Review ProdukTekno

Informasi Spesifikasi dan Harga Moto E3 Power Baru di Indonesia

Spesifikasi dan Harga Moto E3 Power Baru – Saya sempat heran membaca sekilas paragraf awal berita terbaru di beberapa media teknologi ternama di Indonesia terkait Lenovo dan Motorola. Salah satu kalimat yang membuat saya heran pada beberapa minggu sebelumnya, beredar rumor Lenovo akan meluncurkan ponsel Motorola baru.

Hari ini beberapa media ramai menyajikan konten mengenai ponsel teranyar yang dikenal sebagai Moto E3 Power. Agar tidak lagi merasa heran, saya akhirnya memutuskan untuk mencari tahu lebih jauh mengenai informasi spesifikasi dan harga ponsel Moto E3 Power baru ini. Penelusuran dimulai lebih dulu dengan mengetahui jalinan kerja sama yang dilakukan Lenovo dan Motorola.

Selanjutnya, menyajikan spesifikasi lengkap ponsel Moto E3 Power untuk mempermudah pembaca semua mengetahui bagaimana kualitas dan performanya. Jika kebetulan nantinya ada salah satu diantara pembaca semua yang sudah memiliki cukup tabungan, dan berencana membeli ponsel pintar terbaru. Di akhir postingan ini anda juga akan mengetahui berapa harga Moto E3 Power di Indonesia.

Lenovo dan Motorola

Lenovo dan Motorola merupakan brand berpengalaman dalam memproduksi perangkat portable canggih, khususnya memproduksi sebuah ponsel pintar. Namun, jika berbicara pengalaman Motorola tentu lebih berpengalaman dan menjadi salah satu brand legendaris di seluruh dunia. Meski sempat populer, brand motorola memang sempat meredup beberapa tahun belakangan ini.

Ini terbukti dengan berhentinya produksi ponsel terbaru yang dibuat oleh Motorola. Meski terbilang baru, Lenovo cukup memiliki gaung dan eksistensi brand mereka cukup baik hingga sejauh ini.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, usut punya usut, ternyata Lenovo telah resmi mengambil alih brand Motorola. Lenovo secara resmi mengakuisisi Motorola pada tahun 2014 lalu dengan nilai sebesar US$2,91 miliar, dan Moto E3 Power menjadi salah satu ponsel paling baru Motorola yang hadir pertama kali di Indonesia.

Tanggal Rilis Moto E3 Power di Indonesia

Moto E3 Power

Ponsel pintar terbaru Moto E3 Power secara resmi diluncurkan oleh Lenovo di Empirica Jakarta, Indonesia, pada Rabu 26 Oktober 2016. Dalam keterangan resminya, Anvid Erdian MBP 4P Manager Lenovo Indonesia, mengatakan, “Moto E3 Power yang di Indonesia berbeda dengan yang dijual di Eropa.”

Loading...

Erdian menginformasikan bahwa, Moto E3 Power yang disediakan untuk konsumen di Indonesia mendapatkan dukungan spesifikasi yang lebih tinggi. Perbedaan terlihat dari segi kapasitas memori internal dan kapasitas baterai. Moto E3 Power baru yang dijual di Indonesia dilengkapi dengan memori penyimpanan internal dan baterai yang lebih besar.

Moto E3 Power dibuat langsung di Indonesia oleh Lenovo. Hal ini dilakukan demi untuk memenuhi aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Lenovo telah membangun pabrik baru yang berlokasi di Serang, Banten. Pabrik tersebut digunakan secara khusus untuk memproduksi smartphone, termasuk Moto E3 Power.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang menjadi tempat untuk memasarkan produk Moto E3 Power. Ponsel terbaru ini, telah dipasarkan lebih dulu oleh Lenovo di beberapa negara di Asia seperti India, Vietnam, dan Thailand.

Spesifikasi Ponsel Moto E3 Power Baru

Setelah sekian lama vakum, apakah benar Motorola masih bisa mengerti keinginan dan kebutuhan seluruh konsumen di Indonesia ?. Bagaimana kualitas dan performa Moto E3 Power ?. Untuk menjawab semua ini, berikut saya sajikan ulasan (review) sepesifikasi Moto E3 Power.

Motorola E3 Power Review Indonesia

Moto E3 Power

Desain Motorola E3 Power

Bila dulu logo Motorola dipasang di bagian depan ponsel, saat ini logo mewah tersebut diletakan di sisi bodi belakang tepat di bawah kamera dan LED. Ini mungkin saja tidak ada kaitannya dengan akuisisi, karena hampir sebagian besar produsen ponsel pintar saat ini meletakan logo di bagian belakang bodi. Desain logo mewah serta tata letak yang tepat, membuat ponsel Moto E3 Power dipastikan dapat menarik perhatian dengan cepat siapa saja yang melihatnya.

Motorola E3 Power diproduksi dengan bingkai berbahan metal dengan paduan plastik, dimana semua sisi memiliki bentuk yang menampilkan garis visual yang hampir sama dengan karakter beberapa ponsel lama Motorola yang pernah dipasarkan di Indonesia sebelumnya. Semua sisi dirancang dengan desain melengkung.

Hampir sama dengan desain ponsel pada umumnya, tombol navigasi diletakan di sisi samping bagian kanan, di sisi bagian atas terdapat port jack audio 3,5 mm, dan port charger berada di sisi bagian bawah. Lenovo menyajikan speaker utama di bagian depan ponsel Moto E3 power.

Yang baru yang paling menarik disajikan pada Moto E3 Power adalah lapisan nano coating yang membuat ponsel ini menjadi tahan percikan air. Ponsel Motorola E3 Power disediakan dalam dua pilihan warna utama yaitu hitam dan putih.

Prosesor

Moto E3 Power dibekali dengan prosesor Mediatek MT6735p quad-core, 1,0 GHz 64 bit, dengan paduan RAM 2 GB. Meski clock speed sedikit lebih kecil. Namun berkat dukungan prosesor dengan lebih dari satu inti prosesor, ponsel ini dipastikan dapat menyajikan performa yang benar-benar dapat dipercaya. Baik untuk keperluan surfing internet, pengolahan dokumen, bahkan bermain game.

Sistem Operasi

Dukungan hardaweare terbaik dan sistem operasi premium. Moto E3 Power menggunakan OS Android Marshmallow seri 6.0 untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengguna. Selain dikenal dengan beragam kustomisasinya, Android OS 6.0 Marshmallow juga lebih hemat dalam mengkonsumsi daya baterai.

Layar

Layar Moto E3 Power memiliki ukuran seluas 5 inci berteknologi IPS LCD, beresolusi 720 x 1280 pixel dengan tingkat kerapatan hingga 294 ppi. Layar sentuh ini mampu menampilkan warna menawan, tajam dan sangat jernih.

Layar ini juga sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass sehingga dapat meminimalisir goresan yang akan meninggalkan cacat di layar. Anda benar-benar merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam satu sentuhan ketika menggunakan Moto E3 Power.

Kamera

Moto E3 Power

Moto E3 Power dilengkapi dengan dual kamera. Kamera utama di bagian belakang sebesar 8 megapiksel. Sedangkan kamera depan berkemampuan 5 megapiksel dengan fitur Beautification Mode.

Dilengkapi dengan fitur tambahan lainnya seperti fitur standar seperti HDR dan panorama. Ponsel cerdas Moto E3 Power sangat optimal ketika digunakan untuk mengabadikan momen-momen penting Anda menjadi sebuah foto atau gambar. Anda dapat menyimpan beragam foto dengan kualitas jepretan terbaik dalam saku Anda. Foto ukuran besar sekalipun dapat dicetak dengan kualitas mengesankan dan tanpa pecah.

Kualitas dan Kapasitas Baterai

Ponsel Moto E3 Power baru dilengkapi dengan baterai berkualitas Li- Ion yang mudah dilepas dengan kapasitas besar mencapai 3500 mAh. Beterai berukuran besar ini dapat diisi dengan cepat berkat dukungan pengisian daya cepat 10 Watt Rapid Charge. Untuk setiap pengisian dalam waktu 15 menit, baterai dapat bertahan hingga 5 jam.

Produk dan Tabel Spesifikasi Moto E3 Power

Detail SpesifikasiMoto E3 Power
ProsesorQuad Core 1.0 GHz Mediatek MT6735P
RAM2 GB
ROM16 GB
OSAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)
Total Ukuran143.8 x 71.6 x 9.6 mm
Bobot153.5 g
Dimensi Layar5.0 inci IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
BateraiLi-ion 3500 mAh
Teknologi JaringanGSM / HSPA / LTE
Pilihan WarnaHitam dan Putih
SIMDual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Kamera8 MP & 5 MP
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP

Harga Moto E3 Power Baru di Indonesia

Ponsel Moto E3 Power baru dibandrol dengan harga Rp 1.899.000 secara online melalui situs toko online terbesar Lazada.

Penjualan perdana melalui situs e-commerce Lazada dimulai sejak Kamis 27 Oktober 2016 pukul 11.00 WIB. Penjualan ponsel Moto E3 Power melalui Lazada juga menawarkan bebas biaya pengiriman.

Biaya pengiriman ke 80 persen wilayah Indonesia gratis, kecuali beberapa wilayah tertentu yang akan kena sedikit biaya. Setiap pembelian ponsel Moto E3 Power yang dilakukan melalui Lazada akan mendapatkan potongan harga, atau promo cashback Rp 100 ribu.

Sebanyak 500 pembeli pertama juga akan mendapat kesempatan memenangi penawaran menginap 1 malam dari Nidarooms.

Tidak hanya itu saja, setiap membeli Moto E3 Power baru, konsumen akan diberi nomor perdana dari XL dengan berisi kuota internet gratis sebesar 12 GB dan paket telepon gratis 120 menit selama satu tahun.

Apakah tersedia garansi ?

Ya, ponsel pintar Moto E3 dijamin dengan garansi lokal resmi selama 1 tahun.

Keunggulan dan Kekurangan Moto E3 Power Baru

Keunggulan :

  • Layar sudah didukung proteksi anti gores
  • Didukung pelapis anti percikan air
  • Baterai besar

Kekurangan :

  • Kamera berkualitas standar
  • Belum dilengkapi dengan sensor sidik jari
  • RAM tergolong kecil

Apa pendapat mereka tentang Moto E3 Power ?

Berdasarkan pantauan yang saya lakukan secara langsung di halaman produk lazada, ponsel Moto E3 Power mendapatkan rating 4.1 bintang dengan 18 ulasan konsumen. Berikut beberapa pendapat langsung dari konsumen :

Bagi sebagian yg dah terlanjur fanboy merk sebelah siomay pasti akan bilang harga mahal spek biasa. Tpi liat dlu ini barang resmi, merk sbelah belum lulus tkdn klo sanksi diterapkan bakal ga bisa dipake tuh produk BM. Itu pendapat saya, ini barang sangat direkomendasikan bagi yg budget terbatas dan suka pakai barang resmi….. (Tomas Mordekhai)
Kurang lebih 2 tahun saya gunakan hp Motorola E generasi 1, nyaman digunakan sehari hari, tahan percikan air dan baterai awet.. Sekarang hadir kembali yang dijual Moto E generasi 3 spesifikasi cukup mumpuni dual sim jaringan 4G/LTE. Semoga nantinya Motorola tipe lain yang akan dijual seperti Moto X, Moto Z dan Motorola lainnya ke Indonesia. (M.Haris)
Spek biasa tidak seperti yang diberitakan, layar dan performa msh tidak mendukung buat gamer, Klo standart user its oke soalnya daya tahan batere, browser performa dan tahan terhadap air (Budi)

Tabel Perbandingan Spesifikasi Moto E3 Power

Lenovo rencana tidak hanya akan meluncurkan Moto E3. Disektor premium mereka rencananya juga akan meluncurkan Moto Z. Moto E3 Power baru sendiri dipastikan tidak bermain sendiri.

Disamping akan ditemani dengan keluarga dari merek yang sama, ponsel baru ini dipastikan akan ditempel ketat oleh ponsel cerdas dari merek lainnya.

Moto E3 Power dipastikan akan menjadi kompetitor terdekat bagi Xiaomi, Coolpad, dan Huawei. Berikut tabel perbandingan spesifikasi Moto E3 Power dengan ketiga rival terdekatnya.

Detail SpesifikasiMoto E3 PowerXiaomi Redmi 3S PrimeCoolpad Mega 2.5DHuawei Honor Holly 2 Plus
Ukuran Layar5 Inci5 Inci5 Inci5 Inci
Resolusi1280 x 720 pixels1280 x 720 pixels1280 x 720 pixels1280 x 720 pixels
PPI294 PPI294 PPI267 PPI294 PPI
Teknologi LayarIPS LCDIPS LCDIPS LCDIPS LCD
Total Ukuran143.8 x 71.6 x 9.6 mm69.6 x 139.3 x 8.5mm15.3 x 0.8 x 7.7 cm143.1 x 71.8 x 9.7 mm
Bobot153.5 g144 g141 g160 g
SensorAccelerometer, proximityFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compassGravity sensor, Distance sensor, Luminance sensorAccelerometer, proximity
ProsesorMediatek MT6735PQualcomm MSM8937 Snapdragon 430Mediatek MT6735PMediatek MT6735P
RAM2GB3GB3GB2GB
OSAndroid 6.0.1 MarshmallowAndroid 6.0.1 MarshmallowAndroid 6.0.1 MarshmallowAndroid 5.1.1 Lollipop
Memori Internal16GB32GB16GB16GB
microSDUpto 32GBUpto 128GBUpto 32GBUpto 128GB
Baterai3,500mAh4,100mAh2,500mAh4,000mAh
GPSYaYaYaYa
WiFiYaYaYaYa
BluetoothYaYaYaYa
NFCYaYaYaYa
Koneksi USBmicroUSB v2.0microUSB v2.0microUSB v2.0microUSB v2.0
InfraredTidakYaTidakTidak
Sensor FingerprintTidakYaTidakTidak
Tahan Debu dan AirYaTidakTidakTidak
Kamera Utama8MP13MP8MP13MP
Kamera Kedua5MP5MP8MP5MP

Berdasarkan tabel perbandingan di atas, Moto E 3 memiliki bobot dan body yang cukup tebal bila dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 3S Prime dan Coolpad Mega 2.5D. Bila dilihat dari segi baterai ponsel Motorola terbaru ini menduduki peringkat 3, dan lebih besar bila dibandingkan dengan Coolpad Mega 2.5D.

Namun kapasitas baterai Moto E2 Power di Indonesia tetap lebih besar, bila dibandingkan yang dijual di Eropa yang hanya mendapatkan kapasitas baterai 2.800 mAh. Dari segi memori internal, Mote E3 kalah besar hanya bila dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 3S Prime. Sementara dengan dua brand lainnya, memori internal Moto E3 Power sama besarnya.

Referensi lain : Phablet Mi Note 2 Review Indonesia, “Spesifikasi, Harga & Fitur

Penutup

Setelah membaca seluruh informasi melalui postingan ini. Saya berharap para pembaca semua dapat mengetahui bagaimana kualitas dan performa Moto E3 Power. Dan tentunya saya berharap pembaca semua menjadi lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Moto E3 Power sepertinya sangat direkomendasikan untuk sektor midle high, yang membutuhkan gadget terbaik dengan harga relatif lebih murah, namun handal untuk kebutuhan browsing, chatting, sosial media, dan menonton video.

Ponsel ini juga sangat cocok untuk anda yang membutuhkan perangkat dengan kapasitas baterai besar. Moto E3 Power dipastikan dapat digunakan satu hari penuh, tanpa membuat pemiliknya harus membeli perangkat penambah daya tambahan power bank.

Meski tetap dapat digunakan untuk keperluan bermain game, jika melihat ram dan prosesor Moto E3 Power, ponsel ini sepertinya tidak dapat direkomendasikan untuk bermain game berat 3D.

Ponsel ini juga sepertinya akan membutuhkan waktu ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi berat yang membutuhkan porses hyper thread.

Terakhir, jangan lupa bantu juga yang lainnya yang ada di dunia ini untuk mengetahui informasi spesifikasi dan harga Moto E3 Power, dengan cara menekan tombol share yang tersedia di bawah postingan ini.

Jika anda memiliki pertanyaan atau pendapat lainnya tentang ponsel terbaru Motorola ini, silahkan sampaikan pada kolom postingan yang tersedia pada postingan ini. Well come back to Indonesia Motorola!!, salam.



Loading...

Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait