Internet

Jaringan 5G 3 Indonesia Di Uji Coba, Ini Hasil Kecepatannya

Hasil Uji Coba Jaringan 5G Milik 3 Indonesia

Mengusung tema ‘The Future is Now #IndonesiaTanpaBatas’ , operator seluler 3 Indonesia (Tri) menggelar uji coba jaringan 5G.  Uji coba 5G di spektrum 28 GHz ini dilakukan setelah sebelumnya mengantongi izin dari Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Uji coba internet berkecepatan tinggi ini juga bekerja sama dengan Kemkominfo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), di Surabaya, pada 5 September 2019 lalu.

Nantinya jaringan 5G ini untuk memfokuskan penerapan teknologi komunikasi tanpa batas pada dunia pendidikan yang bertujuan untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia di masa depan.

Di kutip dari Kumparan 08-09-2019, uji coba teknologi 5G untuk operator 3 Indonesia ini merupakan uji coba 5G pertama di Indonesia yang dilakukan di live system secara end-to-end.

Sebelumnya komunitas global 3 juga telah menggelar uji coba 5G di berbagai negara seperti 3 UK, 3 Hong Kong, 3 Austria, yang menghubungkan jaringan tanpa batas ke seluruh penjuru dunia.

Baca juga7 Perusahaan yang Mengembangkan Teknologi 5G, Internet Super Kencang

Dalam uji yang dilakukan menggunakan frekuensi millimetre wave untuk 5G gNB radio, 80 GHz untuk E-Band transport, NSA3x untuk 5G Core Network di Semarang. Serta HSS, PCRF, dan VoLTE IMS di Jakarta, dan perangkat 5G.

Uji Coba Jaringan 5G Di dukung beberapa Vendor

Uji coba end-to-end di ITS ini juga di dukung oleh beberapa vendor seperti Nokia yang menyediakan gNB untuk 5G RAN, E-Band MW transport, aktivasi 5G di live vEPC, dan integrasi end-to-end

Huawei juga turut serta dengan solusi SDB (Super Dual Band) MW yang pertama kalinya digunakan di Indonesia untuk kapasitas data 5G.

Didukung pula oleh modem Snapdragon X50 5G dari Qualcomm dan dukungan teknis untuk memastikan panggilan data dan VoLTE di jaringan 5G dapat dilakukan.

Uji coba ini untuk mendemonstrasikan kemampuan Dual Connectivity yang menggabungkan jaringan 5G dan jaringan LTE secara simultan.

Penggunaan Dual Connectivity ini memungkinkan pengguna menikmati internet dengan user experience untuk hasil yang lebih baik.

Hasil uji coba jaringan 5G untuk operator 3 Indonesia ini mencapai kecepatan unduh data hingga 1,2 Gbps dan kecepatan unggah 75,9 Mbps dengan latency 11 ms.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close