Internet

Instagram Bakal Kehadiran Fitur untuk Ajukan Banding Akun

Ketika sebuah akun melanggar kebijakan yang dibuat oleh Instagram, maka akun tersebut akan dinonaktifkan. Sebagian pengguna ada yang mengetahui kesalahan yang mereka lakukan hingga akhirnya akun dinonaktikan.

Namun, tak sedikit pula pengguna yang tidak mengetahui alasan akun mereka dinonaktifkan. Guna menghindari masalah yang demikian, media sosial yang bernaung di bawah Facebook itu memutuskan untuk meluncurkan fitur baru.

Fitur baru yang diluncurkan pihak Instagram ini akan memungkinkan para pengguna untuk mengajukan banding terhadap akun mereka yang dinonaktifkan, sehingga akun nantinya akan bisa kembali lagi ke tangan mereka.

Baca juga: Instagram Punya Fitur Kelola Akun yang Diikuti, Sudah Tahu?

Penampakan Fitur Banding Akun Instagram

Seperti yang Anda lihat dalam urutan di atas, fitur banding akun akan memungkinkan para pengguna yang akunnya telah dinonaktifkan oleh pihak Instagram untuk meminta peninjauan keputusan ketika mereka mencoba untuk masuk.

Ketika Anda memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda, Anda akan melihat peringatan yang memberi tahu Anda bahwa akun akan dihapus dalam waktu 30 hari. Di waktu 30 hari itu, Anda memiliki beberapa opsi dalam pengajuan banding, yaitu unduh data atau minta tinjauan.

Ketika Anda mengetuk minta tinjauan, Anda akan dibawa ke halaman baru di mana Anda harus memasukkan nama lengkap, email, dan alasan mengapa Anda berpikir Instagram telah melakukan kesalahan dalam menonaktifkan akun Anda. Setelah itu, Instagram akan melakukan peninjauan yang membutuhkan waktu hingga 24 jam.

Baca juga: Pendapatan Instagram Kalahkan YouTube, Benarkah?

Ini Adalah Kabar Baik

Kehadiran fitur banding di Instagram ini merupakan kabar baik yang cukup menggembirakan bagi para pengguna. Pasalnya, dengan kehadiran fitur tersebut, para pengguna akan lebih mudah dalam menghubungi pihak Instagram untuk mengembalikan akunnya.

Instagram tidak hanya menambahkan fitur yang memungkinkan para pengguna untuk mengajukan banding. Namun mereka juga menyediakan fitur untuk melacak setiap laporan yang sudah para pengguna kirimkan via aplikasi.

Seperti yang Anda lihat dalam urutan di atas, laman bantuan Instagram Anda akan kedatangan fitur baru, yaitu support requests. Dengan mengetuk support requests, maka Anda akan dapat melihat daftar lengkap dari laporan apa pun yang telah Anda kirimkan via aplikasi.

Silakan ketuk salah satu laporan, dan Anda akan dapat melihat info lebih lanjut sudah sejauh mana pihak Instagram menangani laporan Anda. Jika laporan Anda sudah ditinjau oleh pihak Instagram, maka akan terdapat bilah hijau dengan keterangan in review atau dalam tinjauan.

Baca juga: Evan Spiegel: TikTok Bisa Lebih Besar dari Instagram

Untuk fitur banding dan juga pelacakan laporan, fitur tersebut akan segera hadir dalam beberapa minggu mendatang. Fitur banding dan pelacakan laporan sendiri dihadirkan oleh pihak Instagram bertepatan dengan Hari Aman Berinternet Sedunia.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close