Internet

Indonesia Bakal Punya Taksi Udara, Sudah Masuk ke Tahap Uji Coba

Dari hari ke hari, teknologi semakin berkembang. Akibat perkembangan teknologi tersebut, masyarakat pun ditawarkan dengan inovasi-inovasi yang menjanjikan, dan salah satu inovasi yang ditawarkan saat ini adalah taksi udara.

Taksi udara yag dimaksud bukanlah pesawat maupun helikopter, namun sebuah drone raksasa yang nantinya bisa mengangkut beberapa penumpang. Dan taksi udara tersebut makin nyata keberadaannya setelah masuk ke dalam tahap uji coba.

Indonesia Bakal Punya Taksi Udara

Dilansir dari Nextren, (9/3/2020), Indonesia bakal memiliki taksi udara atau taksi drone usai startup yang bernama Frogs Indonesia melakukan uji coba taksi drone-nya. Uji coba sendiri dilakukan di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.

Taksi drone buatan Frogs Indonesia adalah buatan anak negeri, dan diklaim menjadi taksi drone pertama yang ada di Indonesia. Taksi drone buatan Frogs Indonesia ini nantinya akan mampu mengangkut dua orang penumpang dengan berat 200 kilogram.

Usut punya usut, ternyata drone yang diujicobakan merupakan drone generasi kedua. Ternyata, Frogs Indonesia sudah memulai risetnya sejak tahun 2017 lalu. “Namanya itu Frogs 282, yang berarti dua penumpang dengan delapan mesin, dan merupakan generasi kedua,” ucap Asro Nasiri selaku Co-Founder Frogs Indonesia.

Belum diketahui kapan taksi drone keluaran Frogs Indonesia akan diluncurkan karena saat ini masih ada kekurangan yang harus terus diperbaiki. Nampaknya masih membutuhkan waktu yang cukup panjang sampai akhirnya drone mereka benar-benar siap untuk dijadikan sebagai alat transportasi baru di Indonesia.

Grab Juga Bakal Punya Taksi Udara

Sebelum uji coba taksi drone dilakukan oleh Frogs Indonesia, Grab juga sudah melakukannya. Perusahaan pesaing Gojek itu telah mengumumkan kepada publik bahwasanya mereka akan meluncurkan taksi udara untuk para penggunanya.

Grab telah bekerja sama dengan Volocopter, sebuah perusahaan asal Jerman yang bergerak di sektor penerbangan. Pihak Grab dan Volocopter sendiri nantinya akan mencari rute dari kota-kota yang paling cocok untuk diterapkan mode transportasi taksi udara. Kota-kota yang akan dicari rutenya sendiri adalah kota-kota yang berasal dari Asia Tenggara saja.

Rencananya, realisasi taksi udara Grab ini akan mulai dilakukan pada tahun 2022 mendatang. Di tahun tersebut, para penumpang nantinya akan diterbangkan dari VoloPort satu ke VoloPort lainnya. Terkait taksi udara ini, ternyata bukan hanya Grab saja yang memiliki ide akan hal tersebut.

Baca juga: Taksi Elektrik Sudah, Kini Grab Ingin Hadirkan Taksi Udara

Uber, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ride-hailing juga tengah menggarap taksi udara. Perusahaan asal Amerika Serikat itu telah menggandeng beberapa perusahaan, dan kabarnya akan segera meluncurkan layanan transportasi udaranya itu pada tahun 2023.

Dengan semakin canggihnya teknologi dari hari demi hari, kehadiran taksi drone atau taksi udara bukanlah sesuatu yang mustahil. Ketika taksi udara itu nanti benar-benar muncul, tentu pemerintah terkait perlu menyiapkan regulasi untuk mengatur keberadaan taksi udara.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close