Review Produk

Antara iPhone Android Dan BlackBerry, Manakah yang Terbaik?

Dalam dunia smartphone, kita mengetahui adanya tiga perusahan smartphone yang seakan menguasai pasar, yakni iPhone Android dan BlackBerry, ketiga perusahan smartphone tersebut juga telah melengkapi diri mereka dengan berbagai keistimewaan masing-masing. Oleh karenanya, masyarakat terkadang dibuat sedikit bingung untuk memutuskan ponsel manakah yang terbaik untuk mereka miliki.

Antara iPhone Android dan BlackBerry, Manakah yang Terbaik Untuk Anda ???

Antara iPhone Android dan BlackBerry, Manakah yang Terbaik Untuk Anda ???

Berbicara tentang dilema yang dirasakan masyarakat, saya sendiripun pernah merasakannya saat hendak membeli smartphone baru untuk saya gunakan, saat itu yang saya rasakan adalah kebingungan untuk menentukan yang manakah yang benar-benar cocok untuk saya, meskipun pada akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan produk Android, dengan alasan harga yang lebih bersahabat dengan dompet saya.

Saya sendiri yakin sekali, bila bukan hanya saya yang merasakan dilema ini, oleh karena itu sesekali anda memutuskan untuk mencari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing smartphone tersebut di internet. dan beruntung sekali, karena dalam artikel ini saya akan membahas kelebihan dan kekurangan antara smartphone iPhone Android dan Blackberry, yang semoga saja bisa membantu meringankan dilema yang anda rasakan, dalam memilih smartphone terbaik untuk anda gunakan.

Kelebihan dan kekurangan smartphone iPhone

Kelebihan dan kekurangan smartphone iPhone

Kelebihan iPhone

1# Iphone menawarkan jaminan keamanan yang tinggi bagi penggunanya

Poin pertama yang membuat iPhone unggul, yakni jaminan keamanan yang diberikan kepada penggunanya, iPhone di claim memiliki keamanan yang lebih baik dari smartphone lainnya, hal ini didasari dengan hadirnya fitur iCloud Activation Lock.

Beberapa diantara kita mungkin seringkali bertindak ceroboh yang menyebabkan smartphone kesayangan tersebut hilang, nah dengan fitur iCloud Activation Lock ini, kita dapat lebih merasa lega, hal ini dikarenakan perangkat iPhone dapat dikunci oleh sang pemilik dan perangkat akan meminta ID yang didaftarkan saat ponsel pertama kali dipergunakan, dengan begini data-data yang ada pada perangkat ponselpun tidak akan bisa dilihat oleh orang yang menemukan iPhone kita, atau meski mereka bisa membobolnya, tetapi tetap saja data anda pasti sebelumnya telah terhapus.

2# Kualitas kamera yang luar biasa

Kualitas kamera dari smartphone iPhone sendiri merut saya merupakan yang terbaik dari yang lain, hal ini mungkin kareana hardware yang mereka buat, merupakan hardware khusus, sehingga meskipun hanya dibekali oleh kamera berkualitas 8MP, tetapi bila harus dibandingkan dengan smartphone lain dengan kualitas kamera yang sama atau bahkan lebih tinggi, tetap saja, anda akan merasakan bila hasil gambar yang ditangkap oleh iPhone akan lebih baik dari smartphone lainnya, selain itu dalam pengambilan gambar saat minim cahaya atau malam hari, gambar yang dihasilkan akat tetap terlihat jernih ketimbang kamera dari smartphone pesaingnya.

3# Penggunaan baterai yang terasa lebih irit

Penggunaan baterai iPhone juga di claim lebih baik daripada smartphone pesaingnya, hal ini tentu sangat cocok untuk anda yang harus bekerja dengan menggunakan smartphone, karena dengan daya baterai yang lebih irit, tentu pekerjaan anda juga lebih terasa mudah dan ringan.

4# Desain yang kokoh, bergaya, serta tidak pasaran

Bisa anda lihat sendiri, akhir akhir ini beberapa vendor smartphone seakan kehabisan ide dalam membuat design perangkat mereka, namun berbeda dengan iPhone yang sedari awal telah konsisten untuk memberikan produk yang kokoh dengan desain berbeda untuk masyarakat, material yang dipergunakan untuk membuat cassingnya berasal dari bahan metal, yang tentu saja menambah kesan kokoh dan stylish kepada penggunanya.

5# Kinerja yang lebih powerfull ketimbang produk pesaingnya

iPhone memang seakan memiliki kinerja yang sanat baik dibandingkan dengan smartphone pesaingnya, kita ambil contoh tentang ram iPhone yang dalam salah satu serinya hanya berkapasitas 512MB, namun bila dipergunakan untuk multitasking dan bermain game, saya rasa pengguna iPhone tidak akan merasakan penurunan kinerja (lag) yang berarti, Sedangkan untuk smartphone lain yang ditanamkan ram 1GB saja, kadang tidak mampu untuk melakukan multi tasking dan bermain game-game HD.

Baca Juga : Yuk, Kita Review Tentang iPhone 5 SE Kelebihan Beserta Kekurangannya

Kekurangan iPhone

1# Sedikitnya aplikasi yang tersedia pada app store

Hal ini mungkin hanya masalah waktu, pasalnya beberapa developer aplikasi telah melirik pangsa iPhone sebagai targetnya, namun untuk saat ini memang perlu diakui, bila aplikasi yang tersedia pada Google Play Android lebih banyak dibandingkan App store pada iPhone.

2# Desain perangkat yang itu-itu saja dan terkesan monoton

Meski hal ini juga memiliki keuntungan, tetapi malah bisa juga menjadi kekurangnnya, hal ini dikarenakan sejak munculnya produk iPhone dipasaran desain yang dipergunakan tidak mengalami perubahan yang berarti, sehingga seringkali dalam membedakan seri iPhone, pengguna yang masih awam akan merasa kebingungan, atau bisa jadi masyarakat merasa bosan kareana desain yang itu-itu saja.

3# Tidak tersendianya fitur bluetooth untuk mengirim file

Tenang saja, perangkat iPhone tetap memiliki fitur bluetooth, hanya saja fungsinya berbeda dari bloutooth yang ditanamkan pada smartphone lain, bila pada smartphone lain bloutooth bisa dipergunakan untuk transfer file, layaknya lagu, aplikasi, dan filem, khusus untuk perangkat iPhone sendiri, bloutooth yang ditanamkan hanya berfungsi untuk keperluan diluar transfer file, contohnya perangkat iPhone teap dapat dipergunakan untuk mendengarkan lagu melalui headshet bluetooth. Hal ini mungkin dilakukan Aple untuk menjamin keamanan kepada penggunanya, selain itu bisa juga untuk meminimalkan pelanggaran hak cipta dari aplikasi, video, maupun lagu yang ditransfer oleh pengguna.

4# Mengganti baterai dengan yang baru tidak dapat dilakukan dengan mudah di rumah

Saat baterai perangkat iPhone mengalami kendala yang menyebabkan anda harus menggantinya dengan baterai yang baru, di sini mungkin anda akan merasa kesal, pasalnya dalam saat anda hendak mengganti baterai iPhone degan baterai yang baru, ternyata tidak dapat dilakukan semudah mengganti baterai pada smartphone lain. Hal ini dikarenakan anda harus membongkar cassing yang beresiko kehilangan garansi dan kerusakan lain, jadi sepertinya harus dilakukan di tempat service terpercaya, atau datang langsung ke Apple Service Center bila tidak mau kehilangan garansi pada perangkat.

5# Harga yang cukup mahal

Untuk medapatkan iPhone seri 4S saja anda masih harus mengeluarkan budget sekitar 2 jutaan, sedangkan untuk seri terbaru harganya masih di angka 10 sampai 15 jutaan, tentu harga yang mahal hanya untuk sekedar membeli smartphone, meski hal ini sebenarnya sepadan dengan fitur yang ditawarkan. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa masyarakat yang memiliki dana terbatas lebih memilih untuk menggunakan Android atau Blackberry yang dirasanya lebih murah ketimbang iPhone yang mematok harga terlalu tinggi.

 

Kelebihan dan kekurangan smartphone Android

Kelebihan dan kekurangan smartphone Android

Kelebihan Android

1# Android menawarkan ponsel murah namun tidak murahan

Android sendiri seperti penyelamat bagi masyarakat menegah kebawah, hal ini dikarenakan android sendiri menawarkan harga yang dapat dibilang murah untuk smartphone kelas low-end dan medium-end mereka, poin pertama ini juga yang telah membuat saya memutuskan untuk memilih Android ketimbang iPhone yang saya rasa terlalu mahal untuk kantong saya.

Meskipun memberikan harga yang murah, tetapi kualitas yang diberikan tidak selalu murahan, hanya saja ini tergantung pintarnya konsumen dalam menentukan merek mana yang bagus dan mana yang tidak, oleh karena Android ini yang sebenarnya adalah sistem oprasi, maka jangan heran bila vendor smartphone ini tidak hanya satu.

2# Desain yang tak kalah bagusnya dan sangat User Friendly

Desain yang ditawarkan smartphone Android sendiri mnurut saya tidak kalah bagusnya dengan smatphone keluarana iPhone, meski dalam beberapa kasus hal ini hanya berlaku untuk Android hi-end yang diluncurkan oleh vendor-vendor ternama. Selain itu saya rasa pengguna yang baru pertama kali menggunakan ponsel Android akan sangat mudah untuk terbiasa dengan fitur-fitur yang ditawarkan, dengan begini biasanya mereka hanya akan membutuhkan waktu beberapa hari bahkan beberapa jam saja untuk bisa lancar menggunakan smartphone berbasis Android.

3# Layar yang lebih besar dan dapat disesuaikan sesuka hati

Maksudnya dikarenakan ada banyaknya vendor yang meluncurkan smartphone Android, hal ini juga membuat smartphone ini sendiri memiliki variasi yang beragam soal layar, ukuran standar biasanya 3 sampai 4 inchi, namun ada juga android yang memiliki layar 7inchi, dan juga ditambah perangkat tablet android yang memiliki layar rata-rata 8 sampai 10 inchi, jadi konsumen akan lebih leluasa dalam memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

4# Dapat dipasangkan kartu memory untuk membah kapasitas pada memory

Mungkin untuk anda yang mempunyai smartphone berbasis android dengan memory internal terbatas, anda tidak disulitkan karena kompitabilitas Android sendiri yang mendukung penggunaan kartu memory sampai dengan 32 Giga, tergantung dari vendor yang mengeluarkan smartphone tersebut.

Hal ini tentu saja akan sangat membantu untuk anda yang mempunyai masalah dalam kapasitam memory yang cepat sekali penuh, mungkin saja anda adalah seorang penggemar selfie yang memang membutuhkan kapasitas memory besar untuk menyimpan gambar, atau mungkin untuk sekedar mengisi lagu dan film, anda akan benar-benar diuntungkan dengan adanya kartu memory pada Android.

5# Baterai yang dapat diganti sesuka hati

Dalam mengganti baterai android, anda tidak diribetkan bila mengalami kerusakan pada baterai smartphone anda, andapun tidak dibuat pusing dengan harus membongkar cassing seperti pada perangkat iPhone, meski kadang ada juga vendor Android yang tidak mengijinkan penggantian baterai pada perangkatnya, namun hal itu jarang sekali ditemukan, mungkin hanya ada pada perangkat Android keluaran terbaru dengan spesifikasi yang menargetkan pasar hi-end.

Kekurangan Android

1# Banyaknya vendor yang meluncurkan smartphone android membuat konsumen sedikit bingung

Seperti yang telah saya sebutkan, bahwa banyak sekali vendor yang seakan berlomba-lomba meluncurkan smartphone berbasis android, hal ini ternyata dapat membuat anda selaku konsumen sedikit merasa pusing dalam memilih, tentu dikarenakan banyaknya pilihan yang ada, serta anda juga harus mengetahui tentang seri dan type yang dikeluarkan untuk memastikan mendapatkan perangkat smartphone yang benar-benar berkualitas.

2# Dukungan update OS yang terbatas

Beberapa vendor tidak menyediakan update untuk perangkatnya, bahkan beberapa dari pengguna Android Samsung, merasa sedikit kecewa dikareanakan tidak adanya pembaruan OS walaupun telah menunggu lama, untuk yang saya rasakan sendiri, sepertinya update OS lebih ditujukan kepada perangkat Hi-end dan medium-end.

Hal ini dapat membuat anda berpikir ulang terlebih dahulu sebelum benar-benar memilih untuk menggunakan Android, tetapi untuk anda yang tidak terlalu mempermasalahkan OS, sepertinya Android benar-benar pilihan yang tepat untuk anda.

3# Penggunaan baterai yang sangat boros

Hal ini mungkin tergantung dari pemakaian saja, namun untuk anda yang merupakan gadget holic, atau mungkin anda seorang gammer. mungkin membeli power bank dapat dipertimbankan lagi, hal ini lantaran baterai pada perangkat Android sendiri cepat sekali habis, dan mengalami penurunan kualitas. Tetapi untuk anda yang menggunakan Android hanya sebagai alat komunikasi untuk sekedar melakukan telpon atau sms mungkin penggunaan baterai bisa sedikit lebih hemat.

4# Kinerja yang buruk bila android anda bukanlah android dengan kelas hi-end

Untuk anda yang membeli android yang bukan berasal dari kelas hi-end, mungkin anda sering merasa kesal saat hendak melakukan kegiatan multitasking dan bermain game yang berkualitas HD, terutama bila smartphone anda terutuliskan dilengkapi dengan ram dan processor yang seharusnya gahar, namun kenyataanya kualitas kinerja dari iPhone masih lebih baik dari android kelas medium dan low, dan untuk anda yang merupakan pengguna Android kelas Hi-end mungkin bisa lebih bersantai dalam melakukan multitaskin dan bermain game.

5# Tidak adanya jaminan keamanan yang tinggi

Seperti yang kita ketahui, saat pertamakali mengoprasikan Android, kita hanya diminta untuk memasukkan user dan password dari Gmail saja. dan lebih lagi Android yang merupakan sistem oprasi open source yang mana terbuka untuk umum, maksudnya semua orang dapat dengan leluasa melakukan berbagai perubahan dan pengembangan pada android yang mereka miliki.

Keleluasan dalam mengembangkan sistem oprasi juga berdampak buruk bila suatu hari nanti anda sampai ceroboh dan menyebabkan smartphone anda hilang, si penemu atau si pencuri dapat dengan mudahnya membobol keamanan yang anda miliki, seperti kata sandi atau pass code, bila hal ini sampat terjadi, bisa saja data-data anda yang bersifat pribadi terancam dipergunakan untuk hal yang tidak-tidak oleh si pelaku.

Kelebihan dan kekurangan smartphone BlackBerry

Kelebihan dan kekurangan smartphone BlackBerry

Kelebihan BlackBerry

1# Jaminan kemanan bagi pengguna yang dapat dikatakan tinggi

Sama perti iPhone, smartphone besutan RIM ini dituding memiliki keamanan yang tinggi bagi penggunanya, bahkan menurut kabar yang saya baca, RIM telah terlebih dahulu menanamkan fitur kemanannya jauh sebelum iPhone menguasai pasaran. Selain itu jika perangkat BB anda sampai hilang, kemungkinan untuk ditemukan juga cukup tinggi seperti iPhone namun berbeda bila anda merupakan pengguna Android.

2# Merupakan smartphone yang pertama kali memperkenalkan fitur BlackBerry Messenger (BBM)

BlackBerry juga merupakan smartphone yang pertama kali memperkenalkan aplikasi chatting yang sedang populer akhir-akhir ini, yakni BlackBerry Messenger atau yang sering disingkat dengan BBM, menurut kabar yang saya dengan dan belum dipastikan juga kebenaranya, BlackBerry akan menarik kembali peredaran BBMnya pada perangkat yang bukan BlackBerry, seperti iPhone dan Android. Tentu bila kabar ini sampai benar adanya, maka kekuatan BlackBerry dipastikan akan bankit kembali, mungkin saja bisa mengusai pasar smartphone seperti dulu lagi.

3# Adanya fitur firewall yang membuatnya dapat memblokir pesan yang tidak anda inginkan

Fitur firewall pada BlackBerry sangat membantu penggunanya dalam menangkal hal-hal berbau spam yang pastinya tidak diinginkan, fitur ini mulai tersedia semenjak peluncuran BlackBerry OS6.

Sama seperti firewall yang ada pada komputer atau laptop anda, jadi ketika fitur ini anda aktifkan pada perangkat BlackBerry anda, maka akan mencegah masuknya email, dan pesan-pesan dari orang yang tidak anda inginkan.

4# BlackBerry dengan OS10 mampu menjalankan beberapa aplikasi android

Pada versi terbarunya, yakni BlackBerry yang telah menggunakan OS10 seperti q10 dan z10, pengguna dapat dengan leluasa melakukan penginstalan dari aplikasi yang sebenarnya ditujukan untuk Android. Tentu hal ini akan sangat menyenangkan, mengingat dukungan ram yang diberikan oleh BlackBerry tergolong cukup besar untuk sekedar bermultitaskin maupun memainkan game yang berkualitas HD.

5# Desain yang terlihat elegan untuk BlackBerry keluaran baru

Untuk smartphone Blackberry keluaran baru, saya rasa sudah memiliki desain yang cukup elegan, khususnya untuk  q10 yang tetap menonjolkan fungsi keypadnya, tentu anda sebagai pengguna akan lebih dimudahkan dengan pengetikkan yang cepat dan minimnya kesalahan ketik, tentu saja dibarengi dengan dukungan aplikasi yang cukup banyak.

Kekurangan BlackBerry

1# Dukungan aplikasi dan fitur yang banyak hanya ada pada BlackBerry keluaran baru

Ini merupakan kekurangan yang pertama, sebuah perangkat BlackBerry baru bisa dikatakan menyaingi iPhone dan Android semenjak meluncurkan OS10 yang mampu menjalankan berbagai aplikasi milik Android, sedangkan untuk tipe lawas, saya rasa benar-beanar buruk dan tidak dapat bersaing, hal ini tentu dikarenakan tipe lawas pada smartphone BlackBerry sendiri tidak dilengkapi dengan ram dan processor yang memumpuni, sehingga sangat tidak cocok untuk melakukan multitasking dan bermain game.

2# Smartphone yang sebenarnya sudah ketinggalan jaman

Bila anda membeli smartphone BlackBerry, mungkin keraguan anda yang pertama berasal dari anggapan-anggapan yang mengataan bila BlackBerry merupakan smartphone tipe lawas, yang tidak dapat bersaing di dunia smartphone saat ini. Hal ini memang terbukti benar, walaupun BlackBerry sendiri sempat menjadi penguasa dunia smartphone, namun stigma buruk tentang BlackBerry belum mampu dihilangkan meski telah merilis tipe baru yang tidak kalah kualitasnya

3# Harga yang dapat dikatakan mahal

Untuk harga sendiri BlackBerry masih mematok harga yang cukup mahal untuk tipe terbarunya, padahal kalau menurut saya sendiri, seharusnya BlackBerry memurahkan harga jualnya agar masyarakat kembali “jatuh hati” untuk menggunakan produk keluaran BlackBerry kembali. Namun disayangkan untuk membeli BlackBerry z10 saja kita sebenarnya dapat membeli Android keluaran Hi-end, atau bisa juga mendapatkan smartphone keluaran iPhone.

4# Dukungan aplikasi belum sebanyak Android dan iPhone

Meski keluaran barunya sudah dapat menjalankan aplikasi Android, tetapi menurut kabar yang saya baca, tidak semua aplikasi Android kompitabel dan dapat dijalankan pada BlackBerry OS10, mungkin ini juga merupakan masalah waktu saja, karena banyak developer diluar sana yang telah melirik pasar BlackBerry yang mulai bangkit dari kematiannya.

5# Layar yang mungil serta kualitas kamera yang kurang begitu bagus

Untuk seri z10, BlackBerry hanya memberikan layar selebar 4.2 inchi saja, layar ini tentu tergolong kecil terutama untuk anda yang lebih sering menggunakan smartphone untuk kebutuhan bermain game, selain itu kamera yang hanya 2MP juga menyebabkan kualitas gambarnya mengalami kalah saing dengan kompetitornya yang telah berlomba-lomba menanamkan kamera yang jernih dan berkualitas pada smartphone yang mereka keluarkan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing masing iPhone Android dan BlackBerry, sebenarnya dalam memilih mana yang terbaik sepenuhnya menjadi hak anda. Jadi bila anda merasa lebih mengutamakan keamanan saya sarankan untuk memilih antara iPhone dan BlackBerry, namun untuk anda yang lebih suka dengan variasi dan dukungan aplikasi yang banyak, serta anda yang lebih sering menggunakan smartphone untuk bermain game, maka saya sangat menyarankan untuk memilih posel Android saja, tentu dengan memilih Android yang memiliki spesifikasi Medium atau High agar kinerja dalam bermain game dan bermultitasking tidak mengalami kendala yang berarti.

Image Credit By : http://www.shutterstock.com


Loading...
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close