Ingin Inspiratif dan Informatif di Facebook ? Begini Caranya

Jika dimanfaatkan dengan bijak. Facebook tentu dapat menjadi sarana terbaik bagi para pengguna untuk berbagai keperluan. Mulai dari keperluan menjalin silaturahmi antar sesama rekan, saudara bahkan menjadikan sumber inspiratif dan informatif dalam lingkungan kehidupan.

Bahkan, bagi Anda para pebisnis profesional, Anda dapat mengalokasikan dana untuk keperluan iklan di Facebook. Anda dapat menjalin partnership dengan Facebook untuk mempromosikan dan membranding produk bisnis Anda di Facebook.

Saya adalah salah satu pengguna aktif Facebook hingga saat ini. Artikel yang akan disajikan disini berupa opini yang mungkin saja dapat diperdebatkan.

Karena saya percaya bahwa masing-masing individu memiliki teknik dan cara sendiri dalam menggunakan Facebook untuk berbagai keperluan mereka, termasuk berbagai sumber inspiratif dan informatif.

Bila Anda adalah salah satu pembaca yang kebetulan belum pernah berpengalaman menggunakan Facebook. Dan telah membaca berbagai informasi tentang dampak positif dan dampak negatif Facebook. Sekarang, mungkin akhirnya Anda tertarik untuk mencoba menggunakan Facebook untuk keperluan Anda.

Jika Anda sudah berusia minimal 18 tahun, Anda dapat membuat akun Facebook sekarang. Berikut terlebih dahulu saya sajikan panduan atau cara membuat akun Facebook yang mudah dipahami dan diterapkan. Sehingga Anda dapat dengan mudah memiliki akun Facebook baru secara cepat.

Untuk dapat memiliki akun Facebook baru. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk membuat sebuah akun Facebook. Mengingat pengguna perangkat smartphone kini semakin mudah terkoneksi ke Internet untuk berbagai keperluan, salah satunya keperluan mengakses Facebook.

Berikut saya sajikan bagaimana tahap demi tahap untuk membuat akun Facebook baru yang bisa Anda terapkan langsung pada smartphone canggih Anda.

Cara Membuat Facebook Baru Lewat HP Pintar atau Smartphone

Tahap Awal, Persiapan

Tahap awal untuk mendaftar atau membuat facebook baru, pastikan smartphone atau hp pintar Anda terhubung ke internet. Pastikan Anda juga memiliki email aktif. Untuk pengguna Android, Anda bisa siapkan akun Gmail yang sama waktu Anda mendaftarkan akun pada perangkat untuk mengakses Google Play Store.

Tahap Kedua, Mengakses Halaman Pendaftaran Facebook

Setelah smartphone atau hp pintar Anda dipastikan terhubung ke internet dan telah mempersiapkan akun Gmail Anda. Selanjutnya, silahkan akses halaman pendaftaran Facebook. Buka salah satu browser favorit di smartphone atau hp Anda. Lalu, ketik alamat website www.facebook.com untuk memulai proses pembuatan akun Facebook. Selanjutnya tekan tombol “Buat Akun” pada halaman pendaftaran Facebook.

Tahap Ketiga, Memasukan Data Ke Kolom Pendaftaran Facebook

Silahkan masukan beberapa data yang dibutuhkan ke dalam kolom pendaftaran Facebook. Masukan atau ketik nama lengkap, alamat email, jenis kelamin, tanggal lahir, dan password atau kata sandi baru yang kuat namun mudah diingat. Selanjutnya tekan tombol “Daftar“.

Tahap Akhir, Mengaktifkan Akun Facbook Baru Anda

Untuk menyelesaikan proses pendaftaran Facebook dan mengaktifkan akun Facebook baru yang sudah Anda buat. Anda perlu memasukan 6 digit kode yang dikirim oleh Facebook ke email Anda.

Cek kode konfirmasi yang dikirim Facebook di kotak masuk email yang Anda gunakan saat mendaftar Facebook. Lalu masukan 6 digit kode ke kolom konfirmasi, dan pilih “Lanjutkan

Sampai di sini proses mendaftar atau membuat Facebook baru telah selesai dilakukan. Anda dapat langsung menggunakan akun Facebook tersebut.

Rancang Akun Facebook Baru Anda Agar Inspiratif dan Informatif

Agar penggunaan Facebook benar-benar optimal. Sebagai pengguna baru, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Diantaranya adalah merancang akun Facebook baru Anda agar inspiratif dan informatif. Bagaimana caranya ? pastikan Anda tetap dalam posisi santai agar dapat melanjutkan membaca seluruh postingan ini hingga akhir, dan mendapatkan jawabannya.

Untuk menjadi sosok yang inspiratif di Facebook bukanlah pekerjaan yang sulit. Caranya cukup mudah, dan, jika dilakukan dengan baik dan benar bukan tidak mungkin Anda akan menginspirasi banyak orang di Facebook.

Bagi saya foto profil dan sampul halaman akun Facebook adalah dua bagian yang terpenting. Sebaiknya optimalkan dua bagian penting ini. Anda tidak dilarang untuk menggunakan foto terbaik sebagai foto profil, dan menggunakan desain sampul halaman yang mengesankan.

Hal ini mungkin bisa saja terkesan pencitraan bagi sebagian orang. Itu tidak sepenuhnya salah, karena pada dasarnya manusia selalu ingin melakukan hal-hal baik, terlebih untuk dirinya sendiri. Karena setiap perbuatan baik akan memberi dampak yang baik pula. Sangat jarang perbuatan buruk akan memberikan dampak yang baik.

Jadi saya sangat menyarankan Anda untuk tetap menggunakan foto profil terbaik yang jelas. Dan melengkapi sampul halaman Facebook Anda dengan gambar yang mengesankan dan eye catching.

Tips Membuat Foto Profil Facebook Keren

inspiratif dan informatif facebook

Untuk dapat membuat foto profil yang terbaik dan jelas, caranya cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan fitur kamera pada smartphone canggih yang Anda miliki. Agar hasil foto maksimal tidak ada salahnya jika Anda membaca beberapa tips selfie terbaik dari beberapa sumber yang tersedia di Internet. Atau Anda juga bisa membaca tips selfie yang keren yang pada postingan sebelumnya.

Melalui tips selfie tersebut Anda dapat mengetahui beberapa pose foto selfie yang populer. Anda dapat memilih salah satu gaya yang menurut Anda benar-benar mudah dan nyaman untuk diterapkan.

Setelah sesi foto selesai dilakukan, selanjutnya silahkan upload foto profil terbaik Anda. Langkah upload foto profile Facebook cukup mudah. Anda cukup klik foto profil, untuk menampilkan pilihan menu pengaturan foto profil.

Anda bisa mengambil foto profil langsung dari perangkat ponsel pintar. Namun karena Anda telah melakukan foto selfie terlebih dahulu. Silahkan pilih menu unggah foto profil Anda.

Pilih file foto yang telah disiapkan, lalu klik “Upload atau Unggah“. Facebook memiliki fitur canggih untuk memudahkan menyesuaikan foto profil Anda yang diupload sesuai ukuran standar yang dibutuhkan.

Setelah foto profil Facebook berhasil Anda perbaharui, langkah selanjutnya adalah melengkapi halaman sampul Facebook Anda dengan gambar dengan desain yang menarik dan eye catching.

Ukuran gambar sampul Facebook

Pada bagian penguploadan gambar sampul Facebook, foto atau gambar sampul juga dapat disesuaikan secara otomatis oleh Facebook. Hanya saja ketentuan ukuran standar untuk sampul Facebook sedikit berbeda dengan foto profil.

Gambar untuk foto sampul berukuran lebih besar dari foto profil Facebook. Saya biasa menggunakan ukuran 851 x 315 piksel. Saya tidak memiliki banyak pengalaman dalam desain grafis.

Tapi internet memang selalu mempermudah kita, apalagi bagi Anda yang ingin belajar. Anda bisa belajar banyak hal melalui internet. Salah satunya belajar desain gambar untuk sampul Facebook.

Anda bisa melihat beberapa contoh desain sampul beberapa rekan atau figur profil Facebook lain terlebih dahulu.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan inspirasi desain, atau bisa juga mengikuti contoh desain sampul rekan atau figur profil Facebook.

Canva sebagai media desain online terbaik, mudah dan cepat

Atau Anda bisa menerapkan cara yang biasa saya lakukan untuk mendesain gambar sampul Facebook agar lebih terlihat inspiratif dan informatif. Saya menggunakan situs Canva sebagai media desain online terbaik, mudah dan cepat.

Melalui situs Canva, Anda dapat mendesain gambar segala ukuran untuk berbagai keperluan termasuk gambar untuk sampul Facebook. Canva telah menyediakan segala elemen desain yang diperlukan. Mulai dari elemen background, font, ikon dan lainnya.

Gambar untuk sampul Facebook dapat Anda buat menggunakan Canva secara cepat dan mudah, sekalipun Anda belum banyak memiliki pengalaman desain. Bahkan melalui Canva Anda bisa menemukan inspirasi desain, karena memang disediakan oleh Canva. Bahkan Anda bisa menggunakan inspirasi desain tersebut.

Untuk menggunakan Canva, Anda perlu memiliki Akun Canva. Anda dapat melakukan registrasi dengan dua cara, cara pertama dengan cara mendaftarkan dengan memasukan Nama, Alamat Email, User dan Password. Dan cara yang kedua, mendaftar dan masuk ke situs Canva menggunakan Akun Facebook yang telah selesai Anda buat sebelumnya.

Setelah berhasil mendaftar, selanjutnya Anda dapat membuat gambar sampul Facbook dengan desain yang berkualitas keren dan terbaik. Hasil desain yang Anda buat melalui Canva dapat di unduh secara gratis. Format file gambar dapat berupa .jpg atau .PNG. Anda dapat memilih diantara keduanya sesuai kebutuhan, untuk selanjutnya digunakan sebagai foto sampul Facebook.

Berikut salah satu contoh foto atau gambar sampul Facebook yang telah dirancang menggunakan Canva :

Foto profil terbaik yang jelas yang dipadukan gambar sampul dengan desain keren yang khas. Tentu akan membuat halaman Facebook Anda tampil menarik dan beda.

Selain mempermudah rekan atau orang lain untuk mengetahui profil Facbook Anda. Foto profil dan sampul Facebook juga dapat menjadi hal yang menarik untuk dikunjungi dan dilihat oleh rekan atau orang lain sesama pengguna Facebook.

Bukan tidak mungkin foto profil dan sampul Facebook dapat menginspirasi mereka. Mulai dari sekedar berdecak kagum melihat hasil karya desain yang telah Anda buat menggunakan fitur kamera canggih dan bantuan situs Canva.

Hingga mungkin membuat rekan atau pengguna sesama Facebook mendapatkan inspirasi desain baru yang inspiratif dan informatif. Selanjutnya menerapkan hal yang sama pada profil dan sampul halaman akun Facebook mereka.

Setelah foto profil dan sampul Facebook selesai diperbaharui. Selanjutnya ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama menggunakan Facebook.

Mulai dari sekedar membuat status, hingga aktivitas yang terbaru yaitu berbagi kegiatan positif Anda menggunakan fitur Facebook Live. “Seru sekali kan”

Berbagi konten yang berisi informasi bermanfaat

inspiratif dan informatif

Anda juga dapat berbagi konten yang berisi informasi bermanfaat yang mungkin dibutuhkan oleh rekan-rekan sesama pengguna Facebook.

Sehingga tidak hanya Anda, wawasan dan pengetahuan rekan-rekan Anda sesama pengguna Facebook juga dapat bertambah setelah membaca konten yang Anda bagikan.

Ada beragam jenis informasi yang bisa Anda bagikan, mulai dari informasi peristiwa, informasi kondisi lalu lintas, informasi tempat kuliner yang enak, hingga berbagai informasi yang berisi tips atau solusi dari sebuah permasalahan yang banyak dialami orang.

Selain informasi tersebut ada banyak jenis informasi yang bisa anda bagikan. Bahkan mungkin saja anda bisa menemui informasi atau status dari beberapa pengguna akun Facebook yang terkadang sifatnya negatif di Facebook.

Saya sangat menyayangkan hal ini, dan tidak merekomendasikan untuk dilakukan oleh para calon pengguna Facebook yang inspiratif dan informatif.

Anda dapat menerapkan beberapa cara agar menjadi pengguna Facebook yang informatif dan bertanggung jawab. Jangan tergesa-gesa untuk membagikan atau share.

Sebaiknya baca terlebih dahulu seluruh informasi yang ingin Anda bagikan. Setelah selesai membaca, tetap jangan tergesa-gesa untuk membagikan.

Baca ulang informasi tersebut dari beberapa sumber lainnya. Bila informasi berupa berita atau peristiwa, Anda dapat memastikan kebenaran peristiwa seperti lokasi kejadian, jam dan waktu, serta keterangan nara sumber.

Pastikan informasi berita dan peristiwa dari beberapa sumber benar-benar memiliki kecocokan terutama pada poin-poin yang telah disebutkan sebelumnya.

Jika informasi yang ingin Anda bagikan berupa tips atau solusi. Pastikan Anda membagikan informasi tips atau solusi yang benar-benar menjawab atas permasalahan yang dihadapi.

Anda bisa menerapkan tips atau solusi itu terlebih dahulu. Sehingga ketika informasi atau tips yang Anda bagikan juga diterapkan oleh orang lain, maka informasi tips dan solusi tersebut juga membantu mereka menyelesaikan masalah.

Nah itulah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar Anda tetap inspiratif dan informatif selama menggunakan Facebook.

Related Posts

About The Author

Add Comment