Traveling

Jangan Lewat 10 Jalan Paling Berbahaya di Dunia Ini!

Banyak Orang Tewas Saat Menjajal 10 Jalan Berbahaya Ini

Anda harus menyiapkan mental dan membawa alat bertahan hidup yang memadai jika ingin melewati jalan-jalan paling berbahaya di dunia. Jalur yang terjal, kondisi alam yang buruk, hingga gerombolan penjahat adalah beberapa faktor yang siap mengancam nyawa Anda di jalan ini.

Kalau Anda seorang petualang yang suka menantang maut, mungkin Anda ingin merasakan sendiri sensasi kengerian melewati jalan-jalan paling berbahaya di dunia ini.

Tapi untuk keselamatan Anda sendiri, cukup baca saja artikel ini dan jangan datang ke tempat berbahaya yang bisa membahayakan nyawa.

Baca jugaMau Traveling tapi Malas Urus Visa? Berikut Beberapa Negara Bebas Visa yang Bisa Kamu Kunjungi

Daftar 10 Jalan Paling Berbahaya di Dunia

1. North Yungas Road (Bolivia)

Jalan Paling Berbahaya di Dunia
Sumber : worldfortravel.com

Mendapat julukan “Jalan Kematian / Road of Death bukan tanpa alasan, dan sebaiknya Anda menjauhi salah satu jalan paling berbahaya di dunia ini. Hingga tahun 2006, terhitung 200 hingga 300 pelancong meninggal di jalan setiap tahunnya.

Dimulai dari dari La Paz ke Coroico, jalan ini memiliki satu jalur dengan lebih dari 200 putaran, dan disampingnya adalah tebing curam setinggi lebih dari 900 meter.

Kalau itu tidak cukup menakutkan, di bawah tebing adalah hutan hujan Amazon yang terkenal penuh hewan ganas.

Di sepanjang jalan terlihat banyak peringatan darurat di tempat-tempat di mana orang-orang yang malang jatuh ke jurang dan meninggal.

Meski begitu, masih saja ada pengendara sepeda yang nekad menantang Jalan Kematian, dan membuat beberapa di antaranya sekarat di tengah jalan.

2. Jalan penghubung Siberian-Yakutsk (Rusia)

Jalan Paling Berbahaya di Dunia
Sumber : worldatlas.com

Jalan ini dijuluki sebagai “Jalan Tulang / Road of Bones“. Perjalanan melalui Siberia menuju Yakutsk selalu menjadi tantangan, berkelok-kelok melewati salah satu wilayah terdingin di dunia karena kota Yakutsk dibangun di atas lapisan es.

Meski begitu, waktu yang disukai untuk bepergian di jalan adalah musim dingin, ketika tanah dan air membeku, membuat perjalanan menjadi lebih mudah. Sedangkan di musin lainnya, Anda akan melihat jalan ini sebagian besar tidak beraspal (terutama di utara).

Tetapi selama bulan Juli dan Agustus saat cenderung hujan deras, jalan menjadi rawa yang mengerikan, yang menyebabkan kemacetan lalu lintas yang panjang.

Lebih buruk lagi, dikabarkan bahwa orang-orang yang bosan selama kemacetan ini sering diketahui saling merampok di jalan paling berbahaya di dunia ini.

3. Karakoram Highway (Pakistan menuju China)

Jalan Paling Berbahaya di Dunia
Sumber : aalmiakhbar.com

Jalan yang terjal ini dibangun di atas ketinggian 4.500+ meter dari permukaan laut. Pembangunan Karakoram Highway dimulai pada tahun 1966 dan selesai tahun 1979, tapi baru dibuka untuk umum tahun 1986.

Karakoram Highway sebagai jalan paling berbahaya di dunia kadang dianggap sebagai “Keajaiban Dunia ke Delapan”. Dengan panjang jalan lebih dari 1,300 kilometer, sebagian jalannya mengikuti jalur Jalan Sutra yang terkenal dalam sejarah.

Karakoram Highway dibangun melewati wilayah pegunungan dengan kondisi terjal, licin, sering terjadi banjir, longsoran batu, tertutup salju di musim dingin, dan sering terjadi badai tak jauh dari tebing curam.

Belum lagi ancaman pengemudi ugal-ugalan dan hewan liar.

4. Jalan Raya Sichuan-Tibet (China)

Jalan Paling Berbahaya di Dunia
Sumber : ecns.cn

Dibangun antara tahun 1950 dan 1954 dan sejak itu ribuan orang per tahun telah meninggal saat bepergian di Jalan Raya Sichuan-Tibet. Jalan ini terus menerus dilanda longsoran salju dan bebatuan.

Jalan raya yang panjangnya 2.028 kilometer ini menghubungkan Chengdu di Sichuan dengan Lhasa di Tibet, melalui daerah yang dikenal sebagai Kham. Di sepanjang jalan, Anda bisa melihat banyak biara-biara Buddha, umat Buddha berjubah merah, dan kawanan yak.

Jalan Raya Sichuan-Tibet adalah jalan paling berbahaya di dunia yang sarat belantara yang berkelok-kelok di antara puncak-puncak yang menjulang.

Beberapa di antaranya memiliki ketinggian lebih dari 6.000 meter, sehingga banyak pelancong yang mengalami sakit-mabuk akibat ketinggian.

5. James Dalton Highway (Alaska)

Jalan Paling Berbahaya di Dunia
Sumber : autoexpress.co.uk

Juga dikenal sebagai Jalan North Slope Hall, ini adalah jalan yang digunakan oleh pengemudi truk, terutama mereka yang melakukan perjalanan ke dan dari ladang minyak Teluk Prudhoe di lereng utara Alaska. James Dalton Highway bahkan mendukung Sistem Pipa Trans-Alaska.

James Dalton Highway beraspal di beberapa tempat, tapi sekitar tiga perempatnya tidak. Perjalanan melewati James Dalton Highway sangat keras.

Meski ada tiga kota di sepanjang jalan, Anda akan sulit menemukan fasilitas medis. Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk membawa kotak P3K dan alat keselamatan lain saat bepergian di jalan maut yang primitif ini.

6. Fairy Meadows Road (Pakistan)

Jalan Paling Berbahaya di Dunia
Sumber : Twitter.com

Jalan berbatu dan kerikil ini memiliki panjang sekitar 16 kilometer yang hanya dibuka pada musim panas. Fairy Meadows Road dibangun ratusan tahun yang lalu oleh penduduk desa di Pegunungan Nanga Parbat dan belum diperbaiki selama beberapa dekade.

jalan paling berbahaya di dunia ini sangat tidak stabil di beberapa tempat, serta hanya cukup lebar untuk satu jip sekaligus, dan tidak memiliki pagar. Satu gerakan salah oleh pengemudi dapat mengirim kendaraan menuruni tebing vertikal sejauh ratusan meter.

Fairy Meadows Road sangat menakutkan, hanya untuk orang-orang yang memiliki saraf baja dan suka mengemudi di pegunungan.

7. Zoji La Pass (India)

Jalan Paling Berbahaya di Dunia

Berkelok-kelok seperti zig-zag melalui pegunungan tertinggi di dunia adalah ciri khas dari jalan Zoji La Pass ini. Meski panjangnya hanya sekitar 9 kilometer, tapi Anda akan dibawa melewati jalur zig-zag di antara puncak-puncak terjal di ketinggian lebih dari 3.300 meter.

Menghubungkan kota Srinagar dan Leh di pegunungan Himalaya barat (Kashmir, India), Zoji La Pass adalah jalan paling berbahaya di dunia tanah tanpa pagar atau rambu lalu lintas dan sering terjadi tanah longsor adalah masalah lain yang membuat jalan di India ini makin berbahaya.

Mulai dibangun pada tahun 1947 dan awalnya digunakan untuk keperluan militer. Zoji La Pass umumnya ditutup selama musim dingin, karena sering terjadi tumpukan salju setinggi 15 meter sehingga tidak bisa dilewati.

8. Pan-American Highway (Alaska menuju Chili)

Jalan Paling Berbahaya di Dunia
Sumber : motorhomefulltime.com

Pan-American Highway (PAH) tidak sepenuhnya berbahaya, artinya, mungkin tidak lebih buruk dari jalan raya Amerika biasa. Tetapi di beberapa tempat, Anda mungkin harus mempertaruhkan nyawa Anda untuk melewati jalur PAH.

Bagian paling berbahaya dari PAH adalah jalur yang melalui Meksiko dan Amerika Tengah, tempat para teroris kartel narkoba berkeliaran.

Dan di bagian jalan Panama, terdapat pemberontak FARC yang sering mengambil tawanan dan menahan mereka untuk tebusan, kadang-kadang selama bertahun-tahun.

Jadi yang membuat jalan ini berbahaya bukan hanya kondisi alamnya, tapi juga orang-orang yang tinggal di sekitarnya.

9. Guoliang Tunnel Road (China)

Jalan Paling Berbahaya di Dunia
Sumber : charismaticplanet.com

Jalan terowongan Guoliang dulu dibangun oleh penduduk desa yang kecewa karena pemerintah China tidak juga membangun jalan penghubung desa.

Menurut pemerintah China, kesulitan dan biaya untuk membuat jalan tidak sepadan jika hanya akan digunakan oleh 300 penduduk desa.

Kemudian 13 dari penduduk desa itu memutuskan untuk membangun terowongan 0,8 mil melalui batu karang padat dari tebing vertikal yang terletak di Pegunungan Taihang di provinsi Henan.

Penduduk desa menggunakan bahan peledak untuk membuat lubang besar melalui tebing yang berliku-liku ini. Karena tidak memiliki pengalaman membangun jalan, beberapa penduduk desa tewas dalam kecelakaan.

Setelah lima tahun pembangunan, jalan dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1977.

10. Chapman Peak Drive (Afrika Selatan)

Jalan Paling Berbahaya di Dunia
Sumber : greatruns.com

Lokasi tepatnya adalah Cape Town. Meski tidak terlalu tertutup, tapi jalur jalan ini memiliki kemiripan dengan Guoliang Tunnel Road yang ada di China.

Jalan ini sering ditutup akibat longsoran batu yang berbahaya bagi pengguna jalan. Anda beruntung jika bisa datang ke jalan ini saat tidak ditutup dan tidak terjadi longsoran, karena Anda bisa melihat pemandangan yang spektakuler di sini.

Artikel jalan paling berbahaya di dunia ini dilansir dari wanderwisdom.com. Kalau Anda memasukkan jalan-jalan berbahaya ini ke dalam bucket list tempat yang akan Anda kunjungi, pastikan jalan ini menjadi tantangan terakhir Anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close