Tekno

iOS 9.3.4 Rilis, Perlukah Update?

iOS 9.3.4 Rilis, Perlukah Update? – Belum lama ini Team Pangu berhasil merilis Tools Jailbreak untuk iOS 9.3.3. Yang mana Tools Jailbreak kali ini hanya support untuk perangkat iOS 64-bit, artinya.. Untuk seri iPhone 5 ke bawah nggak akan bisa mencicipi jailbreak untuk iOS 9.3.3.. Hiks.. *ngelap air mata*

Namun, Tools Jailbreak kali ini hanya sampai Semi-Untethered, yang mana ketika iDevice kita ter-restart atau lowbat sampai mati ketika dihidupkan kembali akan kembali pada posisi non-jailbreak, namun untuk men-jailbreaknya kembali sangat mudah yakni tinggal tap pada app Pangu. Dan kabarnya Pangu tidak berniat untuk merilis versi Untethered-nya. Yaaahh.. Lebih baik kita tunggu saja di iOS 10 akan seperti apa.

Tepat tanggal 4 Agustus 2016 kemarin, Apple kembali merilis iOS terbarunya yakni iOS 9.3.4. Alasan Apple merilis iOS tersebut berkaitan dengan rilisnya jailbreak untuk iOS 9.2 – 9.3.3, yakni yang paling penting adalah untuk menambal celah keamanan di perangkat iOS. Namun, tidak ada fitur baru yang disertakan dalam pembaruan tersebut.

Cara Mengupdatenya

1. Via OTA (Over The Air)ios 9.3.4

Mengupdate iOS via OTA merupakan cara yang paling simple, kita hanya perlu mengupdatenya melalui menu Settings dan biasanya ukurannya tidak sebesar seperti kita mendownload link ipsw (FYI, ukuran iOS 9.3.4 via OTA hanya 18.5 MB). Caranya buka menu Settings > General > Software Updates > Download and Install. Pastikan koneksi internet kita stabil ya gan, agar tidak crash di tengah jalan.

Namun, jika agan ingin menjailbreak iDevice agan nantinya, saya sarankan untuk tidak menggunakan cara yang pertama ini. Silakan baca cara selanjutnya.

2. Via iTunesios 9.3.4

Kelebihan menggunakan iTunes adalah kita dapat mendownload terlebih dahulu link ipsw nya dan dapat menginstall sewaktu-waktu, serta minim terjadinya crash. Caranya sebagai berikut.

  1. Pastikan agan sudah menginstall iTunes di PC/laptop agan, jika belum agan dapat mendownloadnya disini.
  2. Download file ipsw nya terlebih dahulu, agan dapat mendownloadnya disini dan silakan sesuaikan dengan perangkat iOS agan, jangan sampai salah!
  3. Hubungkan iDevice ke PC/laptop menggunakan kabel USB.
  4. Klik pada ikon perangkat iOS.
  5. Sebelum mengupdate, agan bisa melakukan backup terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika mengalami kegagalan saat proses update dan tentunya data-data agan akan tetap aman.
  6. Silakan klik Pulihkan iPhone sambil menekan tombol Shift (untuk PC) atau tombol Option (untuk Mac), lalu klik pada file ipsw yang sudah didownload tadi.
  7. Silakan tunggu prosesnya sampai selesai. Selama proses usahakan tidak menyentuh/menggunakan perangkat iOS agan agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar.
  8. Selesai, untuk memastikan silakan cek versi iOS agan di Settings > General > About.

Baca Juga:

Perlukah Update iOS 9.3.4?

Kalau ini tergantung kepada agan masing-masing, memang tidak ada fitur baru yang disematkan pada pembaruan kali ini dan hanya dikhususkan untuk menambal celah keamanan saja. Kalau agan sangat memperhatikan keamanan iDevice agan silakan update, tetapi menurut saya lebih baik kita menunggu update yang lebih besar lagi perubahannya di iOS 10 nanti.

Loading...

Akhir Kata

Update atau tidak update? “IYA” untuk perangkat yang tidak kebagian tools jailbreak dan ingin meningkatkan keamanan di iDevicenya. “TIDAK” untuk agan yang sudah menjailbreak dan juga bagi agan-agan yang ingin mendapatkan pembaruan yang lebih besar di iOS 10 nanti.

Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data