Marketing influencers

Menggunakan Influencers Marketing untuk Bisnis, Efektif atau Tidak?

Influencers marketing adalah salah satu cara sebuah perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada publik. Influencers marketing bukanlah sesuatu yang baru, karena beberapa tahun sebelumnya sudah ada dan marak.

Hanya saja yang menjadi pertanyaan adalah seberapa efektif penggunaan atau sewa jasa para influencers untuk memperkenalkan suatu produk?

Jika terbukti efektif, apakah kita harus selalu menggunakan influencers marketing untuk memperkenalkan suatu produk?

Ukuran Efektivitas Influencers Marketing

Berdasarkan survei yang dilakukan Sociabuzz, penggunaan influencers untuk kegiatan pemasaran memang terbukti efektif.

Kebanyakan dari mereka yang menggunakan influencers marketing adalah untuk brand awareness, mengedukasi konsumen, penjualan, meningkatkan jumlah follower, hingga SEO.

influencers marketing

Dari infografis di atas, kita bisa melihat bagaimana menggunakan jasa influencers (influencers marketing) sangatlah efektif, karena mencapai hingga 33,7%. Jadi, influencers marketing memang terbukti efektif.

Adapun untuk penggunaannya (kerjasama terus menerus), tentu harus melihat produk yang ingin diperkenalkan dan beberapa faktor lain, seperti harga, jumlah pengikut, reputasi, dll.

Loading...

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Setelah mengetahui influencers marketing terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan, brand awareness, dll. Masih ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan jasa seorang influencers, yaitu:

1. Dapat mempengaruhi konsumen

Tiap influencers memiliki karakter berbeda-beda dan tiap influencers memiliki banyak cara untuk memperkenalkan produk yang sedang ia iklankan.

Bagaimana cara seorang influencers mengiklankan suatu produk, Anda tidak perlu tahu. Namun yang harus Anda tahu adalah seorang influencers harus bisa mempengaruhi seorang konsumen agar mau membeli produk yang sedang diiklankan.

2. Respon para pengikut

Jika Anda ingin sukses menjalankan pemasaran melalui influencers, maka pastikan para pengikutnya aktif dalam berinteraksi.

Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa mengeceknya melalui jumlah komen dan like. Lihatlah berapa banyak respon yang diberikan ketika suatu postingan diupload oleh sang influencers.

3. Tepat memilih

Jika Anda memiliki produk makanan atau jajanan, maka ajaklah kerjasama influencers yang kesehariannya memang akrab dengan makanan.

Jangan sampai Anda salah pilih, karena hal tersebut akan terlihat sangat aneh, tidak relevan, bahkan terkesan abal-abal.

4. Tak hanya satu platform

Akan lebih baik jika influencers yang diajak bekerjasama terkenal di berbagai macam platform, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

Dengan terkenalnya seorang influencers di berbagai macam platform, peluang konten tersebar ke platform lain lebih terbuka dan peluang untuk mendatangkan pembeli pun juga semakin terbuka.

5. Biaya yang terjangkau

Pastikan Anda memilih influencers yang benar-benar sesuai dengan budget. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk menggunakan jasa influencers yang nyata-nyata Anda tidak bisa membayarnya.

Untuk mengetahui biaya yang harus Anda keluarkan (mahal atau murah), Anda harus mengetahui tipe-tipe influencers.

Infografis yang dibuat Sociabuzz sudah sangat jelas. Dan tipe-tipe yang sudah disebutkan pada infografis di atas sudah bisa menunjukkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan ketika ingin menggunakan jasa influencers.

Jika Anda memilih influencers dari kalangan selebriti internet (selebgram), maka harga bisa lebih mahal. Dan apabila Anda menggunakan selebriti, micro influencer, dan semua tipe, bisa jadi lebih murah.

Intinya, semakin banyak pengikut dari seorang influencers, maka biaya yang harus Anda keluarkan cukup dalam. Jadi, sebelum mulai menjalankan influencers marketing, pahami poin yang satu ini.

Kesimpulan

Strategi dari mulut ke mulut masih menjadi strategi terbaik dalam marketing. Namun yang harus Anda ketahui adalah zaman terus berubah, dan kita harus cepat beradaptasi.

Dalam segi bisnis pun juga begitu, kita harus cepat beradaptasi, khususnya dalam segi marketing, agar usaha yang sedang dijalankan tidak tergerus dan termakan oleh zaman.

Influencers marketing adalah salah satu cara dan sebuah pekerjaan yang muncul karena perubahan zaman. Dan kehadiran para influencers ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, karena mereka memiliki para pengikut yang cukup loyal yang dapat menunjang bisnis kita.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *