iPhone X, Smartphone Mahal dengan Biaya Pembuatan Rendah

iPhone X, Smartphone Mahal dengan Biaya Pembuatan Rendah

iPhone X, smartphone mahal dengan biaya pembuatan yang rendah. Kenapa tidak, smartphone produksi Apple Inc ini ditengarai hanya menghabiskan biaya pembuatan setengah dari harga jualnya saja. Hal ini diketahui berdasarkan data hasil investigasi salah satu perusahaan riset industri asal China.

Smartphone yang diluncurkan secara resmi pada tanggal 12 September lalu di California ini, memiliki dua jenis pilihan. iPhone X 62 GB dan iPhone X 256 GB, memiliki fitur yang mumpuni sebagai mitra kerja. Dikarenakan kemampuan smartphone ditenagai oleh chipset Apple A11 Bionic yang berpadu dengan processor Hexa Core 64-Bit.

Baca juga : 7 Rekomendasi Smartphone Bezelless Terbaik Pada Tahun 2017

iPhone X, Smartphone Mahal dengan Biaya Pembuatan Rendah

iphone x
Desain depan via gadgets.ndtv.com

Dari riset yang dilakukan oleh perusahaan asal China tersebut, dijelaskan bahwa biaya pembuatan iPhone X yang dijual seharga 15 juta-an rupiah ini hanya menghabiskan biaya sebesar USD 412,75 atau 5,5 juta-an saja.

Menurut hasil riset, komponen termahal pada iPhone X adalah panel Super Retina Display yang dibeli dari perusahaan Samsung. Harganya dapat mencapai USD 80 sampai USD 100 atau sekitar Rp 1 juta-an per unit.

Selain itu, Apple  membeli memori internal dan RAM dengan mengeluarkan dana yang tergolong minim. Memori NAND yang didapatkan dari Toshiba ini ditaksir dibanderol USD 45 PER unit untuk 256 GB. Kemudian, harga RAM 3GB hanya USD 24 atau setengah dari harga memori NAND.

Sedangkan untuk modem disuplai dari Qualcomm dengan harga USD 18 per unitnya. Selain itu untuk komponen sensor 3D yang digunakan berkisar USD 25. Kaca di panel depan iPhone X juga memiliki harga USD 18 per unitnya. Sedangkan prosesor A11 Bionic dibanderol dengan harga USD 26 saja yang disuplai oleh TSMC.

Spesifikasi iPhone X

Namun, bagaimana spesifikasi smartphone ini? Berikut spesifikasi dari smartphone besutan perusahan Apple Inc ini.

Loading...
Desain / BodiDimensi : 143.6 x 70.9 x 7.7 mm
Berat : 174 g
Layar : Super AMOLED capacitive touchscreen, 5.8 inches, 1125 x 2436 pixels (~458 ppi pixel density) Pelindung : Scratch-resistant glass
Material Bodi : Metal + kaca
MemoriInternal : 64 GB / 256 GB Eksternal : –
Dapur PacuChipset : Apple A11 Bionic Processor : Hexa Core 64-Bit Sistem Operasi : iOS 11
Ram : 3 GB
KonektivitasSim Card : Nano-SIM
Internet : HSPA, LTE Cat16 1024/150 Mbps GPS : A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO Nirkabel : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot, Bluetooth 5.0, NFC
USB : v3.0, reversible connector
KameraKamera Belakang : Dual 12 MP, f/1.8 & f/2.4, phase detection autofocus, OIS, 2x optical zoom, quad-LED (dual tone) flash
Video : [email protected]/30/60fps, [email protected]/60
/120/240fps
Kamera Depan : 7 MP, f/2.2, [email protected],
[email protected], face detection, HDR, panorama
BateraiTalk time : Up to 21 h (3G) Music play : Up to 60 h
Fitur : Fast battery charging: 50% in 30 min, Wireless charging
FiturFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer IP67 certified – dust and water resistantApple Pay (Visa, MasterCard, AMEX certified)Stereo speakersDolby Vision/HDR10 compliantWide color gamut display3D Touch displayTrue-tone display

Sumber : www.apple.com

Walaupun harga jual iPhone X tersebut lebih dua kali lipat dari harga produksinya, bukan berarti bahwa Apple menjadi perusahaan yang rakus akan margin. Biaya pembuatan yang dilansir oleh perusahaan riset tersebut, tidak memperhitungkan faktor lain.

Harga jual iPhone X merupakan kombinasi dari berbagai faktor. Mulai dari soal pemasaran, logistik, manufaktur, ongkos pembuatan software, dan berbagai komponen lain. iPhone X ini dilansir akan dijual bebas secara Global pada tanggal 3 November 2017 mendatang dengan tiga varian warna.



Loading...

Bagikan

etrosinaga

etrosinaga Penulis

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *