Internet

Ingin Kembangkan Stadia, Google Luncurkan Program Stadia Makers

Xbox pernah menyampaikan bahwasanya pesaing mereka saat ini bukanlah Sony maupun Nintendo, melainkan Amazon dan juga Google. Alasan Xbox menganggap Amazon dan Google sebagai pesaing karena kedua perusahaan tersebut telah merambah sektor cloud gaming.

Pihak Xbox yang diwakili Phil Spencer selaku pimpinan perusahaan menyampaikan bahwasanya masa depan gim ada pada cloud. Artinya, untuk memainkan gim di masa depan, para pengguna akan bergantung pada cloud gaming.

Baca juga: Xbox Anggap Google dan Amazon Sebagai Pesaing Utama

Google Luncurkan Program Stadia Makers

Dilansir dari The Verge, (25/3/2020), Google telah mengumumkan program Stadia Makers dalam acara Google for Games Developer Summit. Stadia Makers adalah sebuah program yang memungkinkan para pengembang independen untuk menempatkan gim buatan mereka di Stadia.

Dalam menjalankan program ini, pihak Google menggandeng Unity. Dan di programnya tersebut, pihak perusahaan menyampaikan tiga keuntungan yang akan didapatkan apabila para pengembang gim mau berpartisipasi, yaitu mendapatkan dukungan teknis, hardware gratis, dan pendanaan.

Dukungan teknis sendiri akan diberikan oleh para ahli dari Unity, bahkan hingga gim yang dibuat sudah diluncurkan. Program ini pun sudah terbuka atau bisa diikuti oleh para pengembang yang ingin membuat gimnya di Unity 2019.3 atau yang lebih baru.

Gim-gim yang dibuat oleh para pengembang sendiri nantinya akan diluncurkan pada tahun 2020 dan 2021. Dengan kehadiran program ini, maka gim-gim yang ada di Stadia akan semakin banyak. Perlu Anda ketahui, sampai saat ini jumlah koleksi gim yang bisa dimainkan di Stadia baru berjumlah 35 koleksi gim saja.

Dengan kehadiran Program Stadia Makers ini, tentu koleksi gim yang bisa dimainkan di Stadia akan bertambah, dan diluncurkannya program Stadia Makers ini sendiri memang bertujuan untuk menambah koleksi gim di Google Stadia.

Baca juga: Google Stadia VS Microsoft xCloud, Microsoft Tawarkan Lebih Banyak Game

Stadia Bisa Diakses di Smartphone

Sebelumnya, pihak Google juga sudah membuat gebrakan baru di mana mereka memungkinkan gim-gim Stadia bisa dimainkan di smartphone selain Pixel. Jika ditotal, saat ini smartphone yang bisa mengakses Google Stadia ada 26 smartphone.

Berikut ini daftar ke-26 smartphone yang dimaksud (termasuk Pixel):

Samsung Galaxy S8 Samsung Galaxy Note10
Samsung Galaxy S8+ Samsung Galaxy Note10+
Samsung Galaxy S8 Active Samsung Galaxy S20
Samsung Galaxy Note8 Samsung Galaxy S20+
Samsung Galaxy S9 Samsung Galaxy S20 Ultra
Samsung Galaxy S9+ Razer Phone
Samsung Galaxy Note9 Razer Phone 2
Samsung Galaxy S10 ASUS ROG Phone
Samsung Galaxy S10E ASUS ROG Phone II
Samsung Galaxy S10+ Pixel 2
Pixel 2 XL Pixel 3
Pixel 3 XL Pixel 3A
Pixel 3A XL Pixel 4

Baca juga: Akhirnya Google Stadia Bisa Dimainkan di Ponsel Selain Pixel


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close