Dunia InternetInternet

Ini Kelebihan DuckDuckGo, Mesin Pencari yang Digunakan CEO Twitter

Mesin pencari Duckduckgo Menjadi Mesin Pencari Favorit Bos Twitter "Jack Dorsey"

Mesin Pencari DuckDuckGo – Memang bukan hal yang dapat dipungkiri lagi bahwa Google merupakan mesin pencari raksasa yang paling banyak digunakan oleh pengguna Internet di seluruh dunia. Meskipun banyak mesin pencari yang bermunculan hingga saat ini, Google masih masih tetap menjadi mesin pencari yang dominan hingga saat ini.

Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia dan menjadi pilihan kebanyakan pengguna internet. Tetapi nyatanya mesin pencari besutan Larry Page dan Sergey Brin bukan menjadi pilihan untuk mencari informasi bagi bos media sosial Twitter “Jack Dorsey”.

Jack Dorsey yang merupakan SEO dari perusahaan media sosial ber-icon burung biru ini mengaku bahwa ia menggunakan mesin pencari DuckDuckGo sebagai mesin pencari default pada perangkat yang ia gunakan.  Hal ini tentu cukup unik jika mengingat popularitas Google dibandingkan dengan DuckDuckGo.

Apa Itu  DuckDuckGo?

Untuk anda yang belum mengenal mesin pencari DukckDuckGo, mesin pencari ini adalah mesin pencari yang dibesut oleh Gabriel Weinberg dan timnya yang tergabung dalam DuckDukcGo Inc.

Mesin pencari ini sendiri terbilang belum menjadi kompetitor sengit bagi Google yang sanggup mengelola lebih dari 40.000 pencari per-detiknya.

Meskipun belum menjadi tandingan sepadan buat sang raksasa mesin pencari “Google”, namun mesin pencari yang menggunakan icon bebek ini menawarkan satu hal yang ditawarkan oleh Google yakni keamanan privasi.

DuckDuckGo mempublikasikan dirinya sebagai satu-satunya mesin pencari yang mengutamakan keamanan privasi penggunanya.

DuckDuckGo tidak menggunakan cookie untuk melacak ataupun mengumpulkan informasi pribadi penggunanya. Sehingga, mesin pencari ini pun sendiri tidak dapat melihat IP Address dari penggunanya.

Bagaimanakah Perkembangan DuckDuckGo ?

Meskipun tidak terlalu populer, namun mesin pencari DuckDuckGo terbilang memiliki pertumbuhan yang stabil sejak awal dikembangkan pada tahun 2018 lalu.

Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pencari pada DuckDuckGo yang telah mencapai lebih dari 31 miliar pencari (data hingga bulan Juni 2019).

Dalam meningkat kepopulerannya di kalangan para pengguna internet, DuckDuckGo juga mengandeng Linux sebagai mitranya. Tidak hanya itu, mesin pencari ini juga telah hadir di Playstore dan juga App Store Apple.

Aktifitas Browsing Menggunakan DuckDuckGo Lebih Aman

Ketika anda mencari suatu informasi menggunakan mesin pencari Google, keyword yang anda gunakan dalam pencarian tersebut akan terekam dan dikirimkan ke situs yang anda kunjungi.

Secara otomatis komputer anda akan membagikan infomasi tentang anda seperti IP Address. Hal inilah yang membuat Google dapat melacak identitas dan juga aktifitas anda.

Namun sedikit berbeda jika anda menggunakan pencarian di DuckDuckGo. Ketika anda mengklik sebuah link situs, maka DuckDuckGo akan mencegah situs tersebut mendapatkan informasi tentang anda.

Baca Juga : Google Melebarkan Sayap ke Dunia Perbankan Lewat Layanan Cache

Nah, itulah sekilas tentang mesin pencari DuckDuckGo. Bagaimana menurut anda? Apakah anda tertarik untuk mencoba mesin pencari yang katanya menomorsatukan privasi penggunanya ini?.


Loading...

Jasa Penulis Artikel Berkualitas Murah - Saya adalah content writer dan juga social media designer. Ingin pesan artikel atau desain murah ? Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @kontennyaendarjulian

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close