InternetTekno

Resmi, Singapura Jadi Negara dengan Internet 4G Tercepat di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Baru – baru ini, Opensignal merilis daftar studi mengenai kecepatan dan ketersediaan internet 4G dari beberapa negara. Dari hasil laporan terbaru, Singapura menjadi negara dengan internet 4G tercepat di dunia yang memiliki kecepatan rata-rata 44,31Mbps.

Sementara untuk posisi kedua adalah negara Belanda dengan kecepatan 4G maksimal mencapai 42,12Mbps. Disusul oleh Norwegia dengan kecepatan 41,20Mbps yang menjadikannya sebagai negara dengan internet 4G tercepat di dunia pada urutan ke tiga.

Opensignal sendiri kini menjadi standar global untuk pengalaman mobile yang dipercaya oleh banyak konsumen, dan pemangku kepentingan industri. Studi ini dilakukan dengan cara modern dan terbukti untuk mengukur kinerja jaringan seluler.

Perlu diketahui, studi riset untuk pengukuran ini hanya dilakukan untuk jaringan 4G LTE saja. Riset yang bertajuk “The State of LTE’ ini dilakukan mulai 1 Oktober hingga 29 Desember 2017.

OpenSignal melaporkan bahwa kecepatan internet 4G untuk tiap negara sebenarnya tergantung dari beberapa faktor, diantaranya adalah perangkat teknologi, spektrum yang digunakan dan kepadatan penggunan dalam jaringan 4G.

OpenSignal juga menganalisa kecepatan rata-rata dari proses pengunduhan untuk tiap negara saat terhubung dengan jaringa 4G LTE.

Bagaimana dengan kecepatan internet 4G di Indonesia?

Negara dengan Internet Tercepat di Dunia
Image from opensignal.com

Dilansir dari situs OpenSignal, Sabtu (23/2/2018) ternyata kecepatan internet 4G Indonesia berada di posisi 85 dari 88 negara yang masuk dalam daftar riset ini, dengan hasil rata – rata mencapai 8,92Mbps.

Meskipun menjadi urutan ke 3 dari belakang dari beberapa negara dengan internet 4G tercepat di dunia, ternyata kecepatan internet Indonesia mengalami peningkatan dari laporan sebelumnya, yaitu 7,71Mbps.

Dalam riset ini juga melaporkan bahwa kecepatan internet 4G untuk sejumlah negara juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari negara – negara yang mempunyai kecepatan rata-rata 30Mbps sudah menjadi 18 negara, yang sebelumnya tercatat 13 negara.

Sementara itu, negara dengan kecepatan internet rata-rata mulai 20Mbps juga mengalami kenaikan, yang sebelumnya hanya 55 persen, saat ini jumlahnya mencapai 60 persen.

Baca juga : 10 Negara dengan Jaringan Wi-Fi Tercepat di Dunia

Negara dengan ketersediaan jaringan 4G

Dari sisi ketersediaan 4G, negara Korea Selatan masih menduduki nomor wahid. Ketersediaan internet cepat di negara ini mencapai 97,49 persen.

Sedangkan pada urutan kedua adalah negara Jepang dengan ketersediaan 94,70 persen, dan disusul oleh Norwegia dengan 92,16 persen.

Untuk Indonesia sendiri berada pada posisi ke-52 dengan persentase 72,39 persen. Untuk hasil ini, situs OpenSignal mengukur dengan patokan proporsi waktu pengguna yang memiliki akses ke jaringan tertentu.

Referensi lain : Begini Cara Mengatasi Sinyal 4G Mendadak Hilang di Smartphone


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close