Internet

Instagram Uji Coba Sembunyikan Like Secara Global

Beberapa hari yang lalu, pihak Instagram telah mengumumkan kepada publik bahwasanya Amerika Serikat akan menjadi negara kedelapan sebagai tempat pengujicobaan penyembunyian like. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Adam Mosseri di Konferensi WIRED25, Jum’at (08/11/19).

Baca juga: Penyembunyian Like di Instagram Diperluas, Tanda Segera Hadir?

Namun tak berselang lama, pihak Instagram melalui akun Twitter resminya kembali memberikan pengumuman terkait penyembunyian like di mana mereka akan menerapkannya secara menyeluruh atau global di berbagai negara.

Pihak Instagram mengatakan:

“Walaupun umpan balik dari pengujian awal di Australia, Brasil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang, dan Selandia Baru positif, ini merupakan perubahan mendasar bagi Instagram, dan karenanya kami melanjutkan pengujian kami untuk belajar lebih banyak dari komunitas global kami.”

Adam Mosseri: Uji Coba untuk Mengurangi Tekanan

Kepala Instagram Adam Mosseri telah berulang kali mengatakan bahwa uji coba ini dirancang untuk mengurangi tekanan pada kreator Instagram, dan ukuran sebenarnya dari keberhasilan uji coba ini akan terkait dengan bagaimana hal itu berdampak pada orang secara emosional.

Penyembunyian like nampaknya memang akan segera diterapkan di platform Instagram. Pasalnya, uji coba yang tadinya hanya dilakukan di tujuh negara bertambah menjadi delapan negara, kemudian diperluas lagi hingga menjangkau global.

Umpan balik positif yang didapat dari tujuh negara nampaknya benar-benar membuat Mosseri semakin bersemangat untuk segera menerapkan penyembunyian like di platformnya meskipun di luaran sana ada banyak kritikan yang bermunculan.

Baca juga: Instagram Hapus Jumlah Like di Postingan, Siapa Saja yang Dirugikan?

Like Disembunyikan Secara Global, Indonesia Termasuk?

Indonesia juga sudah termasuk menjadi tempat uji coba penyembunyian like. Hari ini, kabar terkait penyembunyian like Instagram yang terjadi di Indonesia pun juga sudah ramai diperbincangkan. Namun, terkait penyembunyian ini tidak semua pengguna bisa merasakannya.

Maksudnya adalah uji coba penyembunyian like tidak dilterapkan kepada seluruh pengguna Instagram yang ada di Indonesia. Uji coba hanya dilakukan kepada sebagian pengguna saja. Hasilnya, ada pengguna yang tidak bisa melihat jumlah like dari orang lain dan ada yang masih bisa melihatnya.

Baca juga: Tiru Instagram, Facebook Juga Akan Sembunyikan Jumlah Like

Anda sendiri yang ingin mengetahui apakah termasuk ke dalam pengguna terpilih, maka Anda bisa membuka akun Instagram Anda, kemudian silakan cari postingan milik orang lain. Apabila jumlah like tidak terlihat, maka Anda termasuk pengguna terpilih. Namun apabila Anda tetap bisa melihat jumlah like dari postingan orang lain, maka Anda bukanlah pengguna terpilih.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close