Internet

Indahnya 5 Danau di Indonesia yang Menawan Hati

Berbicara tentang wisata alam Indonesia, kurang lengkap jika kita tidak membahas danau-danau yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa, begitupula dengan pesona danau-danaunya. Nah, berikut ini adalah lima danau di Indonesia dengan keistimewaan yang menawan hati.

  1. Danau Labuan Cermin, Danau di Indonesia yang Sangat Jernih

danau di indonesia
Danau Labuan Cermin via mdcahya.wordpress.com

Seperti namanya, Danau Labuan Cermin merupakan salah satu danau di Indonesia yang memiliki air yang sangat jernih. Danau ini terletak di Kalimantan timur, tepatnya di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk.

Karena airnya yang sangat jernih tadi, sampai-sampai kita dapat melihat indahnya karang yang ada di dasar danau. Selain itu, danau ini hanya memiliki kedalaman sekitar 3 meter saja, sehingga hanya dengan mata telanjang kita sudah dapat melihat karang yang mempesona.

Air di danau ini juga merupakan campuran air laut sehingga air di danau ini memiliki dua rasa, yaitu asin dan tawar. Tidak hanya itu, warna airnya pun juga ikut berpengaruh sehingga terlihat adanya gradasi warna dari biru tua, biru muda, hingga toska dan putih.

  1. Danau Kelimutu, Flores

danau di indonesia
Danau Kelimutu via myindonesian12.blogspot.co.id

Flores juga memancarkan pesona keindahan alamnya melalui danaunya, salah satunya Danau Kelimutu. Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Kelimutu yang terdiri dari tiga danau yang letaknya di puncak Gunung Kelimutu.

Danau ini juga memiliki keunikan dimana ketiganya memiliki warna yang berbeda-beda dan juga dapat berubah-ubah warnanya. Masyarakat setempat meyakini bahwa warna air yang berbeda tersebut mengandung kekuatan gaib.

Ketiga Danau Kelimutu juga mempunyai namanya sendiri, diantaranya danau yang berada paling barat mempunyai nama Tiwu Ata Mbupu, yang di tengah bernama Tiwu Nuwa Muri koo Fai, dan di bagian timur bernama Tiwu Ata Polo.

  1. Danau Beratan, Danau di Indonesia Dengan Pura Mengapung

danau di indonesia
Danau Beratan via www.elfaviona.com

Danau Beratan terletak di Bedugul, Tabanan, Bali. Tidaklah sulit untuk mencapai danau ini, karena ada beberapa rambu penunjuk arah yang bisa kamu ikuti. Danau Beratan merupakan salah satu danau di Indonesia yang memiliki Pura di tengah-tengahnya.

Pura yang ada di tengah Danau Beratan ini bernama Pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan Dewi Danu yang diyakini sebagai Dewi Pemberi kesuburan. Agar bisa sampai ke Pura Ulun Danu, kamu bisa menyewa perahu terlebih dulu.

Danau Beratan ini juga sering diselimuti kabut karena berada di dataran tinggi, sehingga menambah keindahan dan kesejukan danau ini. Selain itu, sekitar danau juga ditumbuhi oleh pepohonan yang lebat sehingga terasa semakin sejuk dan asri.

Baca Juga: Serasa di Luar Negeri, Uniknya Objek Wisata Little Venice

  1. Danau Towuti, Sulawesi

danau di indonesia
Danau Towuti via goldoriole.blogspot.co.id

Danau Towuti memiliki luas sekitar 56.000 Ha dan terdapat pemandangan indah dengan latar belakang perbukitan hijau. Selain indah, Danau yang saat ini sudah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam ini, juga mempunyai banyak manfaat untuk warga sekitar.

Diantara pemanfaatan Danau Towuti ini yaitu sebagai sumber PLTA, sumber air domestik, hingga ekowisata. Danau ini juga dimanfaatkan sebagai sumber daya ikan, karena memang terdapat kurang lebih 14 jenis ikan air tawar endemik Sulawesi, dimana hasilnya dapat dikonsumsi untuk sehari-hari dan adapula yang dapat dijual sebagai ikan hias.

  1. Danau Matano, Sulawesi Selatan

danau di indonesia
Danau Matano via jalansutera.wordpress.com

Danau Matano merupakan danau yang terletak di Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau ini mempunyai kedalaman sekitar 600 meter dan tercatat sebagai danau terdalam di Asia Tenggara serta terdalam ke-8 di dunia.

Ketika berada di sini kita akan di suguhi dengan alamnya yang indah, keindahan tebing batu disekitar danau, hutan rimbun, dan udara yang segar saat menyusuri danau ini. Airnya pun sangat jernih dan terdapat banyak ikan, udang dan siput.

Uniknya, sebagian besar fauna yang hidup di dalam danau matano merupakan spesies yang langkah dan sulit ditemukan di danau lain di Indonesia. Danau matano juga dimanfaatkan sebagai sumber daya alam.


Loading...
Baca selengkapnya

Suka menulis dan belajar banyak hal baru :)

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close