Internet

Ingin Saingi China, Apple Diminta Kembangkan 5G di AS

Untuk masalah 5G, China lebih maju dari negara-negara lain yang ada di seluruh dunia. Negara pimpinan Xi Jinping itu sudah beralih menjadi negara teknologi yang terobosannya membuat dunia berdecak kagum, bahkan membuat Amerika Serikat merasa tersaingi.

AS sendiri untuk masalah 5G memang tertinggal dari China. Oleh karena itu, Negeri Paman Sam berusaha memperlambat perkembangan teknologi China, khususnya dalam teknologi 5G agar Negeri Tirai Bambu tidak semakin meninggalkan mereka.

Baca juga: Sudah Diluncurkan, Seberapa Cepat Jaringan 5G di China?

Trump: Cepat Kembangkan 5G, Apple!

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Kamis (21/11/19) bahwa dirinya telah meminta kepada CEO Apple Inc Tim Cook untuk mengembangkan infrastruktur telekomunikasi untuk jaringan 5G di Amerika Serikat.

Di akun Twitter resminya, Donald Trump mengatakan jika Apple memiliki segalanya untuk menghadirkan 5G di Amerika Serikat. “Apple memiliki semuanya. Apple punya uang, teknologi, visi, dan Tim Cook,” tulis Trump seperti yang dikutip dari Reuters.

Trump sendiri memang dikenal dekat dengan Cook. Bahkan, keduanya pada Rabu (20/11/19) lalu juga mengadakan pertemuan di calon kampus Apple di Texas, AS. Selain itu, Trump memang gemar mengkritisi keputusan Apple.

Contohnya ketika Apple menghilangkan tombol Home di iPhone. Saat itu, Trump mengaku kerepotan apabila tombol Home harus dihilangkan dari iPhone karena akan terlalu ribet apabila harus menggeser layar ke atas.

Apple Belum Merespon

Sebagai negara yang memiliki ekonomi kuat, AS memang sangat mudah untuk mengembangkan jaringan 5G. Namun sayangnya, sampai saat ini belum ada tanda-tanda perusahaan telekomunikasi dari Negeri Paman Sam untuk mengembangkan jaringan tersebut.

Apple sendiri yang diminta untuk mengembangkan 5G oleh Trump belum memberikan tanggapan. Seperti yang dikutip dari Reuters

, sampai saat ini Apple memang belum melakukan investasi untuk infrastruktur telekomunikasi 5G.

Bahkan Apple juga belum meluncurkan perangkat yang menggunakan 5G. Padahal, para pengguna setia mereka sudah menunggu-nunggu kehadiran iPhone 5G. Mungkin setelah cuitan Trump tersebut sampai ke Cook, Apple akan berusaha menghadirkan 5G di AS.

AS Ingin Buat 5G untuk Saingi China?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, untuk masalah jaringan 5G ini, Amerika Serikat tertinggal satu langkah dari China. Bahkan, saat ini China sudah menjual jaringan 5G ke negara-negara lain. Melihat fakta yang demikian itu, tentu AS tidak ingin kalah.

Trump sendiri mengatakan bahwa Amerika Serikat memang bermaksud untuk menyebarkan layanan 5G dengan cepat dan berencana untuk bekerja sama dengan “negara sekutu” agar bisa mempromosikan keamanan di jaringan 5G pada generasi mendatang.

Melalui pernyataan Trump tersebut, tentu sudah sangat jelas sekali jika keinginan AS untuk mengembangkan jaringan 5G agar bisa bersaing dengan China. Bahkan saat ini saja, AS sudah bersaing dengan China dalam layanan 5G.

Baca juga: AS Larang Negara Lain Gunakan 5G Huawei, Malaysia Justru Pakai

Saat ini, langkah yang bisa dilakukan AS adalah dengan menjegal perusahaan-perusahaan China yang ingin menawarkan 5G dengan berupa sanksi. Selain itu, mereka juga membujuk negara lain agar tidak menggunakan teknologi 5G yang ditawarkan oleh perusahaan China karena bisa membahayakan keamanan negara.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close