Jenis-Jenis Fans PC yang Wajib PC Gamer Ketahui Sebelum Membeli

Jenis -jenis Fans PC – Fans atau kipas dalam PC kita mungkin adalah salah satu hardware yang jarang di perhatikan atau sangat rendah prioritasnya.

Padahal fans sangat mempengaruhi sirkulasi udara atau airflow dalam casing PC kita. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi performa PC kita nanti terutama untuk Gaming PC.

Komponen dalam PC kita mempunyai batas temperature maksimum yang disebut dengan Tjunction. Jika temperature komponen PC kita mendekati atau mencapai batas maksimum Tjuntion maka dua hal akan terjadi.

Satu PC kita akan mati secara otomatis hal ini berlaku untuk komponen PC jaman dahulu. Kedua PC kita akan menurunkan performa agar temperature komponen turun, Hal itu disebut dengan Thermal Throttling.

Temperature atau suhu PC kita bergantung pada beberapa faktor di antaranya:

  • Suhu Ruangan atau Ambient Temperature
  • Jenis pekerjaan yang sedang kita lakukan di PC
  • Ukuran dan lubang udara pada casing PC kita
  • Dan jumlah serta jenis fans yang digunakan’

Jadi hal di atas wajib kamu perhatikan saat ingin merakit PC terutama untuk keperluan Gaming, Faktor di atas tentunya sangat penting dan sangat perlu untuk di bahas.

Namun untuk topik kali ini kita akan lebih fokus membahas fans atau kipas komputer.

Jenis-Jenis Fans PC

Jenis Fans PC

Loading...

Hal ini mungkin sangat jarang diketahui oleh mayoritas orang awam pada umumnya atau yang biasa saya sebut dengan Non Techies.

Padahal hal ini sangat amat penting dan wajib diketahui sebelum kamu membeli Fans PC.

Kebanyakan orang terutama orang awam tidak mengetahui hal ini, Karena itu saat membeli fans mereka hanya asal membeli yang penting dapat digunakan.

Di seksi pertama ini kita akan bahas jenis-jenis fans PC yang dapat kita temukan di pasaran.

Fans atau kipas PC umumnya terbagi dalam dua macam yaitu Airflow dan Static Pressure. Mari kita bahas satu per satu.

Airflow Fans

Jenis Fans PC

Airflow Fans adalah fans PC atau kipas yang didesign dari awal khusus untuk keperluan airflow.

Artinya fans ini dikhususkan untuk mengambil dan mengembuskan udara sebanyak banyaknya ke dalam casing PC kita melalui tempat yang terbuka.

Para engineer mendesain blades atau fins pada fans agar dapat mengambil udara sebanyak-banyaknya. Airflow fans mempunyai spesifikasi yang biasanya dilambangkan dengan unit yang disebut dengan CFM atau Cubic Feet per Minute.

Semakin besar/tinggi CFM nya maka semakin banyak juga udara yang dapat diambil oleh fan/kipas tersebut.

Jadi jika kamu ingin membeli fans/kipas untuk casing PC maka carilah fans/kipas yang bertuliskan khusus untuk Airflow seperti Corsair AF dan lainya.

Static Pressure Fans

Jenis Fans PC

Berbeda dengan Airflow Fans yang didesain untuk mengambil udara sebanyak-banyaknya. Static Pressure Fans didesain untuk menghembuskan udara sekuat mungkin ke komponen PC kita.

Static pressure fans didesain sebagai pendingin heatsink baik itu CPU heatsink ataupun GPU heatsink dan lain-lain. Heatsink umumnya terdapat lempengan-lempangan logam yang berfungsi sebagai pendingin serta sebagai jalan udara.

Static pressure fans seperti yang sudah dijelaskan didesain untuk menghembuskan udara sekuat mungkin ke celah-celah lempengan tersebut dan membuat kinerja pendinginan lebih optimal.

Static pressure fans pada umumnya mempunyai CFM yang rendah yang membuat static pressure fans tidak ideal jika digunakan untuk fans casing.

Namun static pressure fans dapat menghembuskan udara lebih kencang/kuat dibandingkan dengan airflow fans.

Unit yang biasa digunakan untuk melambangkan rating static pressure fans adalah mmH20. Semakin tinggi mmH20 nya maka semakin kuat angin yang dapat dihembuskan.

Static pressure fans ideal untuk digunakan sebagai pendingin heatsink atau komponen PC lainya seperti Hard Disk dan SSD, Maka dari itu jika kamu membutuhkan fans untuk heatsink atau sebagai pendingin HDD/SSD maka gunakanlah static pressure.

Sering sekali casing jaman sekarang yang mempunyai HDD cage dibagian bawah depan casing di dekat fans depan casing, Maka dari itu gunakan 1 static pressure fans dibagian tersebut agar pendinginan storage menjadi lebih optimal.

Hybrid Fans

Jenis Fans PC

 

Istilah Hybrid Fans adalah istilah yang saya buat sendiri dikarenakan tidak ada istilah yang tepat untuk hal tersebut.

Hybrid Fans adalah gabungan antara Airflow fans dan Static Pressure fans yang dapat memberikan performa Airflow dan Static Pressure yang baik.

Hybid fans dapat digunakan sebagai casing fans dan heatsink fans dan dapat memberikan performa pendinginan yang cukup baik bahkan dalam beberapa model tertentu lebih baik daripada airflow fan static pressure fans itu sendiri.

Contoh hybrid fans yang bisa kamu temukan di pasaran adalah Corsair ML series atau Cooler Master Masterfan Pro.

FAQ

1. Bagaimana ciri-ciri fans airflow dan static pressure?

= Biasanya manufacture akan memberikan deskripsi pada box atau details fans tersebut yang memberi tahu jenis fans mereka. Cara lain adalah dengan melihat rating CFM pada box atau halaman spesifikasi fans tersebut.

Jika fans tersebut mempunyai CFM yang tinggi namun mmH20 yang rendah maka fans tersebut dalah airflow fans begitu juga sebaliknya.

2. Apa yang terjadi jika saya menggunakan airflow fans untuk keperluan static pressure fan sebaliknya?

= Jika kamu menggunakan fans yang salah maka performa pendinginan akan menjadi kurang optimal. Hasilnya temperature/suhu komponen kamu mungkin akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan fans yang sesuai kebutuhan.

Penutup

Itulah jenis-jenis fans yang bisa kamu temukan di pasaran, sebelum membeli fans untuk PC kamu pastikan kamu membeli fans yang benar.

Airflow untuk fans casing dan Static Pressure untuk fans heatsink atau bahkan Hyrbid Fans. Dengan demikian kamu akan mendapatkan performa pendinginan yang lebih optimal

Walaupun begitu, Pastikan kamu membeli fans dari produk yang ternama seperti Corsair, Nzxt, Be Quiet, Thermaltake, Noctua dan lain-lain.

Karena fans yang mereknya tidak jelas belum tentu spesifikasi yang diberikan mereka untuk fans nya itu benar.

Ya memang harga fans untuk merek-merek tersebut cukup tinggi namun performa dan kualitas yang diberikan lebih baik.

Sekian dari saya semoga artikel ini dapat membantu, Terima kasih sudah membaca artikel saya di Klikmania.


Loading...

Bagikan

Averyzalia

Penulis

Penulis artikel bertema Tech, Personal Computer dan PC Gaming mulai dari level dasar hingga mendalam. I am here to EDUCATE you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *