Tekno

iOS 10 Meluncur di Indonesia, Ini Info Keunggulannya dan Cara Updatenya !

Update iOS 10 di Indonesia – Setelah sekian lama menunggu sejak pertama kali diperkenalkan oleh Apple di Ajang WWDC 2016 di San Francisco, AS, pada pertengahan Juni lalu, iOS 10 versi final, akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia, pada Rabu, 14/9/2016.

iOS 10 saat ini sudah dapat digunakan seluruh pemilik perangkat Apple di Indonesia, mulai dari pemilik iPhone 5, iPad Pro, iPad generasi ke-empat, iPad mini 2, iPhone touch generasi ke-enam.

Sebelum mengetahui apa saja keunggulan fitur yang ditawarkan pada iOS 10 dibandingkan versi sebelumnya, sebagai referensi tambahan. Tidak ada salahnya jika kita mengetahui apa sih itu iOS, dan apa perbedaan dan persamaan antara iOS dengan OS Android.

Foto : Telegraph via Googleimage
Foto : Telegraph via Googleimage

 

Apa itu iOS ?

iOS adalah sebuah sistem operasi premium eksklusif yang dirancang dan dikembangkan oleh Apple Inc, untuk hanya dapat digunakan pada seluruh perangkat mobile Apple. Selain komputer Apple, seperti : iPhone, iPod Touch, iPad dan Apple TV.

iOS diluncurkan pertama kali oleh Apple pada 29 Juni 2007, tepatnya sembilan tahun yang lalu. Interface atau biasa juga kita kenal dengan sebutan antarmuka iOS. Dirancang dengan konsep manipulasi langsung dengan memanfaatkan gerakan multisentuh.

Untuk mengontrol dan melakukan interaksi pada antarmuka ini, Apple menggunakan teknik slider, switch, tombol, geser, sentuh, jepit dan jepit buka. Nah, dalam bahasa yang lebih sederhana, iOS adalah sistem operasi mobile yang lainnya, selain dari OS Android.

Perbedaan iOS dengan OS Android

Meski sama-sama merupakan sistem operasi mobile, namun pada kenyataannya iOS sangat berbeda dengan OS Android.

iOS dirancang oleh Apple secara khusus untuk perangkat mobile Apple saja, dan tidak dapat dijalankan atau diinstal pada perangkat keras non Apple.

Loading...

Sementara OS Andorid yang dirancang oleh Google menggunakan sistem open source Linux, dapat diinstal pada berbagai perangkat keras mobile (tablet dan smartphone) dari berbagai merek.

iOS dirancang menggunakan bahasa C, C ++, Objective-C dan Swift. Sementara OS Android, dibuat dengan bahasa C (inti, C++ dan java (UI).

Persamaan iOS dang OS Android

Selain sama-sama sebagai sistem operasi mobile, iOS juga memiliki kesamaan dengan Android. Pada iOS 7, kesamaan antarmuka dengan OS Android sangat terlihat jelas.

Pada sisi Lockscreen, iOS 7 menggunakan mode slide to unlock. Android pun demikian, hanya saja mode ini mendapatkan tambahan fungsi lain, seperti jalan pintas ke kamera atau jalan pintas untuk melakukan panggilan cepat.

Fitur AirDrop pada iOS 7 dan dan Android Beam pada OS Android, sama-sama memanfaatkan atau memakai fungsi (Near-Field Communication) NFC, ketika melakukan transfer secara wireless.

InfoiOSAndroid OS
PengembangApple IncGoogle
Tanggal Peluncuran29 Juni 200723 September 2008
Rilis terbaruiOS 106.0 Marshmallow
Tipe SistemClosed SourceOpen Source
Jumlah Dukungan Bahasa3476
LisesnsiProprietary EULALisensi Apache 2.0 GNU GPL

 Keunggulan Fitur iOS 10 di Indonesia

Apple menegaskan bahwa iOS 10 dipastikan lebih besar, lebih ekspresif, lebih indah, dan pastinya lebih aman bila dibandingkan dengan versi iOS, yang sudah dirilis lebih dulu sebelumnya.

Dibandingkan dengan versi sebelumnya, iOS 10 di Indonesia, telah mendapatkan pembaharuan secara besar-besaran pada sisi multimedia, fungsi maps, messagging, dan sistem kontrol.

Dari sisi multimedia

Dari sisi multimedia, pembaharuan besar bisa langsung dirasakan ketika anda menggunakan Apple Musik untuk memutar dan mendengarkan musik.

Musik pada iOS 10 “For You” sudah dirancang ulang, dan benar-benar tampil beda bila dibandingkan dengan versi iOS 9. Dengan iOS 10, anda sangat mungkin untuk mendapatkan pengalaman baru dalam menikmati lagu-lagu di perangkat mobile. iOS 10, memungkinkan anda mendengarkan lagu sambil melihat liriknya secara langsung.

Desain antarmuka For You atau Apple Music lebih segar, rapih, teratur, dan dapat menampilkan daftar musik atau playlist music, yang benar-benar sesuai dengan referensi pengguna dengan cepat.

Apple Photos lebih sempurna karena kemampuan mengenal wajah dan pengenalan objek sudah lebih diperkuat.

Aplikasi foto iOS juga didukung dengan fitur unggul baru yang bernama “memories”. Foto-foto anda diorganisir dengan sangat rapih berdasarkan momen, lokasi, objek yang ada di dalam foto, dan orang yang difoto. Memories, benar-benar memberikan anda pengalaman baru dalam melakukan pencarian dengan cara yang lebih mudah dan cepat.

Dari sisi fungsi maps

Maps atau peta, tidak lagi hanya menampilkan petunjuk arah. Tapi, iOS 10 benar-benar membuat fitur peta atau maps menjadi lebih fungsional. Pembaharuan yang bisa langsung dirasakan adalah peta tersebut juga dapat menampilkan tombol reservasi via aplikasi pihak ketiga OpenTable.

Selain itu peta pada iOS 10 juga lebih aktif dalam menyampaikan info saran untuk setiap pengguna, agar dapat mengetahui notifikasi jadwal kemana sebaiknya anda melakukan perjalanan hari ini, dan bagaimana cara tercepat menuju lokasi yang akan dikunjungi dalam jadwal.

Dari sisi messaging

iMessage Apple pada iOS 10, dibekali dengan pilihan emoji yang lebih banyak dan lengkap, dengan ukuran lebih besar dibandingkan pada versi sebelumnya.

Emoji pada iMessage benar-benar membantu anda dengan mudah mengganti kata dalam format yang lebih ekspresif, personal dengan sangat mudah dan cepat.

iMessage juga sudah terintegrasi dengan App Store, selain dapat melakukan komunikasi, anda juga dapat melakukan aktifitas lainnya seperti melakukan pengiriman pembayaran, mengirim jadwal makan malam dan jadwal film, mengirim stickers dan gif, bahkan mengedit foto.

Dari sisi antarmuka pengguna (user interface)

Berbeda dengan iOS 9, antarmuka pengguna atau user interface pada iOS 10 sudah didesain ulang oleh Apple, dan mendapatkan tambahan fitur baru Up and On.

Fitur ini dapat membuat layar perangkat Apple anda menyala otomatis ketika perangkat di angkat dari tempatnya.

Fitur kamera Apple juga dapat diakses dengan cara yang simple dan cepat, pengguna cukup melakukan swipe pada layar ke arah kiri, dan selanjutnya dapat mulai melakukan fotografi.

Dari sisi kontrol keyboard

Keyboard virtual iOS 10 diperbaharui menjadi benar-benar lebih cerdas dari versi sebelumnya. Fitur prediksi mampu menampilkan prediksi yang benar-benar kontekstual, sehingga, membuat semua pengguna dapat mengetik lebih mudah dengan sangat cepat.

Cara Update iOS 10

Kapasitas file iOS 10 di Indonesia sekitar 1 GB sampai dengan 2 GB, dan setiap pemilik gadget Apple di Indonesia dapat melakukan update versi iOS sebelumnya ke versi iOS 10 dengan dua cara berikut :

  1. Update iOS 10 dengan cara atau teknik over-the-air (OTA)
  2. Update iOS 10 dengan cara menghubungkan Gadget Apple ke Komputer (iTunes)

Update iOS 10 dengan cara OTA

Ini adalah cara yang paling banyak direkomendasikan untuk dipilih oleh seluruh pengguna iPhone, iPod Touch, iPad. Update iOS 10 dengan teknik over the air (OTA), tidak mengharuskan anda untuk menghubungkan perangkat ke komputer.

Anda cukup  melakukan update dengan cara masuk ke Menu Settings > General > Software Update, lalu tekan  Download dan Install. Lihat gambar : 

update-ios-10-via-ota
Foto : via Make Mac

Update iOS 10 dengan iTunes

Untuk memastikan iOS pada gadget Apple anda dapat diperbaharui, anda perlu menginstal aplikasi iTunes terbaru dulu pada komputer anda.

Setelah aplikasi iTunes berhasil terinstal pada komputer anda, hubungkan perangkat Apple anda ke komputer > lalu pilih ikon iPhone di bagian kiri atas layar, > lalu pilih summary,  > dan terakhir cukup klik Update. Seperti contoh gambar di bawah ini.

update iOS 10
Foto : via Make Mac

Nah, bagi anda pengguna Apple Indonesia yang ternyata masih mengalami kesulitan ketika melakukan update iOS 10 pada perangkat iPhone, iPad, atau iPod Touch dengan dua cara di atas, maka, silahkan ketahui cara update iOS 10 di Indonesia melalui video YouTube di bawah ini :

Sumber video : YouTube via StateofTech Channel

Terakhir, seluruh pengguna Apple di Indonesia juga sekarang dapat melakukan update iOS 10 dengan cara mengunjungi iBox (Apple Premium Reseller Indonesia) terdekat di kota mereka.

Referensi lain : Samsung Galaxy S3 Mini Review Harga dan Spesifikasi



Loading...

Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *