iphone lebih baik

8 Alasan Mengapa iPhone Lebih Baik Daripada Smartphone Android

Mengapa iPhone Lebih Baik Daripada smartphone Android? – Pertanyaan mengenai siapa yang lebih baik, iPhone atau Android? Memang kerap kali muncul sebagai perbandingan. Karena, iPhone dan Android merupakan dua kubu smartphone paling populer saat ini.

Android sendiri merupakan sistem operasi yang bersifat Open Source milik Google dan digunakan oleh beberapa merk smartphone saat ini, seperti Asus, Lenovo, Xiaomi, Oppo, Meizu, Evercross, Advan, dan lain sebagainya.

Sedangkan iPhone memiliki iOS yang merupakan sistem operasi yang bersifat tertutup milik Apple, dan hanya digunakan oleh perangkat Apple saja.

Berikut ini adalah 8 alasan mengapa iOS lebih baik dibanding Android.

Update OS yang Baik

iOS
Sumber: Google Image

Selama saya menggunakan iOS, saya selalu puas dengan pembaruan yang diberikan pada sistem operasinya. Saya salah satu pengguna iPhone 5 dan hingga saat ini iPhone saya sudah berumur 4 tahun dari tahun rilis dan masih diberi kesempatan untuk mencicipi iOS terbaru, yaitu iOS 10.

Berbeda halnya dengan pengguna Android. Meski bersifat open source, namun untuk mendapatkan update terbaru tidak semudah iOS. Tergantung kepada kebijakan masing-masing vendor, dan biasanya hanya mendapatkan update selama 2 tahun saja.

Kualitas Kamera yang Mumpuni

iphpne lebih baikTidak diragukan jika iPhone memiliki kualitas kamera yang paling baik. Meskipun jika disandingkan dengan smartphone Android saat ini resolusi kamera iPhone terbilang kecil.

Meskipun memiliki resolusi kamera yang kecil, namun kualitas kamera iPhone lebih baik dan tidak bisa diremehkan. Contohnya saja iPhone generasi terbaru dari Apple, yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang digadang-gadang memiliki kualitas jepretan setara dengan kamera DSLR.

Loading...

Ekslusif

iphone lebih baik

Seperti yang sudah kita bahas di awal tadi bahwa iOS adalah sistem operasi buatan Apple yang hanya digunakan khusus untuk perangkat-perangkat Apple saja, seperti iPhone dan iPad. Tidak ada perangkat non Apple yang menggunakan iOS.

Sedangkan Android, banyak sekali perusahaan-perusahaan smartphone saat ini yang menggunakannya. Itulah sebabnya mengapa iOS lebih eksklusif ketimbang Android.

Desain yang Premium dan Elegan

iphone lebih baik

Ketika memegang iPhone, ada semacam kebanggaan tersendiri ya nggak guys? Sebab, iPhone memang memiliki desain yang premium dan berkelas. Apalagi jika melihat logo Apple tergigit yang ada di belakang, kayak ada manis-manisnya gitu.. hehe

Bahkan ada beberapa vendor smartphone yang terinspirasi dengan desain iPhone, dan menerapkannya pada smartphone buatan mereka.

Jarang Ngelag

game
Sumber: Google Image

Meski memiliki kapasitas RAM yang lebih kecil dibandingkan dengan smartphone Android, namun selama saya menggunakan iPhone jarang sekali terjadi yang namanya lag.

Saya pernah memainkan game sekelas FIFA 15 di iPhone dengan kapasitas RAM 512 MB dan tidak ada lag sedikitpun. Ini membuktikan kinerja RAM iPhone lebih baik meskipun kapasitasnya lebih kecil.

Berbeda halnya dengan Android, untuk memainkan game FIFA 15 dibutuhkan minimal RAM 2 GB-an agar game dapat berjalan dengan lancar.

User Interface yang Simple

iphone lebih baik

Tampilan iOS memang terbilang sederhana dan itu-itu saja. Bahkan terkesan monoton. Namun, justru itulah poinnya.

Contoh nyatanya, ketika pengguna beralih dari iPhone 4 ke iPhone 6 maka tidak perlu proses adaptasi yang cukup lama. Sebab, akan menemukan UI yang sama dan bagi pengguna awam sekalipun akan mudah untuk menyesuaikan.

Berbeda dengan Android, meskipun sama-sama berbasis Android Lollilop, namun kenyataannya UI yang ditampilkan pada tiap-tiap merk smartphone akan berbeda. Tergantung UI yang dibuat oleh setiap perusahaan smartphone.

Keamanan yang Tinggi

iphone lebih baik

Salah satu alasan mengapa orang ingin membeli iPhone adalah karena keamanannya yang tinggi. Misalnya saja ketika iPhone kita dicuri, maka si pencuri tidak akan bisa mengakses dan menggunakan iPhone kita jika tidak mengetahui iCloudnya.

Sekalipun dia merestore atau Factory Reset, akan tetap dibutuhkan login ke iCloud kita. Dari segi keamanan iPhone lebih baik daripada Android.

Apa yang akan terjadi jika smartphone Android kamu dicuri? Tinggal masuk ke Recovery Mode dan melakukan Factory Reset maka smartphone Android kamu akan tetap bisa bisa diakses dan digunakan meski datanya telah terhapus semua.

Jarang Terkena Malware

iphone lebih baik

Apple hanya mengizinkan penggunanya untuk mengunduh aplikasi hanya dari App Store. Keunggulannya adalah aplikasi tersebut sudah diseleksi secara ketat, sehingga malware dalam bentuk apapun tidak akan bisa masuk di App Store.

Sedangkan Android, memiliki kelebihan untuk dapat menginstall aplikasi meskipun tidak berasal dari Google Play Store. Namun, justru disitu lah Android sangat rentan terhadap malware yang menyamar dalam sebuah aplikasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Itulah beberapa alasan mengapa iPhone lebih baik daripada smartphone Android. Selanjutnya saya akan membuat artikel pembandingnya, yakni alasan mengapa smartphone Android lebih baik daripada iPhone. Tunggu saja ya guys..

Semoga Bermanfaat.


Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *