Internet

Instagram Sedang Garap Reaksi Video di Platform IGTV

Juni 2018 lalu, pihak Instagram telah meluncurkan fitur baru bernama IGTV. IGTV sendiri bukan hanya sebuah fitur yang disematkan di platform Instagram, namun IGTV juga hadir secara terpisah karena pihak Instagram sudah menjadikan IGTV sebagai aplikasi mandiri.

Ketika resmi diluncurkan, IGTV dipercaya mampu berbicara banyak, bahkan sebagian percaya jika IGTV akan mampu menggoyang dominasi YouTube yang sampai saat ini masih menjadi platform berbagi video yang paling diminati.

Baca juga: Baru Saja Meluncur, Bisakah IGTV Menyaingi YouTube?

IGTV Tidak Sesuai Harapan

Meski di awal kemunculannya sempat digadang-gadang mampu menyaingi YouTube, namun faktanya IGTV tidak mampu berbicara banyak. Bahkan, pada tahun lalu pihak Instagram resmi mencopot tombol IGTV di platform utama.

“Karena kami terus berupaya mempermudah orang untuk membuat dan menemukan konten IGTV, kami telah belajar bahwa sebagian besar orang menemukan konten IGTV melalui pratinjau di feed, saluran IGTV di explore, profil pembuat, dan aplikasi mandiri. Sangat sedikit yang mengklik ikon IGTV di sudut kanan atas layar utama di aplikasi Instagram,” ucap Juru Bicara Facebook.

Meski menghilangkan tombol IGTV, para pengguna saat ini tetap bisa menemukan konten IGTV di feed, explore, profil pembuat, dan juga aplikasi mandiri. Pihak Instagram sendiri pada Februari lalu juga sudah menguji coba fitur monetisasi di platform IGTV yang memungkinkan para pengguna mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Tak Diminati Para Pengguna, Instagram Pilih Hapus Tombol IGTV

Instagram Garap Reaksi Video di IGTV

Usai menguji coba fitur yang memungkinkan para pengguna bisa mendapatkan penghasilan dari IGTV, pihak Instagram kembali mengujicobakan fitur baru di platform mandirinya tersebut. Fitur baru yang dimaksud adalah fitur reaksi video.

Jadi, fitur reaksi video adalah fitur yang memungkinkan para pengguna untuk memberikan reaksi berupa video. Dengan menghadirkan fitur reaksi video ini, nantinya para pengguna bisa memberikan respon terhadap konten IGTV yang mereka lihat dengan video mereka sendiri.

Baca juga: Kabar Gembira, IGTV Bakal Hasilkan Uang untuk Kreator Konten

Usut punya usut, fitur yang sedang digarap oleh pihak Instagram untuk IGTV ini merupakan fitur yang mereka tiru dari TikTok. Sebelumnya, TikTok juga sudah menghadirkan fitur reaksi video di platformnya. Namun apa yang dilakukan pihak Instagram ini tidak terlalu mengejutkan mengingat mereka memang kerap meniru fitur lain dari media sosial pesaingnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close