Internet

Ingin Saingi TikTok, Google Akan Akuisisi Firework?

TikTok Makin Banyak Saingan Nih

Kepopuleran TikTok yang semakin menjadi dalam beberapa tahun terakhir ini nampaknya membuat beberapa pelaku bisnis di bidang teknologi, khususnya para pelaku bisnis yang ada di Amerika Serikat merasa gerah.

Usai Facebook yang secara terang-terangan ingin menggulingkan dominasi TikTok, kali ini Google nampaknya juga akan ikut-ikutan. Perusahaan teknologi yang saat ini dipimpin Sundar Pichai tersebut kabarnya tertarik untuk menghadirkan saingan baru untuk TikTok.

Google dikabarkan tertarik untuk mengakuisisi Firework, sebuah aplikasi berbagi video mirip TikTok yang berbasis di Amerika Serikat. Jika Google berhasil mengakuisisi Firework, maka bisa saja mereka akan menjadi penantang serius bagi TikTok.

Mampukan Google Akuisisi Firework?

Saat ini, Firework telah memiliki lebih dari satu juta pengguna terdaftar di iOS dan juga Android. Selain itu, Firework juga baru saja meluncur di India. Android Authority mengatakan jika masa depan Firework ini sangat menjanjikan.

Android Authority mengatakan hal yang demikian itu berdasarkan fakta lapangan yang ada di mana mereka mengungkapkan perusahaan yang tertarik untuk mengakuisisi Firework bukan hanya Google saja, melainkan perusahaan dari China juga, yaitu Weibo.

Mampukah Google akuisisi Firework?

Sampai saat ini, Google selangkah lebih maju dari Weibo. Namun untuk mampu atau tidaknya semua itu tergantung dari gelontoran dana yang akan dikeluarkan oleh Google. Saat ini valuasi Firework ditaksir mencapai 100 juta dolar AS.

Artinya, jika Google ingin mendapatkan Firework, mereka harus rela mengeluarkan uang yang lebih besar agar pihak Firework benar-benar mau melepaskan platformnya ke pangkuan Google. Sampai saat ini pun, kabarnya proses negosiasi masih terus berjalan.

Kalahkan TikTok Bukan Perkara yang Mudah

Di masa lalu, sepak terjang Google dalam urusan akuisisi tergolong cukup sukses. Salah satu contoh akuisisi sukses yang pernah mereka lakukan adalah akuisisi YouTube dan juga Android. Apabila Firework ini nantinya jatuh ke tangan Google, maka bisa jadi mereka akan menjadi akuisisi sukses selanjutnya dari Google.

Namun, perkara mengalahkan TikTok bukanlah perkara yang mudah mengingat TikTok adalah media sosial yang pertumbuhannya paling cepat dalam sejarah. Saat ini pun jumlah angka pengguna dari TikTok sudah mencapai lebih dari satu miliar pengguna aktif.

Baca juga: TikTok Semakin Besar, Zuckerberg Pun Takut Kehilangan Pasar

Sekarang kita lihat saja, apakah Google dapat mengambil alih Firework untuk dijadikan lawan atau pesaing serius bagi TikTok atau justru mereka yang akan tenggelam dengan kepopuleran media sosial asal China tersebut.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close