in

10 Cara Memunculkan Ide Ngeblog Dalam Waktu Singkat

ide ngeblog

Memiliki sebuah ide hebat dan tak terbatas adalah dambaan bagi semua orang, namun itu kadang tak terwujud karena memang manusia di kodratkan dalam hal keterbatasan, baik keterbatasan pemikiran, waktu, kemampuan, ekonomi dan berbagai keterbatasan lainnya, termasuk mendapatkan ide ngeblog.

Bagi seorang blogger yang ingin cepat sukses, ide adalah hal yang sangat penting, tanpa ide mereka tidak jadi blogger hebat, karena ide-ide hebat seorang blogger itu akan tertuang dalam sebuah maha karya luar biasa didalam tulisan yang abadi.

Namun entah karena apa, kadang serasa pikiran kita sendiri memiliki kebuntuan dalam berimajinasi, berfikir positif dan menemukan ide yang bagus untuk ngeblog. Jadi kalau kita biarkan hal itu selalu melekat dalam diri kita, maka akan menjadi parasit pikiran yang selalu mengganggu dan memblokir pikiran Anda untuk menciptakan ide-ide yang hebat.

Nah pada kesempatan ini, saya ingin memberikan sedikit tips untuk sobat semuanya mengenai cara memunculkan ide ngeblog, jadi bagi kalian yang sudah masuk dalam kondisi kebuntuan ide, maka kamu akan mendapatkan jalan untuk mencapai ide itu kembali.

Untuk mengetahui berbagai macam cara memunculkan ide ngeblog, silakan simak terus pembahasannya untuk setiap poin poin dibawah ini ya…

Cara Mendapatkankan ide ngeblog

Cara yang akan saya berikan dibawah ini merupakan cara yang sederhana dan mudah untuk dilakukan, jadi kalian semua tidak akan keberatan untuk melakukan sesuatu hal sesuai dengan yang Anda baca dibawah ini. Kalian bisa memulai melakukan beberapa poin ini dari saat ini juga.

1. Hilangkan masalah mu Saat ini

Cara memunculkan ide ngeblog yang pertama adalah dengan memulainya dari diri kita sendiri. Yaitu dengan cara menghilangkan semua masalah yang ada dalam diri kita. Karena apabila semua masalah yang kita miliki ini lenyap, maka kita akan memiliki pikiran yang tenang. Dan pikiran saat tenang adalah sumber dari ide ide terbaik kita muncul.

Memang hidup ini tak akan pernah terlepas dari yang namanya masalah. Betul gak?. Saat masalah ini datang dari luar, masalah itu datang dari dalam. Yap.. begitulah namanya hidup, kita harus bisa menyelesaikan masalah sebaik mungkin agar tidak terjadi hal buruk di kemudian Waktu.

ide ngeblog

Karena masalah ini sama seperti ujian, mau tidak mau kita harus melakukannya agar dapat naik ke posisi yang lebih tinggi lagi daripada sebelumnya. Apabila kita lolos dari masalah itu, maka kita akan naik level didalam hidup kita, namun jika tidak lolos, maka taraf hidup kita masih dalam posisi yang sama dengan sebelumnya.

Jadi masalah itu untuk kita lalui, bukan untuk dihindari. Apabila kita menghindarinya, maka masalah lain yang mungkin lebih besar akan muncul dihadapan kita secara bertubi tubi. Sama seperti kita mencoba untuk balik arah saat ada hadangan polisi di depan, kita akan melalui jalur yang lebih panjang dengan memutar lewat jalur pintas.

Bisa jadi saat itu kita memiliki lebih banyak masalah dari yang kita tidak pernah membayangkan sebelumnya. Jadi langkah awal untuk menghadapi masalah hidup adalah dengan mempersiapkan diri kita terlebih dahulu, maka semua masalah akan mudah kita singkirkan.

Apabila kita telah melewati masalah yang dihadapi, maka pikiran kita akan lebih fresh, senang, dan tenang. Hatinya pun ikut merasakan penuh akan kedamaian dan ketentraman yang luar biasa. Nah dari sinilah berbagai ide-ide yang luar biasa yang dimiliki oleh kalian semua bisa cepat muncul. Sehingga hal ini tidak membuat kalian merasakan kesulitan lagi dalam menemukan ide, karena hal hal pengganggu yang menjadi parasit pikiran sudah hilang dan menjadi jernih kembali.

Apakah saat ini Anda sudah merasa berdamai dengan masalah Anda sendiri?. Jika belum secepatnyalah untuk bisa mendapatkan kedamaian dengan sedikit sedikit memahami setiap permasalahan hidup mu lalu lenyapkan masalah itu secepatnya. Ini bisa membantu Anda menuju kedamaian.

2. Blogwalking

Siapa sih blogger yang tak tahu apa itu blogwalking?. Blogwalking ini merupakan istilah yang dibuat oleh para blogger sendiri untuk melakukan walk yaitu jalan. Jadi blog walkking adalah jalan jalan ke blog milik orang lain, bisa yang se tema dengan blog kita maupun yang berbeda tema dengan blog kita. Bukan hanya sekedar untuk berjalan jalan sebenarnya, namun di sana juga meninggalkan jejak, agar dia juga bisa mengunjungi kembali ke dalam blog milik kita..

ide ngeblog

Manfaat blogwalking tergantung dari tujuan orang yang melakukannya itu sendiri. Diantaranya adalah untuk menunjukan kepada dunia perbloggingan bahwa diri Anda ada dan termasuk bagian didalamnya. Selain itu juga bisa digunakan sebagai sarana mendapatkan teman blogger, mendapatkan ide dan inspirasi artikel yang baru, mendapatkan backlink, menaikan trafik blog kita dan masih banyak lagi manfaatnya yang dapat kita raih.

Namun dalam blogwalking jangan sampai kita berbuat spam, meninggalkan link blog kita yang kurang relevan, atau juga kita berkomentar seadanya, maksudnya sangat asal asalan, gak peduli terhadap artikel yang ada. Misalnya nice info. Good job. Thanks informasinya. Keren artikelnya. Salam kenal. Kunjungan baliknya gan. Dan masih banyak lagi yang sering saya temui. Tujuan utama mereka adalah cuma cari backlink aja.

Sebenarnya dari blogwalking inilah kita bisa mendapatkan banyak ide ide yang bagus sehingga bisa kita memunculkannya ke dalam suatu bentuk rangkaian kata kata yang penuh makna yang tersusun menjadi suatu tulisan orisinil sehingga tercipta artikel sebagai buah karya yang hebat. Kalau mau mendapatkan ide dari blogwalking, maka kalian harus mencari blog yang relevan alias sejenis dengan tema blog Anda. Ini akan membantu Anda memancing pikiran Anda untuk menemukan lebih banyak lagi ide ide.

Cara menemukan ide ngeblog yang satu ini patut untuk Anda coba, karena bisa memiliki manfaat yang banyak Selain dari manfaat yang tadi itu.

3. Baca buku yang rutin dan bertahap

Cara memunculkan ide ngeblog dalam waktu singkat yang ketiga adalah dengan cara banyak banyak membaca buku lalu lakukan hal itu tahap demi tahap dari satu waktu ke waktu yang lain. Bisa kalian membaca buku apa saja, tidak hanya buku yang relevan dengan tema blog Anda saja, melainkan buku apapun bisa kalian baca, karena inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk dari buku itu sendiri. B

isa kalian baca buku ilmu pengetahuan, pendidikan, sejarah, novel, cerpen, tutorial atau berbagai macam buku yang lainnya.

Baca : 10 Cara Membangkitkan Semangat Ngeblog Paling Ampuh

Dengan rutin membaca buku, memang menurut sebuah penelitian akan membuat otak semakin berkembang dan neruon antar sel bisa lebih banyak terhubung. Hal inilah yang bisa memicu Anda untuk bisa lebih konsentrasi, fokus dan cepat dalam menemukan sebuah ide.

Dari hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa orabg yang suka akan membaca nuku, maka akan lebih kreatif dan lebih terhindar dari kepikunan di usia muda. Hal ini karena daya imajinasi terlatih saat sedang membaca buku atau kitab, sehingga otak akan berkembang lebih cepat dan lebih baik..

Jika kalian ngaku sebagai seorang blogger, maka jangan sampai Anda nggak suka baca buku loh ya… banyak sekali cerita, ide, imajinasi dan khayalan, kreativitas, dan manipulasi perasaan yang bisa kita dapatkan darinya. Maka dari itu, kita jangan sampai tidak meluangkan sehari pun untuk tidak membaca buku walaupun hanya satu halaman saja.

Bagi seorang blogger, kamu bisa mendapatkan ide dan tahu lebih lanjut mengenai gaya bahasa masing-masing penulis buku. Dan dari buku yang kamu baca itu, jadikan referensi lalu jadikan sebuah artikel yang sesuai dengan blog Anda. Tapi kalian tulis dengan gaya bahasa sendiri, sehingga lebih fleksibel dan tidak terkesan hasil dari nyontek di buku itu sendiri. Kamu bisa melakukan hal ini dengan mencoba meluangkan waktu saat longgar seperti sehabis subuh, malam hari sebelum tidur atau saat istirahat kerja. Ini bisa meningkatkan produktivitas kalian juga loh… makanya rajin rajinlah baca buku ya…

4. Dengarkan musik

Percaya gak percaya, musik adalah sesuatu yang dapat membangkitkan gairah emosional kita, dan mampu membuat perasaan kita berbeda beda dengan kehadiran musik yang kita dengarkan. Misalnya bisa membuat kita jadi semangat, makin sedih, makin galau, makin happy dan berbagai kondisi emosional kita lainnya.

Dengan adanya musik ini, diharapkan bagi kamu yang lagi sedih bisa mendengarkan lagu yang menginspirasi sehingga bisa membuat kamu lebih bersemangat menjalani hidup. Saat kamu galau, dengarkan musik yang menenangkan seperti suara alam sehingga kamu bisa lebih bersahabat dengan alam, lingkungan sekitar, orang lain, dan juga dapat berdamai dengan diri kamu sendiri. Jadi pilihlah jenis musik yang sesuai dengan kondisi perasaan Anda saat ini, jadi kalau lagi marah putarnya musik rock, keras sekali lagi pasti kamu akan tambah merasa sangat marah, atau lagi galau dengarkan lagu melow ya pasti tambah sedih.

Dengan ini juga dapat membantu kalian mendapatkan pikiran yang tenang, nyaman, damai dan penuh akan rasa senang serta kebahagiaan yang menyelimuti hari hari Anda selalu. Dan dari pikiran yang selalu damai ini, apalagi semua mental blok dalam diri Anda sudah hilang, maka kamu bisa cepat mendapatkan banyak inspirasi, ide ide yang unik sehingga bisa bermanfaat bagi Anda para blogger.

Blogger juga punya banyak masalah, ya kan?. Saya sendiri , Anda, dan kita semua pasti pernah merasakan kepenatan akibat kegagalan ngeblog. Misal earning gak naik naik, malas buat nulis, ditolak terus sama Google Adsense dan sebagainya. Cobalah saat Anda merasakan himpitan perasaan dan mental yang lesu, untuk mendengarkan musik yang bisa memberikan semangat dalam diri Anda. Kalo saya seringnya saat sedih dan penat ngeblig, maka akan memutar lagu The best day of my life by American Author dan lagu Free by Lenka.

Apabila pikiran kita sudah lebih enakan dan lebih merasa nyaman, maka akan mudah untuk menemukan inspirasi inspirasi yang bisa kita jadikan ide unik untuk membuat sebuah artikel sesuai dengan alur pikiran kita. Jadi cobalah untuk selalu memutar musik dan bersantai sejenak saat berada dalam kepenatan ya. Karena ini adalah salah satu cara memunculkan ide ngeblog bagi kalian semua yang ngakunya blogger.

5. Meditasi dan tenangkan pikiran

Meditasi adalah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk menemukan pencerahan, kedamaian dan fokus yang lebih baik lagi daripada sebelumnya. Bentuk meditasi banyak, ada yang secara agama dengan berdzikir, ada yang cuma duduk diam sambil fokus pada titik terang yang ada di tengah antara kedua mata, atau ada juga yang menggunakan berbagai gerakan gerakan senam seperti YOGA.

Sebenarnya tujuan meditasi bagi tiap-tiap orang itu berbeda beda. Maka dari itu, hasil yang didapat juga berbeda beda dari satu orang terhadap orang lain. Namun kebanyakan orang orang di dunia ini melakukan meditasi adalah untuk membuat ketenangan dalam jiwa Mereka, serta menghalau segala pikiran pikiran yang negatif dari otak mereka. Jika mereka berhasil, mereka akan menemukan ketenangan yang sangat dalam dan kedamaian yang luar biasa.

Namun meditas ini tidak hanya dilakukan sekali dua kali saja dan selesai. Melainkan butuh rutinitas sehari-hari untuk kalian lakukan. Misalnya pagi hari sebelum berangkat kerja, atau malam hari sebelum tidur. Anda bisa meditasi minimal 20 menit per sesinya. Kalian bisa baca buku “The Power of Meditation” atau kalian juga dapat menggunakan berbagai referensi untuk belajar meditasi seperti dari Internet.

Intinya kalian harus bisa menyendiri dan merenungi segala sesuatu yang kalian lakukan seperti dosa dosa kalian. Lalu cobalah untuk bersyukur atas segala harta benda, kesehatan, kenikmatan hidup dan menyikapi segala sesuatu dengan bijaksana. Ini bisa membuat kamy merasa lebih bahagia lagi.

Mungkin dalam meditasi kalian bisa memunculkan ide ngeblog Anda secara tiba-tiba. Ya mungkin itu terlintas begitu saja dalam Benak dan pikiran Anda. Karena kondisi otak dalam kondisi alpha bisa memicu banyak sekali ide, seperti yang dilakukan orang orang zaman dulu yang penuh dengan kehebatan dalam menemukan ide ide yang fenomenal.

6. Kunjungi grup dan forum diskusi

Cara memunculkan ide ngeblog yang selanjutnya adalah dengan melakukan pencarian ide ide itu sendiri dengan mengunjungi berbagai forum diskusi yang sesuai dengan tema niche blog kalian. Misal blog kalian tentang gadget Android, kalian bisa bergabung ke grup FB yang pertama Android. Kalau kalian memiliki blog tema pendidikan, coba kamu gabung ke grup pendidikan. Anda akan menemukan lebih banyak informasi Disana yang dapat Anda jadikan sebagai ide yang bagus untuk bahan artikel.

Kalian jangan pernah spam disana, mungkin jika ada orang lain yang bertanya tanya , maka bisa kalian jawab dengan menuliskan artikel pada blog Anda. Lalu kasih tahu pembahasannya yang lengkap ada di blog Anda. Ini bagi yang bukan seorang blogger, pasti akan sangat membantu sekali. Namun bila kalian mungkin melakukan hal yang sama di grup blogger maka kalian akan dianggap spam dan bisa di blacklist permanen. Kan malah repot juga..

Jadi cobalah untuk menuliskan artikel yang sedang ditanyakan oleh penghuni forum atay grup (kecuali grup bisnis online atau blogger ya), saya yakin mereka juga nggak akan menganggap kalian spam kok asalkan melakukannya tidak berlebihan. Selain itu jadilah anggota yang suka membantu dan selalu aktif saat ada yang membutuhkan bantuan dari kalian. Jawablah dengan sebisa diri Anda, lalu kalau itu pertanyaan yang membutuhkan jawaban kompleks dan pertanyaan itu sering diajukan oleh banyak orang, maka itu bisa dijadikan sebuah artikel yang menarik dengan ulasan yang lengkap pula.

Cara memunculkan ide ngeblog yang satu ini bisa dibilang cukup mudah. Dan berbagai ide ide pun bisa kalian dapatkan dengan lebih baik lagi. Karena mereka para anggota sedang mencari informasi tertentu, maka hal ini akan membuat mereka merasa terbantu dengan artikel yang kalian buat . Jadi mereka juga akan senang terhadap Anda. Jadi mulai sekarang bergabunglah dengan grup yang mempunyai jumlah member banyak dan setema dengan niche blog kalian, jadilah member yang baik, lalu buatlah artikel yang dibutuhkan oleh mereka

7. Pergi ke tempat yang nyaman

Ini bisa kalian lakukan dengan pergi berwisata atau mencoba keluar ruangan untuk pergi ke tempat yang paling bisa bikin kalian nyaman, seperti kebun yang kalian tanami sendiri, ke sawah, sungai yang mengalir jernih, ke tempat yang sejuk seperti pegunungan dan perbukitan atau ke pantai yang terletak dekat dengan Anda. Hal ini bisa membuat kalian semua menjadi sedikit berkurang beban pikiran dari kerjaan, keluarga, ekonomi dan lainnya yang sulit hilang dalam jiwa kalian.

Ini bisa membuat perasaan kamu menjadi lebih baik lagi, karena memang tubuh itu perlu refreshing, jangan terlalu dipaksakan terus menerus karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mental kalian. Jadi cobalah untuk mencari tempat yang menyenangkan untuk kalian melakukan refreshing.

Tugas seorang blogger adalah menulis dan menulis, terkadang ini bisa membuat kita merasakan hal yang kurang merasa tenteram dan nyaman dalam hati kita. Maka dari itu, terkadang pikiran kita akan sangat sulit untuk mendapatkan ide yang bagus untuk membuat satu artikel pun. Ya itu karena pikiran kalian tadi yang terlalu banyak beban tanpa kalian mencoba untuk melakukan refreshing secara teratur.

Bila di beberapa bulan belakangan ini kalian semua belum mencoba kiat satu ini, maka mula sekarang cobalah lakukan. Ini akan membuat terapi pikiran yang mampu membuat kita lebih bisa berfikir positif lagi. Sehingga berbagai macam konsentrasi, fokus dan ide ide unik akan datang kepada kita dengan sendirinya. Jangan sampai kalian nggak bisa dapat ide ngeblog karena kurang piknik loh ya ..

Selain itu ada keuntungan yang bisa kita dapatkan dari refreshing kali ini, seperti mendapatkan informasi yang menarik tentang tempat tempat yang belum kita ketahui, apalagi itu tempat tersembunyi, sehingga kalau kita tulis dan jadikan sebuah artikel, maka artikel kita bisa menjadi rujukan oleh banyak orang nantinya. Ini juga tentunya Bagi kalian yang memiliki blog dengan niche wisata atau travel. Kalau gak punya ya biarkan saja atau bisa juga mulai membuatnya mulai saat ini.

8. Rewrite artikel blog lain

Rewrite atau menulis ulang adalah hal yang **paling sering dan paling banyak** dilakukan oleh seorang blogger, seperti melihat artikel dari blog besar lalu Menuliskan kembali di blog sendiri sesuai gaya dan bahasanya si penulis. Dari sini kita bisa menuliskan sesuatu yang sama dengan artikel tersebut. Jadi ya intinya sama saja.

Jadi cara memunculkan ide ngeblog melalui rewrite itu bukan merewrtite sesuai artikel yang ada, tapi cobalah mencari ide yang unik yang hampir sama dengan itu. Misal kamu menemukan judul di suatu blog populer “10 Panduan berbisnis dengan modal kecil”… lalu kamu bisa menggantinya dengan artikel yang berjudul lain dan tema inti artikel nya juga lain seperti “10 Panduan berbisnis ala ibu rumah tangga”, nah poin poinnya bisa kalian rewrite dari artikel contoh diatas.

Ya ini tidak Sulit sih, bahkan banyak blogger sukses dunia yang memberikan tips semacam ini untuk lebih mudah mendapatkan ide yang lebih banyak lagi sebagai stok bahan artikel. Karena seperti yang kita tahu, bahwa blog yang selalu di update secara rutin dan teratur tepat waktu dengan artikel yang fresh, unik dan berbobot maka akan selalu dinanti nantikan oleh para pembacanya setiap waktunya. Ya pengunjung blog tentunya juga memilih artikel yang berkualitas daripada memilih artikel yang asal asalan..

Jadi solusinya bagi kalian seorang blogger yang sedang kesulitan untuk memunculkan ide ngeblog dalam pikiran kalian, maka ini bisa jadi suatu solusi yang ampuh. Karena ide idenya sudah ada di blog orang lain, sehingga kita tinggal menulis ulang saja sesuai dengan gaya bahasa kita masing masing. Tapi jika kalian bisa menemukan ide baru dari blog orang lain seperti yang saya utarakan diatas, maka hal itu akan lebih baik lagi.

9. Selalu bawa catatan kecil di saku Anda

Ini nih yang kadang bikin gue greget, kesel, gundah campur Ama rasa marah. Ya bagaimana tidak, saat kita berada di luar rumah kita menemukan ide keyword artikel yang keren-keren dan sepertinya banyak yang mencarinya di SE Google. Namun saat pulang ke rumah dan ingin menuliskan tentang itu, lupa tadi keyword yang mau ditulis itu apa. Sehingga ini bikin kesal sendiri, apalagi itu keyword berpotensi terjadi banyak klik dan trafik. Dicoba untuk mengingat ingat kembali juga sudah tidak bisa. Seperti file dalam komputer yang sudah dimasukan kedalam recycle bin lalu dihapus, nggak bisa ditemukan lagi walaupun di cari dengan search apapun ataupun di Undo.

Untuk menyiasati hal ini, maka alangkah baiknya agar kalian selalu membawa note kecil atau catatan kecil dengan bolpoin. Letakan di saku atau tas kecil saat dibawa kemana-mana. Atau kalau kamu merasa malu seperti itu, maka gunakan saja berbagai alat catatan yang lebih canggih seperti menggunakan HP juga bisa kan?. Ini fungsinya saat kalian tiba tiba dalam suatu tempat menemukan ide ide hebat untuk membuat artikel, maka tinggal kalian tulis saja keywordnya dalam notepad HP Anda.

Karena kita tau bahwa ide bisa muncul dimana saja dan kapan saja tempatnya bahkan saat kita pup. Namun apabila ide itu melintas tiba tiba dan datang dengan cepat, maka itu juga akan cepat sekali hilang alias menjadi lupa. Dan kalau dikembalikan untuk diingat ingat kembali juga sulit kok. Jadi segera saja tulis inti ide yang baru saja Anda dapat, lalu simpan dan buat artikelnya saat ada waktu senggang di kediaman Anda.

Bila ide ide yang hebat sering sekali muncul dalam benak pikiran Anda, maka pikiran dan alam bawah sadar Anda memang telah terhubung dengan semesta alam yang raya ini, sehingga kalian bisa layak untuk dianggap blogger yang penuh akan ide. Jadi segera tulis ide yang kalian dapat. Jangan sampai ditulis terlebih dahulu oleh orang lain yang mungkin mendapatkan ide yang sama persis. Karena ide itu sangat mahal harganya loh… makanya manfaatkan sebaik-baiknya ya!.

10. Jangan nonton TV

Cara memunculkan ide ngeblog yang terakhir adalah dengan cara menghindari dari nonton TV di rumah. Kenapa sih gak boleh nonton TV?. Karena dengan nonton TV ide ide Anda akan sulit muncul karena ada sesuatu hal yang menghalanginya keluar. Menonton TV mampu menumpulkan pikiran, melumpuhkan ide, dan membuat Anda cepat lupa dan kurang konsentrasi, bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa risiko penyakit yang diderita dari menonton TV berlebihan adalah kematian yang lebih awal.

Selain itu Tele Visi juga membius pikiran Anda untuk mengikuti jalur cerita yang disuguhkan nya. Sehingga Anda seolah olah selalu tertarik untuk selalu ingin ikut serta dalam program TV yang sedang diputar, terutama serial drama yang bikin baper alias mempengaruhi perasaan kita. Hal ini bisa membuat waktu kita yang seharusnya bisa digunakan untuk membuat 1-3 artikel, kita hanya habiskan untuk nonton TV semalaman. Kan rugi banget tuh.

Nonton TV juga bisa merusak mood menulis Anda, dari tadinya yang sudah niat banget untuk mau nulis tapi karena ada masalah sama acara di TV jadinya gak mau nulis lagi. Kan sayang banget gan… Selain itu berbagai ide ide menulis Anda bisa drop dan tidak bisa muncul lagi, apalagi dampak nonton TV juga bisa menyebabkan kita gagal fokus. Kan kalau mau nulis jadinya lama banget loadingnya.

Maka dari itu mula sekarang jangan keseringan nonton TV ya… tapi sering seringlah ngeblog aja. Dan buat diri Anda mendapatkan banyak keuntungan dari ngeblog Anda itu sendiri. Jadikan ide ide hebat Anda tertuang dalam artikel yang dibuat.

Itulah pembahasan mengenai 10 cara memunculkan ide ngeblog yang bisa kalian coba lakukan. Tapi bagi kalian yang memiliki banyak ide ide unik untuk membuat artikel, tentunya ini bisa Anda sepelekan, karena ini dikhususkan bagi kalian yang kesulitan dalam mencari ide untuk Bahan ngeblog.

Semoga artikel tentang cara memunculkan ide ngeblog ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terima kasih atas kunjungan Anda untuk membaca artikel ini, jika serasa bermanfaat silakan share.

Author Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Komentar

Tulis Komentar
  1. Terimakasih untuk infonya.
    bahasanya mudah untuk difahami
    semoga bisa bermanfaat bagi semuanya!.

  2. Tipsnya mudah dipahami dan ringan gak berbelit-belit. Saya suka dengan gaya pembawaan Anda menulis. Izinkan saya mengamalkan tips diatas. Terimakasih banyak dan salam kenal..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0