Internet

Inilah 6 Insiden Ponsel Meledak yang Menyita Banyak Perhatian Netizen

Mungkin ditelinga kita berita soal kasus ponsel meledak sudah tidak asing lagi. Pasalnya, kejadian ini bukan terjadi hanya sekali ataupun dua kali saja. Sudah banyak orang yang menjadi korban insiden ponsel meledak.

Meskipun produk ponsel yang kita beli berasal dari vendor atau merek terkenal, bukan hal yang tak mungkin bila ponsel buatan mereka tidak meledak.

Dari kasus-kasus yang telah terjadi, justru ponsel dari merek terkenal masuk dalam daftar ponsel yang sering mengalami masalah ini.

Terlepas dari kabar tersebut, hal ini akan membuat para vendor untuk lebih teliti lagi dalam mengembangkan perangkat seluler mereka sebelum di luncurkan.

Terlebih trauma masyarakat adalah hal yang paling menentukan kejayaan suatu produk. Meskipun itu kesalahan mereka, pasalnya kebanyakan orang akan lebih memilih menyalahkan si pembuatnya.

Dengan begitu, itu akan membuat suatu brand terpojokkan dan membuat calon konsumen mereka menjadi berpikir panjang untuk membeli produk yang di tawarkan oleh vendor pemilik brand tersebut.

Mencegah agar ponsel tidak meledak

Kita juga seharusnya tidak menyalahkan penuh kepada si pembuatnya atas kejadian-kejadian ponsel meledak itu.

Karena bagaimanapun juga, kebijakan kita dalam menggunakan perangkat buatan mereka adalah hal yang tidak kalah dari kata ‘paling utama’.

Oleh sebabnya, kita harus lebih memperhatikan penggunaan kita dalam memakai barang-barang elektronik, termasuk smartphone yang sering kita bawa kemana-mana.

  • 1. Perhatikan jenis charger yang digunakan, bila charger bawaan tidak ada. Karena bisa saja charger yang tidak cocok itu malah membuat suatu perangkat meledak.
  • 2. Jangan melakukan panggilan ketika ponsel dalam kondisi pengisian daya atau proses charging.
  • 3. Selain itu, usahakan juga agar smartphone jauh dari korek gas. Karena bisa saja terjadi radiasi yang membuat ponsel itu meledak.
  • 4. Jangan letakkan ponsel secara langsung terkena sinar matahari dalam kondisi lama.

Sebenarnya masih banyak lagi tips untuk menghindari insiden ponsel meledak.

Atau kamu bisa langsung baca disini: Ingin Hindari Bahaya Ponsel Meledak? Lakukan Tips Berikut Ini!

6 Insiden ponsel meledak

Dari semua berita mengenai ponsel meledak, inilah 6 insiden ponsel meledak yang paling banyak mengambil perhatian netizen.

1. Xiaomi Redmi Note 5

Insiden ponsel meledak
Sumber : Facebook/MUI Lovers
Insiden ponsel meledak
Sumber : Facebook/MUI Lovers

Sebuah kasus ponsel meledak yang mungkin masih cukup hangat dibicarakan adalah mengenai meledaknya Xiaomi Redmi Note 5. Karena berita ini terjadi pada sekitar akhir bulan Juli tahun 2018 ini.

Kasus tersebut menimpa seorang pengguna ponsel Xiaomi Redmi Note 5 bernama Chadra Dicky R. Ia menyebutkan bahwa ponselnya meledak ketika melakukan pengisian daya.

Melalui akun Facebooknya ‘Chadra Dicky R’, ia membagikan potret ponselnya yang telah meledak tersebut, yang kemudian dibagikan oleh akun MI Fans Indonesia.

Mengetahui kabar tersebut, Xiaomi Indonesia pun langsung menanggapinya dan kemudian mengganti produk yang meledak itu.

Selain itu, Xiaomi juga melakukan investigasi terkait produknya yang dilaporkan meledak, untuk mengetahui penyebab produk buatannya meledak.

“Kami ingin menekankan, keamanan pengguna merupakan hal yang sangat penting bagi kami,” begitu tanggapan pihak Xiaomi kepada Mi Fans Indonesia.

2. Motorola Droid 2

Insiden ponsel meledak
Sumber : dailymail.co.uk

Insiden kedua yang tidak kalah menyita perhatian adalah Motorola Droid 2, yang terjadi pada tahun 2010 silam. Dimana ponsel ini meledak saat digunakan oleh seorang pria bernama Aron Embry, dari Texas.

Kejadian itu berawal ketika dirinya tengah melakukan panggilan menggunakan ponsel bermerek Motorola itu. Ia tidak menyadari bahwa ponselnya telah meledak, seperti yang tertulis pada laman Phone Arena.

Namun ia baru menyadari setelah ia melihat dirinya di sebuah cermin. Ia menemukan telinganya bercucuran darah. Dan saat ia melihat ponselnya, ia menyadari bahwa ponselnya sudah meledak.

Sama halnya dengan Xiaomi, pihak Motorola juga menyatakan bahwa keselamatan konsumen adalah prioritas tertinggi. Dan mereka akan menghubungi Embry untuk melakukan penyelidikan.

3. HTC Desire 10 Pro

Insiden ponsel meledak
Sumber : gogi.in

Seperti yang dilansir dari laman Tribunnews, ponsel ini meledak dan melukai seorang wanita asal India bernama Nindhi Kapoor.

Kronologi kejadiannya berawal ketika dirinya men-charger ponsel miliknya itu. Tapi siapa sangka, 10 menit kemudian tiba-tiba saja ponselnya meledak.

Berbeda dengan pihak Xiaomi dan Motorola, pihak HTC malah mengatakan bahwa insiden tersebut karena kelalaian pengguna yang mengangkat charger dan kabel dengan cara yang tidak pas.

Atas kejadian tersebut, terlepas dari versi siapa yang benar dan salah, kita sebagai konsumen hanya bisa lebih hati-hati lagi .

Terutama dalam menggunakan ponsel dan memilih ponsel mana yang patut kita percayai untuk keperluan kita dalam berkomunikasi.

4. Samsung Galaxy Note 7

Insiden ponsel meledak
Sumber : Daily Express

Insiden ponsel meledak ini terjadi pada tahun 2016 kemarin, dan membuat insiden ini terbilang paling banyak menyita perhatian, lantaran banyak kasus dari seri ponsel ini mengalami hal serupa.

Lantaran kasus tersebut, ponsel ini harus ditarik dari pasaran secara besar-besaran pada saat itu. Dan tentu saja pihak Samsung diklaim mengalami kerugian yang sangat besar. Yaitu sebesar Rp70 triliun seperti disebutkan Amazon.

5. Samsung Grand Duos

Insiden ponsel meledak

Selanjutnya masih dari brand yang sama, yaitu Samsung, namun dengan seri yang berbeda. Kejadian ini terjadi pada tahun 2017 kemarin, dimana korbannya adalah seorang pria yang terekam oleh CCTV.

Melansir dari laman liputan 6, dalam rekaman itu terlihat seorang pria yang tengah berdiri di lokasi Hotel Ciputra Semarang. Pria tersebut terlihat ingin mengambil ponsel yang berada di kantong depan pakaian yang ia kenakan.

Namun hal mengejutkan pun terjadi. Ponsel yang diambilnya itu meledak dan mengeluarkan api yang kemudian dengan cepat menjalar ke pakaian yang digunakan pria tersebut.

Orang di sekitar pun kemudian langsung membantunya. Ia pun segera melepas pakaian yang terbakar itu. Meski tak menderita luka serius, sebagian kecil pecahan ponsel masuk ke dalam mata pria tersebut.

Menurut kabar yang beredar, ponsel yang digunakan pria itu adalah Samsung Grand Duos.

6. iPhone 6

Sebuah video merekam momen saat sebuah iPhone 6 meledak di dalam mobil. Kejadian ini memaksa pengemudi keluar dari mobilnya karena api terus menyala dan semakin membesar.

Rekaman video insiden ponsel meledak ini dilaporkan oleh Asia Wire tepatnya 9 Agustus 2018. Video tersebut menunjukkan seorang wanita mengemudi di jalan Tol China yang cukup ramai.

Kejadian selanjutnya muncul api secara tiba – tiba dari iPhone 6 tersebut dan terjadi letusan, kemudian api semakin membesar.

Silahkan lihat videonya yang berdurasi 1 : 13 menit dibawah ini.

Itulah 6 Insiden ponsel meledak yang banyak menyita perhatian netizen.

Dan dari kasus-kasus yang terjadi seperti di atas, kita sebagai pengguna ponsel harus lebih memperhatikan kebijakan kita dalam menggunakan perangkat seluler yang kita pakai.

Jangan sampai kejadian di atas menimpa keselamatan kamu.

Dan yang paling penting, usahakan jangan beli ponsel KW dan ponsel rakitan yang belum resmi ijin peredarannya. Karena yang bermerk saja bisa meledak, apalagi yang abal-abal?


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang blogger yang memulai ngeblog pake hp.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close