Internet

Indonesia Bisa Meniru, Begini Pemanfaatan Drone di Negara China

Drone Bukan Hanya untuk Foto dan Video Saja

Drone biasanya digunakan untuk keperluan fotografi dan videografi. Namun, selain untuk dua keperluan tersebut, fungsi drone sebenarnya masih ada banyak, di antaranya adalah dapat membantu aparat pemerintah dalam menjalankan tugasnya.

Hal yang demikian itu sudah dibuktikan langsung oleh negara China. Keberadaan drone di sana digunakan untuk mempermudah tugas polisi. Indonesia sendiri mungkin bisa meniru apa yang dilakukan oleh China dalam memanfaatkan keberadaan drone.

1. Drone di China Membantu Menangkap Seorang Buronan

Dilansir dari Ubergizmo, kepolisian China berhasil menangkap seorang buronan yang kabur selama 17 tahun dengan drone. Ketika ditangkap, sang buronan yang bernama Song Jiang itu sudah berusia 63 tahun.

Song Jiang menjadi buronan kepolisian China karena dirinya terlibat kasus praktik perdagangan perempuan dan anak-anak. Kepolisian China sendiri mengaku sudah melakukan pelacakan selama bertahun-tahun, namun ternyata hasilnya nihil.

Barulah di awal bulan Oktober 2019 ini, kepolisian China berhasil meringkus Song Jiang usai mencurigai gua beratap yang terletak di sebuah pegunungan setelah tertangkap oleh kamera drone. Melihat fakta tersebut, kepolisian China pun langsung bergegas menuju gua.

Ketika proses penangkapan dilakukan, Song Jiang dikabarkan sulit untuk berkomunikasi karena lamanya ia mengasingkan diri. Meskipun begitu, kepolisian China tetap membawanya. Jadi, itulah pemanfaatan drone pertama yang dilakukan oleh China dalam membantu tugas aparat negaranya.

2. Membantu Mengawasi Pengendara Motor

Pemanfaatan drone kedua ini mungkin cocok digunakan di Indonesia mengingat jumlah pengendara motor yang sangat banyak di negeri ini. Dengan meniru cara ini, kemungkinan besar para pengendara motor yang tidak taat akan berubah menjadi taat lalu lintas.

Dalam sebuah video yang diunggah China Global Television Network (CGTN) terlihat seorang pengendara yang tidak mengenakan helm. Saat itu, polisi yang mengetahui pengendara tersebut pun langsung memberikan peringatan.

Hasilnya, pengendara motor yang tidak mengenakan helm tersebut langsung memasangkan helm di kepalanya sembari melontarkan senyuman ke arah polisi yang memberikan peringatan.

Baca juga: Memanfaatkan Drone, dari yang Biasa Hingga Luar Biasa

Selain digunakan untuk membantu aparat pemerintahan. China juga memanfaatkan drone untuk pengiriman barang. Adalah JD.com yang sudah melakukan hal tersebut di mana mereka lebih memilih menggunakan drone untuk mengirimkan barang-barang yang tempatnya berada di kawasan terpencil atau pelosok.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close