Internet

Instagram Tambahkan Opsi Seri IGTV untuk Mengkategorikan Video

Kreator Bisa Buat Video Per Episode

Ketika membahas Instagram, khususnya ketika mereka diketahui meluncurkan fitur baru atau sedang menguji coba fitur baru, maka pembaruan yang paling banyak dilakukan ada pada aplikasi utama atau yang lebih spesifiknya adalah Instagram Stories.

Baca juga: Instagram Tambahkan Mode Baru untuk Stories, Sudah Tahu?

Namun, dalam minggu ini, Instagram telah menambahkan opsi seri IGTV, sebuah fitur baru yang memungkinkan para kreator untuk membagikan video mereka ke dalam koleksi khusus atau per episode.

Opsi Seri IGTV Tiru Snapchat?

Usut punya usut, ternyata fitur opsi seri IGTV ini terinspirasi dari pesaing Instagram, yaitu Snapchat. Snapchat memiliki fitur serupa yang bernama “Snap Originals” yang di dalam fitur tersebut, para pengguna bisa membuat konten pendek ala TV.

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Fitur IGTV di Instagram

Saat ini, Snap Originals telah memiliki 100 saluran yang jumlah penonton setiap bulannya mencapai puluhan juta. Dan seperti yang sudah diketahui, ketika Snapchat menghadirkan fitur baru yang sukses di pasaran, maka pihak Instagram pun tidak tinggal diam dan mereka berusaha untuk menirunya agar kesuksesan beralih ke mereka.

IGTV Belum Sesuai Harapan?

Ketika diluncurkan pada Juni 2018, IGTV digadang-gadang bisa menyaingi YouTube. Namun hal yang demikian itu tidak benar-benar terjadi, karena sampai saat ini IGTV justru jarang digunakan oleh para pengguna.

Ketika membuka aplikasi Instagram, kebanyakan para pengguna lebih memilih untuk mengakses Instagram Stories. Pihak Instagram pun ketika melakukan pembaruan juga lebih banyak melakukan pembaruan di aplikasi utama, khususnya di Instagram Stories.

Baca juga: Baru Saja Meluncur, Bisakah IGTV Menyaingi YouTube?

Usai mendengar keberhasilan Snapchat yang sukses meraup puluhan juta penonton melalui “Snap Originals,” nampaknya pihak Facebook mulai kepanasan. Hasilnya, mereka pun langsung melakukan pembaruan di IGTV agar bisa menyaingi Snapchat.

Jika Anda seorang kreator di IGTV, tentu kehadiran opsi seri adalah hal yang menggembirakan karena dengan opsi tersebut, jumlah penonton bisa semakin bertambah karena mereka akan siap sedia menunggu kelanjutan video atau konten yang sudah Anda buat.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close