Internet

Ingin Internet Positif, TikTok Luncurkan Panduan Lawan Cyber Bullying

Maraknya penggunaan media sosial seperti sekarang ini membuat seseorang mudah dalam mengeluarkan sindiran, umpatan, bahkan ancaman kepada orang lain. Hal yang demikian, tentu sangat memprihatinkan, apalagi ketika yang melakukan itu semua masih remaja atau bahkan anak-anak.

Melihat krisis moral yang semakin menjadi-jadi, TikTok akhirnya membuat gerakan nyata untuk melawan cyber bullying di mana mereka telah merilis sebuah panduan yang berjudul “Sama-sama Aman, Sama-sama Nyaman.”

Panduan TikTok itu diluncurkan bertepatan dengan Hari Aman Berinternet Sedunia atau “Safer Internet Day.” Apa yang dilakukan TikTok ini sama seperti Google, karena Google di Hari Aman Berinternet Sedunia juga sudah meluncurkan program baru yang bernama “Tangkas Berinternet.”

Baca juga: Bantu Anak Jelajahi Dunia Online, Google Luncurkan Tangkas Berinternet

Panduan TikTok untuk Internet Positif

Dulu, TikTok dikenal sebagai media sosial yang penuh dengan konten negatif. Bahkan saking parahnya konten yang ada di platform TikTok, Kominfo sempat melakukan pemblokiran pada 3 Juli 2018, pemblokiran sendiri terjadi selama satu minggu.

Namun kini TikTok sudah berubah. Media sosial yang berasal dari China itu telah memperbaiki diri, dan perbaikan diri yang dilakukan oleh TikTok itu dibenarkan oleh Kominfo. Bahkan Kominfo telah mengapresiasi apa yang mereka lakukan.

“Kominfo sempat memblokir satu minggu doang TikTok, awalnya karena isu terkait konten. Kemudian langkah yang dilakukan tim TikTok Indonesia, begitu luar biasa,” ucap Ferdinandus Setu selaku Plt. Kabiro Humas Kominfo.

“Hanya 1 pekan mereka menyiapkan segala sesuatunya. Termasuk memastikan setiap konten yang diposting di TikTok itu nyaman, aman, dan sesuai dengan regulasi di Indonesia. Sampai hari ini TikTok aman,” tambah Ferdinandus.

Di awal sudah disebutkan jika TikTok telah merilis sebuah panduan yang berjudul “Sama-sama Aman, Sama-sama Nyaman.” Panduan yang mereka keluarkan itu pun merupakan salah satu bentuk nyata dari perubahan yang mereka lakukan.

Terkait panduan yang baru saja mereka rilis, Donny Eryastha selaku Head of Public Policy TikTok Indonesia mengungkapkan jika panduan “Sama-sama Aman, Sama-sama Nyaman” dibuat untuk mendorong pengguna menciptakan lingkungan internet yang positif.

Donny menambahkan jika TikTok ingin memberikan lingkungan yang aman bagi para pengguna di mana semua para pengguna atau masyarakat pada umumnya dapat mengekspresikan diri mereka secara terbuka dan kreatif.

“Oleh karena itulah kami menciptakan panduan ini, di mana pengguna mendapatkan tips mengenai cara menghadapi cyber bullying secara umum serta fitur-fitur keamanan di TikTok,” kata Donny seperti yang dikutip dari Telset, Kamis (13/02/20).

Baca juga: Dulu Blokir TikTok, Kini Kominfo Malah Punya Akun TikTok

Panduan Sudah Bisa Diakses

Untuk Anda yang ingin mengakses panduan melawan cyber bullying dari TikTok ini, maka Anda bisa mengaksesnya melalui situs Sudah Dong. TikTok telah bekerja sama dengan komunitas tersebut dalam meluncurkan panduannya.

Buka hanya bekerja sama dengan Sudah Dong, pihak TikTok juga sudah bekerja sama dengan sejumlah kreator untuk mengunggah video yang mengkampanyekan anti-cyber bullying yang dapat dilihat melalui tagar #samasamanyaman.

Terkait peluncuran panduan “Sama-sama Aman, Sama-sama Nyaman,” Adiyat Yori Rambe selaku perwakilan komunitas Sudah Dong menyatakan jika panduan yang dikeluarkan TikTok menjadi sumber informasi bagaimana tetap aman dan nyaman ketika terjadi cyber bullying.

Baca juga: Mengenal Cyberbullying dan Dampaknya Bagi Psikologis Korban

“Buku ini adalah sumber informasi bagaimana agar tetap aman dan nyaman dan apa yang harus dilakukan ketika ada yang melakukan bullying. Kami rasa memang butuh sebuah panduan agar masyarakat bisa come-up ketika menghadapi bullying,” ucap Yori.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close