Internet

Blog Anda Lambat? Ketahui Jenis Hosting Yang Cocok Untuk Blog Anda

Selamat datang di klikmania. Apakah kecepatan loading blog anda lambat? Apa sebabnya? Apakah layanan hosting anda buruk? Sebagian besar blogger pasti pernah merasa kecepatan loading blognya lambat. Nah, lalu faktor apa saja yang membuat kecepatam loading suatu blog melambat.

Perlu anda ketahui kecepatan loading suatu blog sendiri ditentukan oleh beberapa faktor, Yaitu:

  • Koneksi Internet yang anda gunakan.
  • Theme yang anda gunakan.
  • Hosting yang anda gunakan.

Kali ini saya akan mengulas jenis-jenis hosting, kelebihan dan kekuranganya.

Pengertian Hosting

Hosting ?apa sih hosting itu? Hosting atau yang lebih sering disebut web hosting adalah layanan penyewaan ruang penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan semua data-data yang ada di website atau blog sehingga semua data-data yang ada di blog atau website tersebut dapat diakses dari mana saja.

Data-data tersebut biasannya berupa file html, php, javascript, gambar atau foto, video dan lain lain. Web hosting juga menyediakan fasilitas email dan juga fitur-fitur yang lainnya, semua tergantung dari penyedia layanan web hosting itu sendiri.

Web hosting ada yang sifatnya gratis dan ada juga yamg berbayar, tapi fasilitas dan fiturnya tentu saja berbeda. Silahkan anda sesuaikan dengan kebutuhan anda, tapi sebaiknya jika anda masih belajar. Lebih gunakan yang gratis terlebih dahulu.

Baca : Perbedaan Domain Dan Hosting Serta Pejelasannya

Berikut ini jenis hosting yang ada di seluruh dunia

1. Free web hosting

Dari namanya saja kita pasti sudah bisa menebak kalau layanan jenis ini bersifat gratis, iya tentu saja gratis. Biasanya ada yang memberikan gratis tapi hanya beberapa tahun atau bulan tapi ada juga yang sampai selamanya.

Loading...

Tapi beberapa layanan memiliki ketentuan sendiri sendiri. Ada yang biasanya memunculkan iklan ada juga yang tidak memunculkan iklan sama sekali. Contoh layanan yang  menyediakan  web  hosting gratis adalah: bythost, 000webhost, hostinger dan lain-lain.

Bukankah blogspot dan wordpress juga gratis? Ya..benar sekali tapi wordpess dan bĺogspot bukan merupakan web hosting, akan tetapi blog hosting. Bedanya blog hosting adalah layanan hosting yang bersifat terbatas dan terikat peraturan tertentu sedangkan web hosting adalah layanan hosting yang sifatnya bebas. Jadi orang yang menggunakan layanan web hosting bisa mengelola blog miliknya tanpa batasan atau peraturan.

2. Shared /virtual web hosting

Adalah satu situs web yang diletakkan di server yang sama dan berbagi dengan banyak situs yang lainnya. Bahkan bisa mencapai ribuan situs.Fitur yang disediakan oleh layanan seperti ini bisa lumayan banyak. Satu buah blog bisa di host bersama dengan reseller .Biasanya hosting yang satu ini adalah web hosting yang sering digunakan ,karena biayanya relatif lebih murah dari pada web hosting yang lain.

3. Reseller web hosting

Pada reseller web hosting memungkinkan klien untuk menjadi web host sendiri.Reseller untuk setiap domain dapat berfungsi pada kombinasi semua tipe web hosting,tergantung siapa penyedia affiliasinya.Akun resseller mungkin sangat bermacam macam jumlahnya.

Mereka mempunyai virtual dedicated server hingga colocated server sendiri.Banyak reseller yang menyediakan layanan yang hampir mirip dengan penyedia shared web hosting dan memberikan dukungan tersendiri

4.Virtual Dedicated Server

Jenis hosting ini disebut dengan virtual private server (VPS) yang membagi sumber daya server menjadi virtual server. Dimana sumber yang dapat dialokasikandengan cara yang tidak langsung yang mencerminkan hardware.

VPS sering menjadi sumber daya yang dialokasikan satu serverv sehingga membentuk banyak VPS, tetapi penggunaanya boleh dilakukan untuk beberapa fungsi,

Contoh: Kemampuan untuk memindahkan kontainer VPS antar server. Pengguna dapat memiki akses utama ke blog mereka sendiri. Hal ini juga dikenal dengan VPS. Pelanggan biasanya juga bertangung untuk pathching dan memelihara server.

5. Dedicated server

Dalam dedicated server, kita memperoleh web sendiri dan mendapatkan kendali penuh atas blog tersebut. Meskipun sebenarnya kita biasanya tidak benar-benar memiliki server sendiri. Tipe lain dedicated server adalah self managed atau unmanaged hosting.

Jenis hosting ini biasanya yang paling mahal, karena kita memiliki server sendiri dan dalam satu server hanya ada satu hosting dan domain milik kita. Karena memiliki akses adsministratif penuh, jadi kita bertanggung jawab atas keamanan dan pemeliharaan sendiri sehingga kita memerlukan tenaga ahli untuk melakukannya

6. Managed hosting

Kita mendapatkan server web sendiri tetapi tidak memiliki kontrol penuh, namun kita diizinkan untuk mengatur data melalui FTP ataupun lainnya. Kita memiliki kontrol terbatas sehingga penyedia dapat menjamin kualitas layanan dengan cara tidak memungkinkan kita kita untuk mengubah server atau menciptakan masalah konfigurasi. Pengguna tidak memiliki server karena server biasanya disewakan.

7. Colocation web hosting

Adalah jenis hosting yang paling handal dan mahal. Mirip dengan dedicated web hosting, tetapi pengguna memiliki server colocation sendiri terletak di perusahaan hosting. Kita akan memiliki administrator sendiri yang mengunjungi pusat data untuk melakukan upgrade hardware atau perubahan apapun.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya adalah seorang pelajar yang menyukai dunia blogging,bisnis,teknologi(terutama elektro)

Artikel terkait

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *