Aplikasi Smartphone Untuk Belajar Coding

5 Aplikasi Smartphone Untuk Belajar Coding, Cocok untuk Programmer Pemula

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo semuanya apa kabar? Semoga baik-baik saja ya. Kali ini, kita bakal ngebahas tentang berbagai aplikasi smartphone untuk belajar coding.

Seperti yang kamu ketahui sekarang ini, perkembangan teknologi sangat pesat, termasuk kebutuhan akan seorang programmer untuk mengembangkan teknologi tersebut.

Banyak orang yang ingin menjadi seorang programmer, tapi mungkin mereka yang baru saja memulai tidak tau harus belajar dari mana.

Seperti bahasa pemrograman apa dulu yang perlu dikuasai, harus dari mana belajarnya, dan berbagai alasan yang lain sebagainya.

Kalau kamu seorang calon programmer yang masih kebingungan mau belajar dimana, maka kamu berada di artikel yang tepat, karena di sini kita bakal ngebahas tentang aplikasi apa saja yang bisa membantu kamu menjadi seorang programmer.

Langsung aja kita bahas mengenai berbagai aplikasi smartphone untuk belajar coding.

5 Aplikasi Smartphone Untuk Belajar Coding

1. Pocket Code

Aplikasi Smartphone Untuk Belajar Coding
Sumber gambar : Playstore

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi belajar pemrograman yang dibuat oleh Catrobat. Aplikasi ini mempunyai konten edukatif tentang programming untuk anak-anak sampai dengan remaja.

Nah tentunya alur pembelajaran di Pocket Code ini menyenangkan karena metodenya menggunakan game interaktif.

Loading...

Aplikasi ini mempunyai ukuran yang terbilang kecil yaitu hanya 31 MB, serta sudah di install sebanyak 100.000 lebih pengguna.

2. Udacity

Aplikasi Smartphone Untuk Belajar Coding
Sumber gambar : Playstore

Selain merupakan sebuah aplikasi android, Udacity juga hadir dalam bentuk website. Saya bisa akui bahwa Udacity ini merupakan aplikasi smartphone untuk belajar coding dengan platform belajar pemrograman yang bagus dan lengkap.

Nah materi-materi yang disediakan oleh si Udacity ini diantaranya adalah:

  1. Android
  2. Data Analytics
  3. Data Science
  4. Georgia Tech Master in CS
  5. iOS
  6. Machine Learning
  7. Mobile App Development
  8. Non-Tech
  9. Software Engineering
  10. Virtual Reality
  11. Web Development

Dan menurut saya pribadi, untuk tampilan aplikasinya sendiri sudah bagus, clean, serta minimalis. Aplikasi dengan ukuran sebsar 31 MB ini sudah terinstall oleh pengguna sebanyak 1.000.000.

Namun kamu memerlukan spesifikasi minimal Android 5.0 untuk dapat menggunakan aplikasi Udacity ini.

3. Programming Hub

Aplikasi Smartphone Untuk Belajar Coding
Sumber gambar : Playstore

Yang ketiga adalah Programming Hub. Merupakan aplikasi smartphone untuk belajar coding yang dibuat oleh Nexino Labs Pvt Ltd.

Aplikasi ini juga terbilang bagus, karena materinya menurut saya cukup lengkap, tampilannya pun simpel. Nah Programming Hub ini menawarkan materi sebagai berikut:

  1. C
  2. C++
  3. Java
  4. HTML
  5. JavaScript
  6. R Programming
  7. CSS
  8. VB.net
  9. C#
  10. Python 2.7
  11. Python 3
  12. Linux Shell Scriptning, Swift
  13. SQL
  14. Jquery Assembly 8086

Saya pun beberapa saat ketika membaca list pembelajaran bahasa pemrograman yang ditawarkan oleh si Programming Hub ini menjadi tertarik untuk belajar Swift, you know, hanya dengan aplikasi yang besarnya 15 MB ini kita sudah bisa belajar Swift man, Insya Allah.

Namun sayangnya, dari informasi yang saya dapat, aplikasi ini masih dalam versi Beta, yang artinya mungkin masih dalam tahap pengembangan. Tapi tenang saja walau masih versi Beta, aplikais ini sudah bisa kalian coba kok.

4. Encode: Learn to Code

Aplikasi Smartphone Untuk Belajar Coding

Next kita bertemu dengan Encode: Learn to Code. aplikasi smartphone untuk belajar coding ini diperuntukan untuk para calon-calon web programming.

Disini kamu dapat belajar HTML, CSS, JavaScript, dan juga Python. Aplikasi yang dibuat oleh Upskew ini sudah di download oleh pengguna sebanyak 100.000 lebih, dan ukurannya punya lumayan kecil, yaitu 11 MB.

5. SoloLearn

Aplikasi Smartphone Untuk Belajar Coding
Sumber gambar :Playstore

Saya pribadi adalah salah satu pengguna dari SoloLearn (versi websitenya loh ya). Kenapa? Karena SoloLearn ini metode pembelajarannya unik, dimana kita diberikan challenge dan materi secara berkala, bukan berturut-turut.

Jadi gampangannya gini, kamu dikasih 2 materi, nanti di next part kamu dikasih soal atau challenge.

Jadi kita sebagai pengguna nggak jenuh. Nah SoloLearn juga hadir dalam bentuk android app. Di SoloLearn ini, kamu nanti bisa belajar berbagai macam bahasa pemrograman seperti JavaScript, PHP, C++, Java, C#, SQL, Swift, dan juga Ruby, serta CSS.

Baca juga10 Aplikasi Foto Editor Gratis Terbaik untuk Gadget Android dan iOS

Penutup

Okay, gimana menurutmu? Sudah siap jadi seorang programmer dengan aplikasi smartphone untuk belajar coding di atas?

Baiklah, itu aja mungkin yang bisa saya tulis di artikel kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Sekian dan terima kasih, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Loading...

Bagikan

Abdullah

Penulis

Hanya seorang muslim biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *