Internet

Ikuti WhatsApp, Instagram Uji Coba Fitur Disappearing Messages

Tahun 2019 lalu, WhatsApp telah menguji coba fitur baru yang mereka namai dengan disappearing messages. Fitur tersebut adalah fitur yang memungkinkan para pengguna untuk menghapus pesan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Menurut laporan WABetaInfo, disappearing messages terletak di setelan grup. Di setelan tersebut, para pengguna sudah bisa mengaktifkannya dengan memilih dua durasi waktu yang sudah disediakan, yaitu 5 detik dan juga 1 jam.

Baca juga: Sah, WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Baru “Hapus Pesan Otomatis”

Instagram Juga Garap Disappearing Messages

Kabar uji coba fitur disappearing messages ternyata tidak hanya dilakukan oleh WhatsApp karena aplikasi lain, yakni Instagram juga ketahuan sedang menggarap fitur tersebut di platformnya. Kabar uji coba tersebut datang dari seorang Jane Manchun Wong.

Terkait fitur baru Instagram ini, pihak perusahaan telah melakukan konfirmasi bahwasanya mereka memang sedang berupaya untuk menghadirkan fitur disappearing messages. Konfirmasi yang dilakukan pihak Instagram itu disampaikan langsung melalui akun Twitter Instagram Comms.

Namun, pihak Instagram menyatakan bahwasanya semua itu masih dalam tahap uji coba. Artinya, fitur disappearing messages

belum dipastikan kapan akan bisa dinikmati oleh para pengguna Instagram yang ada di seluruh dunia.

Terkait fitur disappearing messages ini, pihak Instagram tidak menjelaskan bagaimana cara kerjanya. Namun jika melihat video demo GIF yang diberikan oleh Jane Manchun Wong, pesan akan terhapus ketika para pengguna menutup direct messages Instagram.

Keberadaan fitur yang memungkinkan pesan menghilang bisa saja menjadi tren untuk ke depannya sebagaimana fitur Stories saat ini. Peluncuran terkait fitur pesan yang bisa menghilang ini sendiri nampaknya akan didahului oleh WhatsApp mengingat mereka yang sudah menuju tahap akhir peluncuran karena sudah lama melakukan uji coba.

Baca juga: Dark Mode WhatsApp Sudah, Fitur Hapus Pesan Menyusul?

Di WhatsApp sendiri, nama fitur disappearing messages telah diubah menjad fitur delete messages. Meski melakukan perubahan nama, kurang lebih fitur delete messages tidak jauh berbeda dengan fitur disappearing messages karena fungsinya tetap untuk melakukan penghapusan pesan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close