan menarik yang bisa Anda jadikan pilihan untuk memperoleh ide membuat tulisan di blog.

Selain itu, di Pinterest juga terdapat fitur search yang dapat memudahkan kita mencari postingan yang diinginkan.

  1. Keluar Rumah Juga Bisa Dijadikan Pilihan Tepat untuk Menemukan Ide Menulis di Blog

ide menulis di blog

Ketika ide menulis di blog benar-benar macet dan tidak ditemukan juga, berhentilah sejenak dan cobalah untuk melakukan aktifitas di luar rumah. Anda bisa berkumpul dengan teman, tetangga, atau jalan-jalan sejenak untuk menyegarkan pikiran dan melihat suasana yang baru.

Bisa saja saat berada di luar, Anda akan melihat kejadian unik yang bisa dijadikan ide untuk tulisan di blog. Jikapun tidak menemukan kejadian tersebut, mungkin saja Anda bisa memperoleh ide cemerlang untuk dijadikan postingan di blog Anda.



Loading...

Baca selengkapnya

diahz

Suka menulis dan belajar banyak hal baru :)

Artikel terkait

3 Comments

  1. Ngintip blog tetangga yang udah sukses bisa juga menambah semangat dalam menulis lagi mbak, liat earning para senior jg bisa bikin ide dikepala jdi kluar smua.wkwk.

  2. kalau saya terkadang membuka-buka folder dikomputer untuk menemukan file-file catatan yang sudah lama tidak dibuka, barangkali ada yang bisa diproses menjadi artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *