Traveling

Inilah 8 Hal Fatal yang Gak Boleh Dilakukan Saat Naik Kereta Api

Naik kereta api saat traveling memang memberikan keseruan tersendiri, dari sekian banyak transportasi kereta api tetap dijadikan pilihan banyak masyarakat. Selain harga tiketnya terjangkau, transportasi ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap. Tapi, kamu tentu harus memperhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat naik kereta api.

Ketika naik kereta api, tentunya membutuhkan waktu yang lama untuk jarak tempuh yang cukup jauh. Misalnya jika ingin naik kereta dari Surabaya ke Jakarta, akan memakan waktu 9-11 jam perjalanan.

Untuk tetap membuat para penumpang nyaman, kini sudah disediakan fasilitas yang lengkap. Diantaranya seperti terdapat toilet disetiap gerbong, tersedia colokan listrik di setiap tempat duduk, interior dan susunan tempat duduk yang membuat penumpang nyaman.

Baca juga : Kereta Sleeper Jadikan Perjalanan Mudik dan Kembali Menjadi Sangat Nyaman, Harga Tiketnya ?

Manfaat lain ketika naik kereta api yaitu bebas macet dan relatif lebih cepat, selain itu kamu juga bisa menikmati keindahan panorama di sepanjang perjalanan.

8 Hal Fatal yang Gak Boleh Dilakukan Saat Naik Kereta Api

Pengalaman naik kereta api akan lebih menyenangkan dan terkesan, apabila kamu melakukan persiapan dengan baik. Untuk itu, kamu harus menghindari hal fatal yang gak boleh dilakukan ketika akan naik kereta api.

1. Memesan Tiket Secara Mendadak

Memesan Tiket Secara Mendadak

Jika kamu berencana berpergian naik kereta api, sebaiknya kamu memesan tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Minimal 3 atau 4 hari sebelum berangkat, dengan begitu kamu bisa mempersiapkan kebutuhan yang kamu perlukan.

Karena jika kamu memesan tiket secara mendadak, bisa saja kamu kehabisan tiket. Mengingat banyaknya masyarakat yang ingin naik kereta api, apalagi jika musim liburan banyak orang yang rencananya gagal akibat kehabisan tiket kereta.

Kamu bisa memesan tiket kereta melalui aplikasi online, jika kamu memesan tiket jauh-jauh hari kamu juga berpeluang mendapatkan harga promo tiket. Jadi lebih hemat pengeluaran, juga kamu terhindar dari resiko kehabisan tiket.

2. Berangkat Ke Stasiun 15 Menit Sebelum Kereta Jalan

Berangkat Ke Stasiun 15 Menit Sebelum Kereta Jalan

Hal yang sangat fatal, sering dilakukan oleh para masyarakat yang baru pertama kali naik kereta api. Apabila kamu sudah memesan tiket dengan benar, sebaiknya kamu tiba di stasiun 1 jam sebelum keberangkatan.

Karena kamu juga memerlukan waktu untuk check-in dan cetak boarding pass. Tujuan tiba 1 jam sebelum keberangkatan, agar kamu bisa melakukan check-in dan bording pass secara teliti dan benar.

Sebelum masuk peron tunjukan boarding pass dan KTP kepada petugas, kemudian simpan boarding pass. Karena saat di dalam kereta, petugas akan menghampiri dan mengecek. Jadi, jangan sampai hilang yaa.

Apabila masih ada waktu tersisa, kamu bisa membeli makanan ringan atau minuman supaya tidak kelaparan ketika didalam kereta api.

3. Tak Memperhatikan Nomor Gerbong

Tak Memperhatikan Nomor Gerbong Saat Naik Kereta Api

Setelah melakukan check-in dan bording pass, saat akan masuk ke gerbong sebaiknya kamu memperhatikan nomor gerbong dengan benar. Karena jika kamu salah masuk gerbong, banyaknya antrean bisa saja membuatmu ketinggalan kereta api.

4. Membawa Terlalu Banyak Barang

Membawa Terlalu Banyak Barang

Ketika hendak berpergian, sebaiknya kamu jangan terlalu membawa banyak barang. Karena kamu akan kerepotan sendiri dengan semua barang bawaanmu, cukup membawa 1 koper berukuran sedang dan tas gendong 1.

Terutama jika koper terlalu besar, sehingga tidak muat diletakan di bagasi. Alhasil kamu hanya bisa meletakan kopermu dibawah kursi, tentunya akan membuatmu tidak nyaman ketika duduk.

Pastikan juga tempat dudukmu tidak dipenuhi dengan barang bawaan, sebaiknya bawa 1 tas untuk meletakan barang berharga seperti dompet, ponsel, dan keperluan penting. Sisanya sebaiknya letakan di bagasi, agar kamu bisa duduk dengan nyaman menikmati perjalanan.

5. Tidak Membawa Jaket

Tidak Membawa Jaket Saat Naik Kereta Api

Jenis kereta tertentu memang terkadang menyediakan fasilitas selimut untuk penumpangnya, namun ada beberapa yang tidak menyediakan selimut.

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu membawa jaket dari rumah. Apalagi jika kamu akan melakukan perjalanan malam, berada di kereta api akan terasa lebih dingin.

Selain jaket, kamu perlu membawa kaos kaki, sarung tangan, dan masker. Untuk berjaga-jaga apabila dibutuhkan saat perjalanan.

6. Membawa Hewan Peliharaan

Membawa Hewan Peliharaan Saat Naik Kereta Api

Memiliki hewan peliharaan memang sangat menyenagkan, apalagi jika bisa mengajaknya pergi kemanapun kita pergi.

Namun, peraturan naik kereta api dilarang membawa hewan peliharaan. Karena dapat beresiko menganggu penumpang lainnya, untuk itu kamu jangan sekali-kali membawa hewan peliharaanmu ke dalam kereta api ya.

Apabila khawatir tidak ada yang menjaga dirumah, kamu bisa menitipkannya ke tetangga atau keluarga yang lain selama kamu berpergian.

7. Membawa Makanan yang Berbau Tajam

Membawa Makanan yang Berbau Tajam

Membawa makanan memang perlu, hal itu agar kita tidak kelaparan ketika berada didalam kereta. Namun, hindari membawa makanan yang berbau menyengat seperti durian, petai, dan lain-lain.

Karena hal itu dapat membuat penumpang yang lainnya merasa tidak nyaman, dan kamu juga bisa mendapatkan teguran dari petugas.

Sebaiknya membawa makanan ringan seperti roti, biskuit, wafer. Apabila kamu ingin membawa buah sebaiknya bawa buah seperti apel, peer. Juga hindari membawa minuman yang terlalu besar, sebaiknya membawa dalam botol kecil 2 – 3 botol.

8. Duduk Di Lantai

Duduk Di Lantai Saat Naik Kereta Api

Karena kursi penumpang terasa sesak, maka kamu memilih untuk duduk dilantai. Jangan lakukan hal seperti itu ya guys, karena hal itu akan membuat penumpang lainnya tidak nyaman. Selain itu, kamu juga akan menghalangi akses jalan penumpang lain.

Itulah hal-hal yang jangan sampai kamu lakukan ketika ingin naik kereta api, sebaiknya hindari hal-hal tersebut agar kamu dapat menikmati perjalananmu dengan nyaman dan lancar.


Loading...
Baca selengkapnya

Menyukai Traveling dan Fotography

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close