konten cerdas

Ini Definisi Konten Cerdas Menurut Versi Saya

Ini adalah yang kesekian kalinya saya menulis di klik mania, blog punya Om Gani sebastian ini banyak memberi inspirasi ke saya, terutama tentang cara menulis konten cerdas.

Om gani bilang buatlah yang sederhana tetapi mampu menjelaskan dan menjabarkan konten secara keseluruhan dengan bahasa yang mudah dipahami, itulah definisi konten cerdas.

Tetapi mungkin cara pandang orang juga berlainan, menurut sebagian orang membuat konten cerdas membutuhkan keahlian khusus agar konten menjadi sangat berkualitas.

Sebenarnya saya tidak terlalu memikirkan hal itu, sebab penyampaian orang bisa berbeda-beda. Yang saya tau sekarang adalah belajar menulis dan memulai dengan apapun yang bisa saya tulis.

Mencari materi baru untuk konten cerdas

Sudah banyak sekali jutaaan hingga milyaran artikel yang ada di internet, bahkan satu dari beberapa artikel membuat ulasan yang hampir sama.

Menurut saya ini hanya memenuhi daftar internet saja, bahkan saya menganggap sebagian artikel adalah sampah karena satu artikel di jiplak penulis lain, di edit berbagai macam gaya dan di publish ulang.

Saya tidak melihat sesuatu yang baru yang benar bisa membuat suatu perbedaan. Karena pada dasarnya materi adalah sama.

Saya hanya berpikir apakah satu di antara mereka ini kehabisan ide sehingga tidak bisa membuat materi yang benar-benar baru.

Loading...

konten cerdas

 

Nah dari sini saya bisa menyimpulkan sendiri bahwa membuat konten cerdas adalah membuat sesuatu yang baru, yang sebelumnya tidak pernah dibuat.

Dasar pembuatan konten cerdas yang fresh

Menurut saya masih banyak potensi yang bisa digali untuk membuat konten cerdas, salah satunya adalah ide kita sendiri.

  • Ide atau gagasan yang bisa menciptakan jenis artikel baru, artinya artikel tercipta atas pemikiran yang ada dibenak kita.
  • Jenis konten ini bisa dibuat atas dasar pemikiran kita sendiri, bahan materi artikel bukan dari sumber lain.
  • Itu artinya murni gagasan kita yang dituangkan melalui artikel.

Kategori untuk konten cerdas yang dimaksud lebih mengarah pada membuat evergreen konten, seperti yang Om Gani sebastian tulis sebelumnya di blog ini.

Jenis konten ini banyak diterapkan pada artikel informatif maupun tutorial yang masih berdasar pada evergreen konten,  artinya dibutuhkan kapanpun juga nilai informasinya adalah sama.

Pengertian konten cerdas secara luas

Secara luas definisi konten cerdas mampu  membuat perubahan dari artikel yang sudah-sudah, artinya ada sisi pembaharuan dalam segi penyampain termasuk tata bahasa yang semakin mudah dimengerti.

Beberapa konten cerdas mampu memberi manfaat antara lain :

  • Menginspirasi diri sendiri maupun orang lain – Artinya ada bentuk pemikiran baru untuk mengambil langkah inisiatif dan memberikan semangat pada diri sendiri ataupun orang lain.
  • Memberi perubahan baru – Beberapa konten cerdas mampu memberikan perubahan baru terutama cara berpikir yang lebih cerdas.

Didalam dunia informasi digital semua dituntut untuk membuat konten cerdas dengan dasar yang bisa dipertanggung jawabkan isi maupun berita yang disampaikan.

Saya masih banyak melihat artikel dari berbagai media melebih-lebihkan judul sebuah artikel, seakan-akan berbuat konyol untuk menarik pembaca. Padahal isi artikelnya tidak seheboh beritanya.

Begitulah kira-kira arti dan manfaat membuat konten cerdas, saya berharap masih bisa terus belajar untuk membuat tulisan yang sekiranya mempunyai manfaat, belajar dan terus belajar.


Loading...

Bagikan

shafira katrina

Penulis

Menyukai Traveling dan Fotography

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *