Pentingnya Menggunakan Domain ID

Inilah Pentingnya Menggunakan Domain ID (dot ID) untuk Website Lokal

Pentingnya Menggunakan Domain ID – Perlu kita ketahui bersama, domain .id (dot ID) merupakan domain ccTLD untuk negara Indonesia. Dibandingkan ekstensi domain lainnya seperti .com atau .net, ekstensi domain ini sepertinya sangat cocok untuk bisnis yang ingin memiliki citra pembeda.

Anda bisa melihat dengan jelas dampaknya bagi website Anda kalau menggunakan ekstensi domain ini. Setidaknya, berikut adalah hal-hal yang membuat domain .id penting untuk digunakan pada blog atau website lokal.

Baca juga : Cara Memilih Dan Menentukan Nama Domain Blog Yang Bagus

1. Posisi Lebih Tinggi di Google

Konon katanya, menggunakan domain ID bisa berpeluang untuk menempati posisi yang tinggi di hasil pencarian Google.

Hal ini mungkin saja benar karena sepertinya Google dan search engine lain saat ini berusaha mengutamakan konten atau situs yang sesuai dengan target pengunjungnya (geolocation).

Dengan cara ini, orang-orang yang suka browsing tentu bisa lebih mudah mengenali darimana website tersebut berasal.

2. Membuat dan Mengamankan Brand

Bila Anda memiliki sebuah produk dan ingin mendaftarkan hak cipta atau merk dagang, Anda biasanya akan dikenai biaya jutaan rupiah di Departemen Hukum dan HAM.

Belum yang lain-lain seperti administrasi dan surat-menyurat yang membutuhkan proses lamadan panjang. Bagi pengusaha pemula, hal ini tentu cukup merepotkan dan bisa menjadi beban tersendiri.

Loading...

Namun Anda tidak perlu risau. Cukup dengan membeli domain ID, Anda hanya membutuhkan beberapa jam untuk mendaftarkan merk dagang Anda di internet.

Syaratnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan KTP dan SIUP/AKTA/TDP (kalau punya).

Saat Anda sudah memiliki domain ini, orang lain yang hendak mendaftarkan merk yang sama di HKI sepertinya akan berpikir berulang kali karena domain ID sudah Anda dapatkan.

Namun, jika Anda ingin benar-benar mematenkan produk atau brand secara lebih resmi, kami tetap menyarankan Anda untuk tetap mendaftarkan merk di Departemen Hukum dan HAM agar benar-benar sah secara hukum.

3. Keuntungan Berlipat Ganda!

Berbeda dengan domain .com dan .net, menggunakan domain ID sepertinya bisa membuat brand kita lebih dikenal oleh banyak orang.

Pasalnya, saat ini masih jarang yang menggunakan domain berakhiran .id di kancah lokal. Brand bisnis Anda juga bisa lebih terkenal dengan ekstensi ID karena pengucapannya juga cukup mudah.

Dengan adanya brand image, Anda bisa meningkatkan harga berkali-kali lipat dari produk yang sebelumnya tanpa merk.

Saat pembeli menyukai brand yang Anda tawarkan, biasanya mereka akan jadi pembeli yang loyal terhadap apa yang Anda jual.

Misalnya saja brand Apple yang saat ini masih menjadi brand termahal di ranah perangkat teknologi. Konsumennya pun banyak dan lebih loyal dibanding produk lain yang brand imagenya kurang kuat.

Dengan produk berkualitas dan brand image yang kuat, perusahaan sekelas Apple bisa mendobrak pasar meski harganya sangat mahal.

4. Menghindari Salah Sasaran

Calon pembeli yang ingin mengunjungi website Anda biasanya akan lebih mudah mengenali website dengan domain yang berbeda.

Kalau Anda menggunakan domain ID, orang lain tidak salah dengan merk lain. Kesalahan merk ini sebenarnya sering terjadi di dunia bisnis, bajkan sempat terjadi pada dua merk terkenal seperti Twitter dan Snapchat.

Kekeliruan tersebut bahkan menyebabkan hilangnya jutaan dollar potensi investasi dari perusahaan tersebut.

Bayangkan saja, Anda menggelontorkan uang untuk promosi namun hasilnya malah dinikmati oleh merk lain yang hanya karena keduanya memiliki nama merk yang mirip.

5. Website Lebih Kredibel

Bentuk penipuan saat ini memang sangat beragam mulai dari hipnotis, investasi bodong, MLM Scam, penipuan undian berhadiah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Maraknya kasus penipuan tentu saja membuat konsumen lebih berhati-hati dalam bertindak, khususnya untuk transaksi jual beli online.

Oleh karena itu, menggunakan domain ID mungkin menjadi salah satu cara untuk meyakinkan konsumen bahwa bisnis Anda itu benar-benar real dan bukan bermaksud untuk menipu.

Baca juga :

Nah, itulah sekiranya beberapa manfaat dan pentingnya menggunakan domain id untuk website atau bisnis Anda.

Dengan mengetahui hal-hal di atas, Anda tentu akan lebih mengenal domain ID lebih baik lagi dibanding sebelumnya.

Menggunakan domain ID bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli ekstensi domain bisnis Anda.


Loading...

Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *