Review ProdukTekno

iLA X, Smartphone Mirip iPhone X dengan Harga 1 Jutaan Saja, Spesifikasinya?

iLA X, Smartphone Mirip iPhone X dengan harga murah – Menciptakan sebuah produk yang unik selalu dilakukan oleh setiap perusahaan-perusahaan elektronik yang mencoba berinovasi demi mengalahkan para pesaingnya.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya keunikan suatu produk yang dijual akan menjadi pembeda bahkan menjadi suatu daya tarik bagi konsumen untuk membelinya.

Inovasi memang terkadang sangat sulit menemukannya, terkadang sebuah perusahaan harus memikirkannya sangat matang-matang saling menyeimbangkan antara inovasi dengan kulitas agar produk yang dihasilkan bisa bersaing dengan vendor-vendor lain.

Ponsel dengan layar penuh saat ini sedang menjadi trendnya di dunia smartphone membuat  para perusahaan ponsel di dunia terus merilis smartphone yang sama.

Meskipun awalnya ponsel dengan full screen memang dikenal sebagai smartphone flagship akan tetapi masih ada yang harganya bersahabat dengan kantong.

Sepertinya Apple, yang merilis iPhone X dengan full layar yang menggegerkan pecinta gadget tahun lalu. Diharapkan dijual murah, iPhone X malah dijual dengan harga yang selangit bahkan bisa dibelanjakan untuk membeli motor baru.

smartphone mirip iphone x
iPhone X Original via businessinsider.sg

Akhirnya iPhone X pun hanya diminati orang tertentu saja dipasaran, karena harganya selangit. Akan tetapi, Apple mencoba menghadirkan iPhone X versi murah yang masih belum diketahui tanggal rilisnya.

Karena desain iPhone yang dikenal elegan dan mewah membuat banyak vendor-vendor yang mencoba menirunya.

Loading...

Mereka mengacu pada iPhone X yang dijual mahal, sehingga mereka mencoba menghadirkan smartphone mirip iPhone X dengan full layar tapi tetap denga harga murah.

Terbaru ada vendor elektronik asal Taiwan, Asus yang merilis smartphone terbaru Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z. Ponsel ini diluncurkan di perhelatan Mobile World Congress (MWC).

Baca juga : 3 Teknologi Terburuk Di Ajang MWC 2018, Apa Saja ?

Smartphone tersebut ternyata memiliki spesifikasi yang mirip iPhone X, terliat desain dan penempatan kamera yang terlihat menjiplak iPhone X. Akan tetapi harga yang ditawarkan Asus berkisaran Rp. 8 Jutaan pastinya jauh lebih murah dari iPhone X.

Nah, pada ajang MWC 2018 ternyata ada satu lagi vendor elektronik yang merilis ponsel yang mirip iPhone X yang Cuma dijual sekitar Rp. 1 jutaan.

Perusahaan tersebut berasal dari Tiongkok yaitu iLA, meluncurkan perangkat dengan nama iLA X jika terlihat dari jauh memang mirip iPhone X.

Akan Tetapi, smartphone ini malah dianggap gagal menyerupai iPhone X karena jika terlihat dari dekat layar smarphone ini tidak penuh.

iLA X, Smartphone dengan desain Mirip iPhone X

Sidik jari terletak di bawah layar via gadgetevo.com

Dikutip dari inet.detik.com, iLA X memiliki layar 5.5 inci dengan rasio layar 18:9 serta resolusi layar HD yakni 1280 × pixel.

Adapun layar depan ponsel pintar ini mirip iPhone X dan niat iLA hanya untuk mengambil bentuk ‘notch’ atau cekungannya pada layarnya saja.

Ternyata cekungan tersebut bukannya untuk memotong layarnya, cuma sebagai hiasan saja atau supaya tampil mirip iPhone X.

Demi menyurapai iPhone X milik Apple, iLA X malah terlihat aneh karena memiliki kesan gagal meniru. Ternyata layarnya bukan full screen, bagian atas dan bawahnya masih menyisakan bezel.

Bahkan dibagian bawahnya terdapat pula tombol sidik jari. Jika dibandingkan dengan iPhone X memiliki sidik jari pada bagian belakang.

Mengandalkan prosesor buatan MediaTek

Ponsel iLA X ini mengandalkan chipset MediaTek MT6737 dengan CPU Quad-Core 1.3 GHz ARM Cortex-A53.

Untuk menyokong kinerja prosesor tersebut dibenamkanlah RAM sebesar 3 GB, sehingga jika sedang membuka banyak aplikasi dan bermain game berat  ponsel ini tetap masih bisa diandalkan.

Untuk kebutuhan menyimpan file-file yang berguna bagi penggunanya, iLA X memiliki penyimpanan internal seluas 32 GB yang dapat ditambah lagi menggunakan slot microSD hingga 128 GB.

Akan tetapi, kartu memori hanya bisa berbagi dengan memasangkannya ke slot sim 2. Sementara itu, untuk sistem operasinya menggunakan Android versi 7.0 Nougat.

Demi membuatnya harus bisa seperti iPhone, iLA membuat antarmuka custom sama tampilannya seperti iOS. Sehingga membuat iLA X tampil mirip iPhone X baik dari luar maupun bagian dalmanya.

Kamera ganda?

Kamera kedua sebagai pajangan via sefsed.com

Salah satu yang menjadi vital fungsinya adalah bagian kamera, karena dengan kualitas kamera yang baik akan membuat suatu nilai tambah untuk sebuah perangkat mobile.

Nah, apa yang dilakukan oleh iLA demi membuat iLA X benar-benar terlihat mirip iPhone X, mereka membuat kamera ganda yang sama dengan ponsel besutan apple tersebut.

Lalu, apakah sobat pernah tertipu dengan kamera ganda smartphone?

Ya ternyata kamera utama iLA X hanya berjumlah satu buah. Bukannya yang satu lagi untuk kamera wide angle, akan tetapi hanya untuk gaya-gayaan atau pajangan saja.

Kamera utamanya beresolusi 13 MP yang sudah dilengkapi dengan LED Flash mungkin dirasa cukup sebagai penunjang urusan fotografi.

Sementara itu, smartphone ini bukanlah tipe smartphone selfie karena kamera depannya hanya memiliki resolusi 5 MP saja.

Kapasitas baterai

Dengan harga yang ditawarkan sejutaan, smartphone ini hanya memiliki baterai berkapasitas 2500 mAh.

Mungkin dengan baterai berkapasitas segitu pastinya akan sangat mengganggu ketika mengoperasikannya dalam waktu yang lama. Dan juga bagi yang suka ngegame harus sering-sering mengecas ulang.

Spesifikasi lengkap iLA X

Dikutip dari technohealth, adapun spesifikasi lengkap iLA X antara lain:

HargaRp. 1.6 Jutaan
Jaringan4G LTE Cat 4  150/50 Mbps
SimHybrid Dual SIM Dual Standby (Nano+Nano/microSD)
Dimensi153.7 mm x 71.2 mm x 7.95 mm
LED NotifikasiAda
Layar·         Screen size 5.5 inches IPS (1280×640 Pixels)

·         2.5D Curved Glass Screen

Sistem OperasiAndroid OS v7.0 (Nougat)
Chipset·         Chipset MediaTek MT6737

·         Processor : Quad-Core 1.3 GHz ARM Cortex-A53

·         GPU ARM Mali-T720 MP2, 600MHz, 2-Cores

Memori·         RAM 3 GB

·         Memory internal 32 GB

·         Memory eksternal up to 128 GB

 

Kamera·         kamera belakang : 13MP Dual Rear Camera With AF and Single-LED Flash

·         Kamera depan : 5 Megapixel Dual Front Camera

Konektivitas·         WIFI : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, WIFi Direct, Hotspot

·         Bloetooth : Bluetooth v4.0

·         USB :  microUSB v2.0, USB On-The-Go

 

SensorProximity, Accelerometer, Compass, Ambient Light, Gyroscope, Fingerprint
BateraiNon Removable Li-Ion 2500 mAh
Warna Gold, White, Black

Harga smartphone iLA X

Untuk harganya sendiri, iLA X membanderol perangkat anyarnya tersebut dengan harga Rp 1.6 jutaan. Dengan harga segitu serta spesifikasi yang diberikan oleh iLA, para pecinta gadget perlu memperhitungkan smartphone ini untuk dibeli.

Lalu bagaimana anda sobat klik mania, apakah tertarik memboyong smartphone ini? Mungkin ponsel ini sepertinya sudah banyak mencontek, karena beberapa fiturnya hanya panjangan saja.

Akan tetapi, dibadingkan kamu membeli iPhone X yang harganya berkali-kali lipat dari ponsel ini, mungkin smartphone ini bisa untuk dibeli.



Loading...

Baca selengkapnya

Berbagi pengetahuan melalui sebuah tulisan

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *