Dasar dasar Blog

Jangan Sampai Blog anda Di hapus Oleh Google

Apa penyebab utama blog dihapus oleh google? Mungkin tanpa anda sadari anda tidak merasa membuat kesalahan pada blog yang anda kelola, mungkin juga anda menganggap bahwa selama ini reputasi blog anda baik baik saja.T anpa anda sadari, sebenarnya google mengawasi setiap pergerakan dan aktifitas blog, ribuan hingga jutaan.

Dalam mengelola sebuah blog mungkin anda melakukan kesalahan tanpa anda sadari bahkan apa yang anda lakukan untuk minggu kemarin mungkin sudah lupa. Tetapi google mencatat aktifitas blog anda, dari menit ke menit dan dari hari ke hari.

Sebuah system canggih telah di tanamkan sejak anda memverifikasi blog anda di google webmaster maupun google analytic. System canggih itu adalah meta verifikasi yang di konfigurasi dan di sync sebagai robot crawl serta pendeteksian aktifitas terhadap suatu blog.

Jadi metode verifikasi itu tujuannya selain memaksimalkan kinerja sebuah blog terhadap hasil pencarian google, fungsi lain adalah menganalisa secara langsung kesehatan blog anda, termasuk di dalamnya ditanamkan system pengawasan.

Bisa anda lihat, backlink, sumber lalu lintas/traffic, kesalahan crawl, semua dilaporkan secara berkala. Semua di update teratur sesuai aktifitas di blog anda. Nah, jadi sekarang anda paham kan, kalau blog kita di awasi langsung oleh google. Setiap kesalahan pasti tercatat walaupun tanpa kita sadari kesalahan itu tidak pernah kita lakukan.

Bukan tanpa alasan bahwa pihak google melakukan bersih – bersih terhadap blog yang dianggap atau sudah di cap sebagai spam. Tindakan tidak wajar terhadap suatu blog, trafik yang begitu meningkat secara drastis dalam waktu yang singkat atau jumlah backlink yang tidak wajar adalah salah satu pemicu sebuah blog akan tersingkirkan.

Hukuman ini lebih di tujukan pada blogspot, karena blogspot adalah milik google. Untuk blog yang memakai self hosting tidak akan terkena dampak penghapusan, karena milik sendiri. Akan tetapi hukuman juga berlaku seperti deindex artikel/posting di hasil pencarian.. Jadi artikel tidak akan ditemukan di hasil pencarian google.

Backup Data Postingan Itu penting

Sekali lagi, hal ini lebih ditekankan khususnya bagi pengguna flatform blogger, karena ibaratnya kita itu numpang, dan memakai fasilitas gratis. Jika sewaktu – waktu kita tidak sopan tuan rumah berhak mengusir. Walaupun kita punya nama domain sendiri yang sudah di custom domain (.com .net .org Dll)

tetapi kita masih menggunakan hosting dari blogspot.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, jika sewaktu waktu blog dihapus oleh pihak google, kita dapat melakukan backup terhadap postingan blog kita. Caranya masuk ke seting > pilih sub menu Lainnya/Other > Eksport Blog. Lalu unduh blog, Terakhir simpan di harddisk penyimpanan anda.

Tetapi ini hanya untuk menyelamatkan postingan blog saja, nama serta URL blog akan tetap terhapus, otamatis semua backlink yang kita dapat juga ikut hilang. Hal yang sangat di sayangkan, jika kita sudah membangun blog bertahun – tahun, dan hilang lenyap begitu saja dihapus oleh google. Padahal jumlah trafik pengunjung meningkat.

Banyak juga para blogger yang beramai – ramai memindahkan blognya ke self hosting, dengan alasan menghindari penghapusan blog secara masal. Dengan begitu menjadi lebih tenang, walaupun harus merogoh sedikit uang untuk menyewa hosting. Tetapi bagi profesional blogger, langkah tersebut adalah sangat tepat.

Penyebab blog di hapus google

Penyebab blog terhapus oleh pihak google bisa beragam, penerapan SEO yang salah menjadi pemicu blog dihapus, link building yang ugal Рugalan menyebabkan blog terdeteksi sebagai SPAM. Tak lain dan tak bukan penyebabnya adalah admin blog itu sendiri. Selain itu penyebab blog dihapus dikarenakan blog tersebut melanggar kebijakan konten blogger.

Tim kami meninjau tanda pengguna untuk pelanggaran kebijakan. Jika blog tidak melanggar kebijakan, kami tidak akan mengambil tindakan apa pun terhadap blog atau pemilik blog.

Jika kami menemukan blog memang melanggar kebijakan konten kami, kami akan melakukan salah satu atau beberapa tindakan berikut tergantung tingkat pelanggaran.

Jadi berhati – hati lah terhadap blog anda sendiri. Seorang admin blog di tuntut tegas untuk memerangi SPAM terutama pada kolom kotak komentar, jadi moderasi komentar juga banyak berguna. Jika mencari backlink juga sewajarnya saja, google mencium “spammer” dari backlink yang tidak wajar, yang di peroleh dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat.

Sementara ini saja dulu, semoga anda lebih berhati – hati terhadap blog anda sendiri. Sayangilah blog anda, yang anda rawat sejak “bayi” (ibaratnya), jangan jadikan sia – sia hanya karena blog dihapus oleh pihak google.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

8 Comments

  1. Blog aku lenyap di hapus google aku gak tahu mengunakan blog, tidak pernah aku lihat setelah aku cari blog aku lenyap

  2. Mas mohon pencerahanya..
    Jika saya mempunyai trik sebelum saya posting atau publish artikel yang bersih, selalu menyimpan artikel emas tersebut dalam flasdish. Untuk berjaga² jika tindakan google menghapus blog yang di bangun..
    Naah, jika musibah tersebut yang tidak di inginkan terjadi (blog di hapus google).. Apakah bisa mas, artikel yang sudah di simpan di flasdish.. Di publish kembali melalui wordpress.org (self hosted) ??
    Apakah ada permasalahanya atau tidak mas?? mohon beri pencerahanya.

  3. Kalau menggunakan WP pengaturan diatas tidak berpengaruh ya Mas ??

  4. Ini baru saya alami mas blog dihapus sepihak, saya sadar betul kalau blog saya bersih, tanpa teknik aneh2, artikel hasil susah payah ketikan sendiri, tapi tiba2 beberapa hari lalu dihapus oleh tim Blogger dengan alasan SPAM. Saya bingung spam dibagian mananya, memang akhir2 ini trafik blog saya meningkat drastis kalau dilihat dari statistik dasbor, langsung down banget serasa nyerah ngeblog, trauma. Karena saya belum back-up semua artikel yang berjumlah lebih 400 selama sekitar 2 tahun saya ngeblog.

    Saat masuk dasbor ada tombol banding, saya kirim untuk banding, tapi sampai sekarang tidak ada jawaban dari Google/Tim Blogger.

    1. BIasanya respon banding dari pihak google bisa sampai 3 harian mas, coba ditunggu saja dulu,. Apabila blog tidak melanggar ketentuan pedoman komunitas blogger besar kemungkinan akan dikembalikan pihak google.

  5. Kalo blog dengan TLD yang bukan blogspot tapi masih hosting blogger. Apa di hapus kalo melanggar ketentuan google?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close