Tekno

iPhone 11 Berhasil Kuasai Pasar Smartphone di Q4 Tahun 2019

Kantar Group telah merilis laporan pengiriman smartphone terbarunya dari periode Oktober hingga Desember 2019. Dalam laporannya tersebut, produk buatan Apple, yaitu iPhone 11 berhasil menguasai pasar smartphone.

Ponsel pintar besutan Apple tersebut menunjukkan kinerja yang baik dalam penjualan, khususnya di beberapa negara di mana iPhone 11 mampu menguasai pasar smartphone di pasar Eropa, AS, Jepang, dan juga Australia.

iPhone 11 Berbagi Pasar dengan Samsung

Dalam laporannya, Kantar Group mengungkapkan jika persentase pengiriman iPhone 11 di pasar Eropa mencapai 24,3 persen di kuartal keempat (Q4). iPhone 11 berhasil masuk di lima pasar utama Eropa, yaitu Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris.

Berkat keberhasilan tersebut, iPhone 11 berhasil menyumbang sekitar 10 persen dari semua pengiriman smartphone selama periode di Eropa dan juga AS. Sumbangan tersebut dua kali lipat dari pangsa pasar iPhone XR selama periode yang sama di tahun lalu.

Meski dalam hal penjualan mengalami hal positif, produk buatan Apple itu tidak benar-benar menguasai pasar karena mereka masih harus berbagi dengan Samsung, khususnya untuk kawasan Eropa dan juga AS di mana pihak Kantar mengungkapkan jika penjualan seri Galaxy A juga cukup baik.

Analis Kantar mencatat bahwa seri Galaxy A yang dari Samsung terjual cukup baik di AS, bahkan berhasil melakukan kanibalisasi penjualan terhadap seri Galaxy S dan Note. Secara keseluruhan, pangsa pasar Samsung di AS naik tipis.

Adapun untuk merek lain, khususnya di kawasan Eropa, Xiaomi berhasil naik peringkat setelah berhasil melakukan penjualan sebesar 7,2 persen dibandingkan tahun lalu. Pabrikan ponsel pintar asal China tersebut juga berhasil merebut pasar Eropa sebesar 14,2 persen tepat di belakang Huawei yang kehilangan 4,4 persen pasarnya.

Baca juga: Caviar Rilis iPhone 11 Pro yang Terbuat dari Setengah Kilogram Emas 18K

Pihak Kantar Group mengatakan jika pemimpin pasar smartphone untuk saat ini adalah Samsung dan juga Apple di mana Samsung berada di posisi pertama dan Apple di posisi kedua. Adapun untuk posisi ketiga, Kantar menempatkan Xiaomi.

Adapun untuk Huawei, pihak Kantar mengungkapkan jika pabrikan ponsel pintar pimpinan Ren Zhengfei itu lebih memfokuskan pasar China. Dan saat ini pun, Huawei memang menguasai pasar smartphone China dengan persentase sebesar 44,2 persen (termasuk persentase dari Honor).


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close