Review ProdukTekno

iPhone 8 vs iPhone 7 : Hadiah Istimewa Ulang Tahun Apple Ke-Sepuluh

Iphone 8 memang belum diluncurkan ke pasaran namun rumor mengenai spesifikasi ponsel kelas premium ini sudah beredar dimana-mana. Sebelumnya, perusahaan kelas kakap pemilik iPhone yaitu Apple telah meluncurkan iPhone 7. Ponsel pintar yang dinobatkan sebagai “aspek paling penting dalam pengalaman menggunakan iPhone” ini merupakan gebrakan baru di dunia teknologi ponsel.

Baca : Larangan Jual iPhone 7 BM untuk Tokopedia dan Situs Belanja Online Lainnya

Apple memang selalu membawa perubahan perubahan besar yang identik pada setiap peluncuran iPhone generasi baru. Desain yang eksklusif, mesin yang handal, sistem operasi yang mantap dan sparepart yang premium membuat ponsel pintar ini lebih dikenal sebagai “ponsel mahal” dikalangan pengguna smartphone.

Tahun depan, Apple akan merayakan ulang tahun yang ke sepuluh. Melalui isyarat isyaratnya, Apple menunjukkan bahwa akan ada sebuah persembahan hadiah khusus saat ulang tahunnya yaitu peluncuran iPhone yang akan sangat mengejutkan. Tentu saja iPhone yang dimaksud adalah iPhone 8.

Steve Jobs selaku pemilik Apple menerangkan bahwa dia sudah mempersiapkan generasi iPhone selanjutnya dengan berkolaborasi bersama pihak pihak lain. Anda penasaran dan ingin mengetahui apa saja yang akan muncul di iPhone 8 dan apa perbedaannya dengan iPhone 7? Berikut ini 9 hal yang akan membuat anda mempertimbangkan untuk menunggu iPhone 8:

Desain iPhone 8 vs iPhone 7

iPhone 8

Desain iPhone memang tidak pernah ada saingannya. Desain yang elegan, mewah dan sangat detail membuat semua orang terpesona. Setiap generasi, iPhone selalu memberikan sentuhan sentuhan baru yang lebih menarik. Bahkan sebelum anda memegangnya, anda akan merasakan bahwa ponsel pintar ini sangat berkelas. Dipadukan dengan softcase maupun hardcase apapun akan sangat cocok.

iPhone 7 yang telah resmi di luncurkan pada bulan September 2016 lalu adalah desain iPhone yang paling fresh dibandingkan versi sebelumnya. Body yang tipis dan beratnya yang hanya 138 gram sangat pas untuk digenggam dengan satu tangan. Kali ini tombol home di desain ulang dengan sangat menakjubkan dan ditambah dengan fitur fingerprint sensor. Ini adalah sistem keamanan yang sangat canggih tanpa mengganggu kenyamanan.

Loading...

Berbeda dengan iPhone 7, Apple akan membawa perubahan yang radikal pada desain iPhone 8. Generasi yang akan diluncurkan tahun 2017 ini akan di sesain sangat tipis tanpa disisipkan tombol home. Sehingga seluruh tampilan depan adalah layar. Selain itu casing yang diusung berbahan keramik sehingga akan memberikan tampilan yang sangat premium. Meskipun ini akan membuat anti cipratan air dan debu tetapi garansi iPhone akan hilang begitu saja apabila sudah berhubungan dengan air.

Display

iPhone 8

Harus diakui bahwa display layar iPhone memang yang terbaik dibandingkan dengan ponsel lain. Kualitas layar yang lembut dan warna yang disuguhkan memang tidak mengecewakan. Bahkan, anda tidak perlu membeli pelindung layar tambahan. Karena Apple sudah membekali iPhone dengan perlindungan layar yang anti gores bahkan dengan benda tajam.

iPhone 7 dibekali dengan layar LED-backlit IPS LCD capacitive touchscreen yang menyuguhkan 16M warna sehingga menghasilkan kualitas visual yang mengagumkan. Resolusi layar 750×1334 px menghasilkan tampilan yang jelas dan jernih bagaikan aslinya karena kerapatan layar mencapai 326 ppi. Apa yang disuguhkan pada layar iPhone 7 seperti sesungguhnya karena layarnya dibekali dengan Retina HD ditambah dengan teknologi 3D touch.

Apple memberikan bocoran bahwa iPhone genrasi selanjutnya akan dibekali dengan layar OLED. Ini adalah layar smartphone terbaik yang pernah ada. Layar ini akan membuat tampilan iPhone lebih tipis dan kuat. Bahan fleksibel OLED lebih baik daripada LCD karena konsumsi daya akan lebih rendah. Namun, kecerahan dan warna yang ditampilkan akan lebih baik. Anda akan melihat warna seperti anda melihat yang sesungguhnya.

Kamera Iphone 8 vs iPhone 7

Kamera yang dibawa iPhone memang selalu setara dengan kualitas kamera D-SLR. Apple menyisipkan sensor dan prosesor gambar yang lebih baik pada setiap generasi iPhone. Kamera iPhone mengambil gambar sama dengan apa yang anda lihat.

iPhone 7 dibekali kamera 12MP dengan penstabilan gambar optik. Teknologi ini sangat mengurangi blur dan menetralkan getaran sehalus apapun. Bukaan f/1.8 yang akan membuat anda handal mengambil foto dalam cahaya yang rendah. Bagi anda yang suka selfie tentu akan sangat dimanjakan dengan kamera HD 7 MP pada bagian depan kamera.

iPhone 7 juga sangat handal untuk merekam video berkualitas. Anda dapat merekam video dalam resolusi 4K dengan berbagai fitur menarik. iPhone 7 memberikan pilihan untuk membuat video slo-mo dan video selang waktu. Ini sangat menakjubkan bagi anda yang suka berbagi video real time.

Apple menyatakan bahwa iPhone 7 hanya memiliki satu sistem kamera, iPhone 8 punya dua. Kamera yang dipasang pada iPhone 8 sama dengan iPhone 7 yaitu 12 MP namun memiliki kemampuan zoom yang hebat. Sehingga anda dapat mengambil gambar dari kejauhan dengan kualitas yang tidak kalah bagu.

Selain itu Apple berencana memasang 2 kamera belakang ditambah dengan satu flash. Anda dapat mengambil gambar sesuai selera anda kemudian langsung membagikannya di media sosial. Ini adalah pengalaman yang sangat menarik.

Prosesor dan memori

Inilah yang sangat membedakan iPhone dengan ponsel lain. iPhone selalu menyuguhkan kecepatan dan kekuatan. iPhone selama ini dikenal sebagai smartphone yang memiliki RAM kecil namun berkecepatan tinggi. Selain itu, iPhone tidak pernah dibekali dengan slot memori eksternal, manun menyuguhkan memori internal dengan berbagai pilihan.

Iphone 7 hadir dengan RAM 2GB dan prosesor A10. Apple mengatakan bahwa inilah prosesor terkuat yang ada pada smartphone. Prosesor ini bukan hanya lebih cepat namun juga lebih efisien dibandingkan versi yang sebelumnya. Kecepatan prosesornya 2x lebih cepat dan kecepatan grafis 3x lebih cepat dari iPhone 6.

iPhone 7 juga tidak menyediakan pilihan memori kecil, semua dua kali lipat dibanding kapasitas iPhone 6s. Anda bisa memilih 32GB, 128GB atau 256 GB. Anda dapat merekam banyak video dan memasang banyak aplikasi.

Bukan iPhone namanya bila tidak menyuguhkan hal hal baru yang menakjubkan. Meski iPhone 7 dibekali dengan mesin terkuat, namun Apple mengisyaratkan bahwa akan menggunakan prosesor A11 dan memberikan 2 pilihan RAM yaitu 2GB dan 4GB. Ini adalah sejarah dalam perkembangan oleh iPhone.

Warna Casing iPhone 8 vs iPhone 7

Apple tidak pernah menawarkan warna warna yang norak dalam desain ponsel pintarnya. Warna yang ditawarkan adalah warna warna premium yang sangat elegan dan berkelas. Setiap pilihan warna ditawarkan dengan harga yang berbeda. Ini akan terasa bergitu eksklusif.

iPhone 7 di desain dengan warna khas perak, emas dan emas rose. Selain itu iPhone mengenalkan dua warna baru yang sangat istimewa yaitu hitam dan hitam legam. Warna hitam dalam casing alumunium seri 7000 yang luar biasa kuat itu diberikan sentuhan warna matte yang anggun. Namun, warna hitam legam diperoleh melalui proses anodiasi dan pemolesan sembilan langkah yang luar biasa presisi. Ini menghasilkan warna hitam yang sangat mengilap seperti kaca.

iPhone 8 sebagai keluaran yang istimewa tentu tidak akan ketinggalan untuk berinovasi. Kabarnya Apple akan mengenalkan warna yang tidak biasa yaitu warna biru tua. Ini adalah desain warna yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Warna biru adalah warna yang disukai banyak orang, strategi ini sangat menarik pasaran. Mungkin suatu saat nanti Apple akan meluncurkan iPhone berwarna merah.

Konektivitas dan Jaringan

iPhone 8

Kecepatan dan kekuatan iPhone tentu saja perlu didukung dengan konektivitas yang baik untuk menunjang performa. Dari sisi konektivitas memang iPhone dikenal sebagai smartphone yang ‘egois’. Ponsel pintar ini memiliki caranya sendiri untuk berkoneksi dengan ponsel lain, sehingga cukup menyulitkan untuk menghubungkan iPhone dengan vendor lain.

iPhone 7 dibekali dengan Wi-Fi 802.11 dan dual band  sehingga dapat menembus kecepatan 866 Mbps. iPhone sudah menerapkan teknologi 4G LTE sehingga memiliki kemampuan akses internet yang sangat baik. iPhone 7 dapat dihubungakan dengan laptop menggunakan USB namun USB khusus untuk iPhone yaitu micro USB v2.0 reversible connector.

iPhone 8 tidak akan membawa perubahan yang signifikan dalam hal konektivitas. Berkaca dari tahun ke tahun tidak terlalu banyak inovasi yang dibawa. Kecuali bila teknologi 5G sudah dikomersialkan sebelum desain iPhone 8 selesai. Ini hanya perkiraan saja, namun apa salahnya jika memang itu yang akan terjadi. Selain itu, inovasi yang belum pernah terlihat pada iPhone adalah kemampuan sim ganda. Mungkin ini akan muncul dalam beberapa tahun kedepan.

  1. Baterai

Untuk menunjang performa ponsel, tentu saja baterai perlu dipertimbangkan. Karena sekuat dan secanggih apapun ponsel biasanya memiliki baterai yang cepat habis. Namun berbeda dengan iPhone yang menawarkan kecepatan dan kekuatan yang efisien. Sehingga mesin ponsel dapat bekerja baik dengan menghemat tenaga.

iPhone 7 dibekali dengan baterai Li-Po yang non-removable atau tidak dapat dilepas. Kapasitas baterai adalah 1960 mAH, kapasitas ini tergolong standar dibandingkan dengan smartphone lain yang bahkan menawarkan baterai dengan kapasitas lebih besar. Kemampuan yang diunggulkan adalah fast charging. Dengan kemampuan ini anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menunggu hingga baterai penuh.

Mengingat kemampuan iPhone 8 yang mungkin akan jauh lebih baik dan membutuhkan baterai dengan kapasitas besar. Mungkin Apple akan menyematkan baterai yang memiliki daya lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Ini perlu menjadi pertimbangan karena baterai yang cepat habis tentu akan sangat merepotkan pengguna.

  1. Fitur Lain

Selain teknologi dan inovasi inovasi terbaru, iPhone masih tetap membawa fitur fitur standar seperti mp3, sms, dokumen editor, email dan lain sebagainya. Untuk aplikasi aplikasi tambahan tentu saja perlu download sendiri di iTunes. Berbeda dengan android, aplikasi aplikasi untuk iPhone rata rata berbayar dan harus berlangganan di iTunes. Pokoknya semua hal yang berhubungan dengan iPhone selalu premium dan selalu tidak murah.

Oh iya, ada satu lagi yang berbeda dengan iPhone 7 dibandingkan sebelumnya. Yaitu airpod atau headset tanpa kabel. iPhone 7 tidak menyediakan port untuk headset, ini yang sempat menjadi bahasan viral para netizan. Meskipun wireless, airpods ini masih berbentuk seperti headset. Menurut pandangan banyak orang, iPhone 8 akan merubah lagi bentuk headsetnya. Bentuk headset atau airpods selanjutnya akan berbentuk bulatan kecil yang dimasukkan ke telinga saja.

  1. Harga

Nah, sampailah kita pada sub bab yang paling mendebarkan. Sebagian orang memang lebih mementingkan penampilan daripada harga. Ini untuk kelas high terutama. Namun, sebagian yang lain masih saja mempertimbangkan harga meski spesifikasi berbeda tentu saja.

Untuk harga iPhone 7 NEW bulan Desember ini masih di kisaran 11 juta untuk 32Gb, 12 juta untuk 128 Gb dan 15 juta untuk 256Gb. Harga ini tentu saja akan terus fluktuatif terutama di kalangan reseller.

Sedangkan harga iPhone 8 tentu saja kita belum tau. Namun bila kita prediksi, harganya pasti akan jauh lebih mahal, karena spesifikasi yang jauh lebih mantap. So kita tunggu saja yaa.

Sekian tadi 9 perbandingan iPhone 7 vs iPhone 8, tentu saja kita akan menunggu bagaimana iPhone 8 nanti yang akan diluncurkan. Pada generasi generasi sebelumnya, iPhone diluncurkan dibulan September, lalu apakah tahun depan akan diluncurkan pada bulan yang sama? Sayangnya belum ada informasi mengenai hal itu.

Baca : Begini Cara Mengetahui Negara Asal iPhone Kamu

Bagi anda yang mungkin belum tahu generasi iPhone sebelumnya berikut ini 10 generasi iPhone yang pernah diluncurkan oleh Apple

Tahun 2007: iPhone

Tahun 2008: iPhone 3G

Tahun 2009: iPhone 3Gs

Tahun 2010: iPhone 4 (desain baru)

Tahun 2011: iPhone 4s

Tahun 2012: iPhone 5 (desain baru)

Tahun 2013: iPhone 5s

Tahun 2014: iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Tahun 2015: iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

Tahun 2016: iPhone 7 dan iPhone 7 Plus



Loading...

Baca selengkapnya

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Banyak menulis tentang tips Android seperti cara memindahkan file, aplikasi dan lain sebagainya.

Artikel terkait

One Comment

  1. PIN BB : D5C771BB
    Permisi Nih Saya Mau Promoin Pusat Penjualan Handphone,,
    Camera, Laptop DLL,Di Jamin No PHP/Tipu2 ,,Saya Sendiri Telah Membuktikan Berbelanja Di Olshoop Ini.. Produk yang Di Tawarkan
    Merupakan Barang (BM), Original, NEW,Bergaransi
    Resmi Dari Masing” Pabrik Harga Yg Di
    Tawarkan Merupakan Harga Terendah Dikalangan
    Para Pebisnis /Penjualan Online Hrg Di Olshoop Ini Bisa
    Anda Bndingkan Dgn Hrg Yg Di Twarkn Di Olshoop Lain,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *