Ulasan Bisnis

6 Jenis Investasi yang Sangat Cocok untuk Dijalankan Anak Muda

Jenis investasi ada banyak sekali jenisnya dan bisa dijalankan oleh semua orang mulai dari anak muda sampai kepada para orang dewasa.

Lalu ketika ada pertanyaan jenis investasi apa yang sangat cocok untuk dijalankan oleh para anak muda ?

Maka untuk menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya kalian menyimak pembahasan yang akan kami sampaikan lebih dalam berikut ini.

Emas

jenis investasi
Emas Via investasiemas-id.com

Jenis investasi pertama yang bisa kalian jalankan adalah dengan berinvestasi pada emas. Emas merupakan salah satu jenis investasi yang memiliki risiko rendah dan cenderung mengalami peningkatan harga dari tahun ke tahun.

Emas sangat cocok kalian jadikan investasi sebagai tahap awal pembelajaran. Selain risiko yang tidak terlalu tinggi emas dapat kalian miliki dengan dana yang tidak terlalu besar.

Agar emas yang kalian investasi dapat memiliki nilai tambah di masa depan, kami sangat menyarankan kalian untuk berinvestasi pada emas batangan dibandingkan dengan emas perhiasan.

Reksadana

jenis investasi
Reksadana Via stockinvestor.com

Reksadana merupakan jenis investasi yang sangat cocok untuk dilakukan oleh anak muda yang baru belajar berinvestasi. Hal ini dikarenakan saat berinvestasi di dalam reksadana, risiko kerugian dapat diminimalisir. Sebab dana yang kalian invetasikan dikelola oleh pihak profesional yang paham dengan dunia investasi yaitu Manajer Investasi.

Selain itu reksadana bisa kalian dapatkan dengan harga yang sangat murah? Sebab hanya dengan bermodalkan uang 100 ribu rupiah saja kalian telah bisa berinvestasi dalam reksadana.

Murah bukan ?

Investasi Reksadana Modal Kecil Mulai 100 Ribu di 8 Tempat Ini

Deposito

Jika kalian ingin mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi namun disertai risiko yang lebih rendah.   Berinvestasi pada Deposito dapat menjadi pertimbangan yang bisa kalian terapkan.

Deposito terbukti memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan hanya menabung uang di dalam bank saja. Selain itu tingkat risiko dalam berinvestasi di deposito juga sangat rendah. Sehingga sangat cocok untuk dijalankan oleh anak muda seperti kalian.

 Asuransi

Jenis investasi yang satu ini sering kali diremehkan oleh para anak muda yang melihat dirinya masih sehat-sehat sekarang. Padahal berinvestasi di dalam asuransi sangat perlu kalian lakukan untuk memproteksi masalah kesehatan yang mungkin saja muncul dimasa depan.

Coba bayangkan jika beberapa bulan ke depan kalian mengalami penyakit dan membutuhkan biaya yang relatif besar untuk biaya perawatan di rumah sakit.

Dengan apa kalian akan membayar biaya tersebut ?

Pertanyaan tersebut seharusnya dapat dengan mudah kalian jawab jika memiliki asuransi kesehatan. Sehingga tagihan biaya rumah sakit tidak perlu kalian pikirkan lagi dan kalian tidak perlu juga mengorek kantong terlalu dalam untuk membayar tagihan tersebut.

Selain sangat bermanfaat, biaya premi asuransi diwaktu muda juga relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya premi yang harus kalian bayarkan saat telah berumur 40 tahun ke atas.

Waralaba

Kalian yang memiliki passion di bidang bisnis namun tidak ingin meninggalkan pekerjaan yang sekarang digeluti, maka waralaba dapat menjadi solusi yang bisa kalian lakukan.

Waralaba merupakan bisnis yang telah memiliki sistem yang dikelola dengan baik oleh para pendiri dan pemiliknya. Sehingga di saat berinvestasi pada sektor ini kalian tidak perlu lagi direpotkan dengan masalah branding produk, SOP bisnis, dan lain sebagainya. Sebab semua hal tersebut telah diatur oleh para pendiri dan kalian sebagai investor hanya tinggal menjalankan dan mengawasi bisnis tersebut.

Peluang Bisnis Waralaba : Sukses Mengelola Usaha Meskipun Bekerja Sebagai Karyawan

Selain itu berinvestasi dalam bisnis ini tidak terlalu menguras kantong anak muda, sebab untuk waralaba makanan dan minuman kalian hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 6 – 7 Juta saja.

Jenis Investasi Terakhir Adalah Bitcoin

Bitcoin Via bitcoin.org

Jenis investasi yang terakhir ini mungkin masih terdengar asing di telinga kalian para anak muda, investasi ini bernama Bitcoin.

Secara sederhana dan mudah, Bitcoin merupakan sebuah mata uang di dunia maya yang bisa kalian gunakan untuk melakukan transfer dana ke berbagai pihak mana pun. Selain itu Bitcoin memiliki karakterisitik yang mirip seperti emas, dimana nilainya yang dapat terus bergerak namun lebih mudah ditransfer dibandingkan dengan jenis emas yang kita kenal.

Pergerakan Harga Bitcoin

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa Bitcoin merupakan salah satu jenis investasi yang bisa kalian manfaatkan. Namun, sebelum melakukan investasi ada baiknya kalian memahami terlebih dahulu laju pergerakan harga Bitcoin dari tahun ke tahun.

Tepat pada tanggal 5 Mei 2016 sebuah data yang dilansir dari https://www.luno.com/id/price menunjukkan bahwa harga 1 Bitcoin sama dengan Rp 5.970.000. Lalu satu tahun kemudian tepatnya pada tanggal 11 Mei 2017 nilai Bitcoin melonjak berkali-kali lipat dari sebelumnya yatu sekitar Rp 25.233.500.

Kalian tahu berapa kali kenaikan nilai dari Bitcoin tersebut ?

Sekitar 400% dari nilai sebelumnya.

Sebuah investasi yang sangat menguntungkan, mengingat kebanyakan investasi sangat jarang memberikan imbal hasil diatas 100% hanya dalam waktu 1 tahun saja. Ditambah lagi pergerakan nilai Bitcoin setiap periode relatif stabil dan cenderung meningkat dari periode ke periode. Sehingga  Bitoin masih relatif aman untuk kalian jadikan ladang investasi di waktu muda.

Lalu bagaimana untuk mendapatkan Bitcoin tersebut ?

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan mendapatkannya melalui broker Bitcoin yang telah memiliki reputasi sebagai penyedia layanan exchange Bitcoin.

Salah satu broker Bitcoin yang bisa kalian gunakan tersebut adalah Luno. Melalui platform Luno yang tersedia di website (https://www.luno.com/id), Android, dan iOS, kalian dapat membeli Bitcoin seperti layaknya membeli mata uang atau saham secara online. Cara seperti ini merupakan cara aman dan mudah yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan Bitcoin.

Mengapa mudah ?

Sebab saat kalian membeli Bitcoin melalui broker maka dapat dipastikan kalian dapat dengan mudah menemukan orang yang akan menjual Bitcoin mereka kepada kalian di platform tersebut.

Mengapa Aman ?

Ingatlah bahwa setiap investasi memiliki risiko yang harus kalian waspadai begitu juga dengan Bitcoin. Resiko Bitcoin dapat berupa peretasan akun sehingga seseorang dapat dengan mudah mencuri Bitcoin yang kalian miliki. Saat ini terjadi kalian tidak bisa meminta pergantian dari siapapun sebab tidak ada entitas yang mau bertanggung jawab atas kehilangan yang kalian rasakan.

Oleh sebab itulah kalian selaku investor perlu mencari penyedia layanan Bitcoin yang memiliki reputasi dan kredibilitas. Sehingga Bitcoin yang kalian miliki tidak mudah dicuri oleh berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab.

Luno bisa menjadi pilihan yang aman jika kalian ingin serius melakukan investasi pada Bitcoin. Sebab Luno telah memiliki sistem kemananan yang sangat canggih. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak pernah diretasnya sistem kemananan Luno oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana sudah menentukan jenis investasi yang ingin kalian lakukan ?

Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan dan menginspirasi kalian yang sedang bingung melakukan investasi.

Selamat Berinvestasi!


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close