Tekno

Mengenal 10 Jenis dan Tipe Layar pada Smartphone

Mengetahui jenis dan tipe layar pada smartphone merupakan hal wajib jika ingin mendapatkan sebuah smartphone dengan kenyamanan saat dipandang, dan juga ketahanan dari smartphone tersebut.

Smartphone merupakan sebuah perangkat seluler yang memiliki banyak fungsi. Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, kini penggunaan smartphone sudah seperti kebutuhan pokok saja. Bahkan untuk urusan harga, kini masyarakat tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam lagi jika ingin membeli sebuah smartphone baru.

Yap, sudah banyak vendor smartphone yang mengeluarkan produk dengan harga yang relatif terjangkau. Tapi kemurahan tersebut jugalah yang menyebabkan kurang bersaingnya spesifikasi sebuah smartphone yang diproduksi. Salah satunya adalah jenis dan tipe layar yang digunakan oleh smartphone tersebut.

Sebenarnya pemilihan jenis dan tipe layar yang terbaik sangat berpengaruh terhadap kualitas suatu smartphone. Salah-satunya adalah memberikan rasa nyaman dan tidak membuat mata perih pada saat membaca dengan jarak yang dekat. Selain itu jenis dan tipe layar yang baik juga memberikan ketahanan yang lebih terhadap benturan, goresan dan hal-hal yang berpotensi merusak layar.

Mengenal Jenis dan Tipe Layar pada Smartphone

jenis dan tipe layar
Smartphone via https://www.pexels.com

1# Layar LCD

LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display, dari namanya saja kita sudah dapat menebak bahwa layar dengan teknologi seperti ini mengusung elemen dengan lapisan kristal cair. Teknologi layar LCD sangat populer digunakan oleh perangkat elektronik, termasuk untuk penggunaan smartphone. Hal tersebut dikarenakan layar dengan teknologi LCD memiliki kemampuan tampil dengan cukup baik di bawah sinar matahari.

2# Layar TFT LCD

TFT  LCD merupakan atau Thin Film transitor Liquid Crystal Display, merupakan sebuah jenis layar smartphone LCD namun menawarkan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan penggunaan layar LCD. Kelebihan yang didapatkan dari layar bertipe TFT, yaitu kualitas gambar yang lebih baik dan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan layar sebelumnya.

Tapi, layar LCD dengan teknologi TFT masih memiliki kekurangan berupa keterbatasan sudut pandang dan visibilitas yang sempit ketika dilihat di bawah sinar matahari langsung.

Selain dari kekurangan tersebut, layar dengan jenis LCD TFT memiliki kekurangan lain berupa borosnya konsumsi listrik (baterai). Sehingga sangat tidak direkomendasikan untuk anda yang menginginkan smartphone dapat hidup dengan jangka waktu yang cukup lama.

Loading...

3# Layar IPS

Layar IPS merupakan sebuah terobosan yang dilakukan oleh pengemban LCD untuk menciptakan layar LCD yang mampu memberikan kenyamanan saat dipandang di bawah teriknya sinar matahari. Layar IPSpun diklaim memiliki konsumsi daya yang cukup sedikit dibandingkan tipe LCD sebelumnya. Sehingga sangat cocok untuk anda yang membutuhkan konsumsi baterai yang hemat, tetapi menginginkan kualitas gambar yang baik.

Untuk penggunaannya, layar dengan tipe IPS biasanya diperuntukan untuk pasaran smartphone kelas medium sampai dengan high. Sehingga smartphone dengan layar berkualitas IPS harganya akan sedikit lebih mahal, tapi memberikan pengalaman yang cukup baik dalam memainkan sebuah perangkat smartphone.

4# Layar OLED

OLED atau singkatan dari Organic Light Emiting Diode, merupakan sebuah teknologi layar yang telah banyak diterapkan pada smartphone maupun monitor. Teknologi OLED dilengkapi dengan lapisan bahan organik yang terbuat dari karbon, serta berada di antara dua lapisan yakni Anoda dan Katoda.

Layar dengan teknologi OLED memang memberikan pengalaman yang lebih baik ketimbang layar yang diproduksi sebelum-sebelumnya. Layar OLED mampu menghasilkan warna yang berkualitas serta memiliki respon yang cukup cepat saat di sentuh. Selain itu sudut pandang akan jauh lebih luas dan konsumsi baterai dirasa lebih hemat.

5# Layar AMOLED

Layar AMOLED merupakan tipe lanjutan dari layar dengan teknologi OLED. Layar AMOLEDpun sering kali dipergunakan untuk smartphone berkualitas dan berharga jual tinggi. Layar AMOLED mengandung molekul organik yang dapat menghasilkan cahaya jika dialiri oleh arus listrik. Layar AMOLED sendiri memang memberikan kita sensasi “Tajam” dalam setiap gambar dan video yang ditampilkan pada layar smartphone.

Layar dengan tipe AMOLED biasa dipergunakan oleh vendor smartphone asal Korea ( Samsung ). Selain itu Samsung pulalah yang menjadikan diri sebagai vendor pertama yang mengeluarkan smartphone dengan layar berteknologi AMOLED ini.

Meskipun harga untuk smartphone yang menggunakan layar AMOLED masih terbilang mahal. Tetapi kualitas gambar dan hematnya penggunaan baterai dirasa menjadi alasan kuat untuk tidak menjadikan harga sebagai masalah dalam hal tersebut.

6# Layar Super AMOLED

Terdapat varian baru dalam layar AMOLED, yakni layar Super AMOLED.  Layar dengan versi lanjutan dari tipe layar AMOLED ini merupakan singkatan dari super Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Tipe layar ini dikembangkan oleh vendor Samsung.

Layar Super AMOLED, mempunyai sensor sentuh pada layar itu sendiri. Sebagai lawan dari sentuhan luar untuk menciptakan lapisan sentuhan sensitif yang terpisah. Layar Super AMOLED pun diklaim memiliki dimensi yang lebih tipis. Dan memiliki responsibilitas yang lebih baik ketimbang layar AMOLED yang dikeluarkan sebelumnya.

7# Corning Gorilla Glass

jenis dan tipe layar
Corning Gorilla Glass via http://www.talkandroid.com

Gorilla Glass merupakan teknologi layar dengan perisai kaca khusus yang diproduksi oleh sebuah perusahaan bernama Corning. Produk Gorilla Glass dinilai mampu menjaga keamanan pada layar smartphone, khususnya saat terjadi benturan dan goresan yang beresiko menimbulkan kerusakan cukup parah.

Untuk sekarang ini, teknologi layar Gorilla Glass telah mengalami berbagai macam pembaruan yang membuatnya semakin baik lagi dalam menjaga ketahanan layar sebuah smartphone. Antara lain adalah :

> Corning Gorilla Glass 1.

Merupakan lapisan pada layar smartphone yang memiliki ketahanan yang luar biasa dalam menjaga keutuhan sebuah layar saat terjadinya benturan maupun goresan. Layar yang terbuat dari kaca ini sangat memiliki kualitas yang sangat baik dibandingkan dengna layar-layar yang sebelumnya sudah berada di pasaran.

Meskipun Corning memproduksi layar kaca dengan ketahanan yang diluar dugaan. Tetapi Corning tetap mempertimbangkan kenyaman user dengan membuatnya sangat tipis. Sehingga tidak akan berpengaruh terhadap kemampuan respon dan kecepatan pada saat anda memberikan sebuah perintah pada smartphone.

> Corning Gorilla Glass 2.

Sepertinya Corning benar-benar ingin menciptakan layar yang tangguh, namun dengan kenyamanan dan respon yang cepat untuk dirasakan oleh user. Pada layar Gorilla Glass 2 ini, Corning telah mengurangi hingga 20% dari ketebalan layar pada Corning Gorilla Glass 1. Hal ini juga menandakan bahwa Corning Gorilla Glass menjadi layar dengan teknologi yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Layar Gorilla Glass 2 telah melewati uji ketahanan dengan berhasil menahan tekanan hingga 60kg tanpa mengalami kerusakan sama sekali. Beberapa perangkat smartphone yang menggunakan Corning Gorilla Glass 2 antara lain adalah : Oppo Find 5, Samsung S III, dan HTC One.

> Corning Gorilla Glass 3.

Produk lanjutan dari Gorilla Glass ini diklaim jauh lebih tangguh ketimbang Gorila Glass 1, dan juga Gorilla Glass 2.  Layar yang diproduksi oleh perusahan Corning ini, dinilai mampu menahan goresan hingga 4 kali lipat dibandingkan produk sebelumnya.

Hanya saja, kemungkinan tergores masih tetap ada, namun dengan presentase 50% lebih halus dan tidak terlihat dari produk Gorilla Glass sebelumnya. Gorilla Glass 3 pun telah dibekali dengan fitur baru yaitu NDR ( Never Damage Resistance ). Fitur ini memungkinkan layar Gorilla Glass 3 tetap terlihat mulus dan utuh meski terkena benturan yang sangat kuat.  Sehingga sangat cocok untuk anda yang menginginkan kemewahan sekaligus ketangguhan.

> Corning Gorilla Glass 4.

Corning lagi-lagi mengeluarkan layar smartphone yang dinilai mampu memberikan ketahanan hingga 10 kali lebih baik ketimbang produk yang sebelumnya telah dikeluarkannya. Layar tersebut diberi nama Corning Gorilla Glass 4 yang memang tidak usah diragukan lagi ketangguhannya.

Jika ingin melihat bukti, mari kita lihat saja beberapa vendor smartphone yang “menggandeng” penggunaan layar Gorilla Glass 4 ini. Di antaranya adalah Samsung Galaxy s5, LG4, dan Lumia 930 yang mana semuanya merupakan smartphone dengan kelas High-end dengan harga jual yang terbilang cukup mahal.

Corning mengklaim telah melakukan penelitian yang cukup lama dalam mengembangkan produk layar dengan teknologi kaca berkualitas ini. Kabarnya Corning melakukan beberapa simulasi untuk mengetes ketahanan layar dengan cara menjatuhkannya di tempat yang memiliki permukaan kasar dan melakukan uji tekanan pada kaca tangguhnya tersebut.

Tetapi sekuat-kuatnya layar tersebut diciptakan, tujuannya adalah untuk menahan bukan untuk di hancurkan. Jadi jangan coba-coba mengunji ketahanan dari kaca Gorilla Glass tersebut pada smartphone kesayangan anda apabila tidak menginginkan terjadinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

8# Dragontail Glass

Dragontail adalah sebuah teknologi layar yang diyakini mampu bersaing dengan produk Corning Gorilla Glass. Dragontail Glass diproduksi oleh perusahaan bernama Asashi Glass, yang menyediakan kaca berkualitas tinggi seperti halnya perusahaan Corning.

Ketangguhan Dragontail Glass sangat memukai dengan mampu menahan beban 60KG dengan kaya yang hanya memiliki temab 1mm. Smartphone yang hadir dengan layar dari kaca Dragontail Glass salah-satunya adalah Xiaomi Redmi 1S.

9# Layar Retina Display

Retina display merupakan teknologi layar yang dipergunakan oleh smartphone keluaran dari Aplle atau biasa kita sebut iPhone. Dinamakan Retina Display, karena layar ini memiliki kerapatan pixel yang cukup besar sehingga membuat gambar yang dihasilkan semakin jernih dan tajam.

Selain itu, penggunaan Retina Display juga memberikan efek sejuk bagi mata sang pengguna, berbeda halnya dengan layar-layar yang umum dipergunakan oleh smartphone lain yang bila dipandang terlalu lama akan membuat mata perih dan terasa terbakar.

Semenjak keluarnya produk iPhone 4, sebenarnya Apple telah menyematkan teknologi Retina Display pada smartphone besutannya,  dan hal tersebut terus ia pertahankan hingga sekarang ini.

Teknologi retina display bisa diterapkan pada perangkat yang memiliki kepadatan layar lebih dari 163 ppi. Dan produk-produk Apple umumnya memiliki kepadatan layar lebih dari ppi. Katakanlah ada produk lain yang memiliki kepadatan layar namun teknologi retina display. Tampilannya akan sangat beda dengan produk dari Apple yang memiliki teknologi ini. Karena menurut Apple, teknologi retina display merupakan teknologi yang tepat untuk retina mata.

Sebenarnya penamaan Retina untuk jenis layar andalan Aplle ini hanyalah sebuah sebutan “Branding”. Meniru teknologi ini merupakan hal yang mudah bagi para vendor lain, akan tetapi nama Retina yang sudah seperti “mendaging” menjadikan sensasi yang kurang afdol ketika vendor lain meniru penggunaan layar ini dengan memberikan sebutan yang berbeda.

BONUS . . . . .

10# Tempered Glass

Oh, tidak tidak . .

Ini hanya sekedar bonus sekaligus untuk menambah wawasan kita. Tempred Glass sebagaimana kita ketahui merupakan lapisan layar pada smartphone, dan sama-sekali tidak masuk kedalam jenis dan tipe dalam layar smartphone.

Tempered glass terbuat dari kaca float yang diproduksi melalui proses pemanasan thermal, di mana kaca akan dipanaskan sampat benar-benar mencapai titik lunaknya dan didinginkan secara cepat. Hal seperti ini bertujuan untuk membuat kaca Tempered Glass menjadi berkualitas tinggi dalam ketagguhan dalam menahan goresan dan benturan yang keras.

Untuk penggunaannyapun, kaca Tempered Glass dapat dibeli secara terpisah di berbagai toko dan konter yang menyediakannya, dan pemasangannya dilakukan di luar laayar ( seperti anti gores pada umumnya ). So, jangan sampai salah kaprah ya guys dalam mengartikan Tempered Glass yang sesungguhnya.

Baca Juga : Yuk, Ketahui Macam-macam Processor Pada Smartphone

Itu dia jenis dan tipe layar pada smartphone yang biasa kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui jenis dan tipe layar pada smartphone, diharapkan kita menjadi user smartphone yang tentunya smart dalam memilih dan menentukan smartphone manakah yang tepat dan terbaik untuk kita beli dan dipergunakan. Semoga saja jenis dan tipe layar pada smartphone anda merupakan jenis dan tipe layar yang memiliki kualitas baik yah 🙂



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Vilandus

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *