Internet

Jack Dorsey Unfollow Mark Zuckerberg di Twitter, Musuhan Nih?

Jack Dorsey dan Mark Zuckerberg adalah dua sosok penting dalam perkembangan dunia teknologi, khususnya dalam perkembangan media sosial di mana Jack Dorsey dengan Twitter-nya, sedangkan Mark Zuckerberg dengan Facebook-nya.

Karena termasuk sosok yang penting dalam perkembangan dunia teknologi, maka amat sangat tidak mengherankan apabila gerak-gerik keduanya selalu dipantau oleh media. Beberapa bulan yang lalu pun, gerak-gerik keduanya juga menjadi pantauan.

31 Oktober 2019 kemarin, Jack Dorsey selaku CEO Twitter telah mengumumkan kepada publik jika perusahaan yang ia pimpin akan menolak keberadaan iklan politik. Adapun untuk Mark Zuckerberg, dirinya justru memilih untuk menerima keberadaan iklan politik di platformnya.

Dorsey Kritik Habis Zuckerberg

Ketika menerima keberadaan iklan politik di platformnya, Mark Zuckerberg menyampaikannya melalui sebuah pidato yang disampaikan pada 17 Oktober 2019. Dalam pidatonya, Zuck menyatakan alasan mengapa ia tetap menerima keberadaan iklan politik.

Alasan Zuck tetap menerima iklan politik dikarenakan ia ingin tetap memperjuangkan peran media sosial dalam memfasilitasi kebebasan berbicara yang dalam pandangan Zuckerberg memungkinkan para politisi untuk mengatakan apa pun di dalam iklannya.

Pidato Zuck sendiri yang sampai di telinga Dorsey langsung dihujat. Dorsey dalam sebuah pernyataan mengatakan jika argumen Zuckerberg memiliki cacat yang sangat besar. Menurut Dorsey, harusnya media sosial tidak bisa dijejali dengan iklan politik sesuka hati hanya karena besarnya gelontoran uang yang dikeluarkan oleh para politisi.

Dorsey Unfollow Zuckerberg di Twitter

Usai melepaskan kritikannya kepada Zuckerberg, beberapa minggu kemudian, Dorsey diketahui meng-unfollow akun Twitter dari bos Facebook tersebut. Aktivitas unfollow dari Dorsey sendiri diungkap oleh akun Twitter Big Tech Alert.

Big Tech Alert adalah akun yang memberikan informasi tentang aktivitas follow dan unfollow para CEO perusahaan teknologi. Sampai saat ini pun belum diketahui alasan Dorsey berhenti mengikuti Zuckerberg di Twitter.

Jika melihat akun Twitter dari Mark Zuckerberg yang beralamatkan di @finkd, wajar sekali apabila Jack Dorsey memilih untuk berhenti mengikutinya. Alasannya, akun Twitter Zuck sudah lama tidak aktif dan hanya memiliki 19 cuitan saja, dan yang paling parah adalah cuitan terakhir terjadi pada 18 Januari 2012.

Baca juga: Twitter Larang Iklan Politik, Bagaimana dengan Facebook?

Ketika aktivitas unfollow Dorsey ini diketahui oleh publik, juru bicara Twitter yang saat itu dimintai keterangan enggan memberikan komentar. Namun jika menelisik lebih dalam, alasan Dorsey untuk berhenti mengikuti Zuckerberg di Twitter bisa saja dikarenakan akunnya yang sudah lama tidak aktif atau dikarenakan perbedaan pandangannya dengan Zuck terkait masalah iklan politik.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close