in ,

Jenis – Jenis Hosting Website dan Perbedaannya

Jenis-Jenis Hosting Website dan Perbedaannya

Saat ini perkembangan dunia digital semakin pesat dan mempermudah segala pekerjaan manusia terutama dalam berbisnis. Anda yang ingin merintis usaha dengan website tentunya tidak asing dengan layanan hosting web. Dalam layanan ini memiliki jenis – jenis hosting yang mungkin belum Anda ketahui lebih jauh.

Apa Itu Hosting Website?

Hosting website adalah sebuah layanan atau jasa menyewa sebuah server untuk menyimpan sebuah data dalam web. Sehingga saat orang lain mengakses internet dapat membuka situs tersebut.

Jenis – Jenis Hosting Website

Terdapat beberapa jenis hosting website yang perlu Anda pahami agar nantinya bisa menentukan mana yang akan Anda gunakan, antara lain :

1. Shared Hosting

Jenis hosting website yang pertama yaitu Shared Hosting. Untuk jenis ini sangat direkomendasikan bagi pemilik website pemula karena mudah dalam penggunaannya. Lalu segala pengelola server sudah teratasi oleh penyedia layanan hosting tersebut. Kemudian control panel di dalam pemakaian juga sangat mudah.

2. Cloud Hosting

Selanjutnya yaitu Cloud Hosting yang sering pemilik website gunakan karena kapasitas penyimpanan dan kecepatan aksesnya lebih tinggi. Kemudian jenis ini sangat aman karena ketika terjadi masalah pada satu server maka akan mengaktifkan server lain. Dengan begitu website tetap bisa terakses seperti biasa.

3. VPS Hosting

Jenis yang selanjutnya yaitu VPS Hosting. Hosting ini banyak juga penggunanya dan memiliki kemudahan dan kebebasan untuk para user. Kemudian terdapat faktor lain kenapa digemari banyak orang karena harganya terbilang lebih murah daripada jenis Cloud Hosting. Lalu dapat memilih sistem operasi server, Root Access, dll.

4. Dedicated Hosting

Dedicated Hosting merupakan versi terbaru dari VPS Hosting, jadi kemampuannya dalam memprosesnya hampir sama. Namun ada sedikit yang membedakan yaitu dari servernya dan setiap server hanya bisa untuk satu user. Anda yang memiliki data yang banyak, cocok memakainya karena kapasitas penyimpanan lebih besar.

Perbedaan Hosting Shared, Cloud, VPS, dan Dedicated

Setelah beberapa jenis hosting sudah Anda ketahui maka selanjutnya mengenai perbedaan dari keempat jenis tersebut, yaitu :

Shared Hosting

Jenis ini hanya memiliki satu sistem server saja dan penggunaannya secara bersamaan. Sehingga terdapat keterbatasan pilihan user dalam mengolah datanya ketika memakai shared hosting. Untuk pembagiannya meliputi beberapa bagian seperti HDD, RAM, dan CPU.

Cloud Hosting

Dalam jenis Cloud Hosting ini menawarkan perbedaan dari yang lainnya seperti user dalam melakukan pembayaran sesuai kebutuhan. Jika terjadi suatu perubahan traffic web secara signifikan dapat menyesuaikannya. Lalu terjadinya masalah pada server akan terminimalisir dan kinerjanya tinggi.

VPS Hosting

VPS (Virtual Private Server) merupakan hosting dengan beberapa server dan setiap server untuk satu individual website. Sehingga Anda yang memilih hosting ini akan leluasa dalam kostumisasi sesuai keinginan. Namun tetap melakukan share dengan server lain tapi hanya sedikit.

Dedicated Hosting

Jenis ini bisa dibilang sangat khusus untuk usernya karena tidak berbagi dengan pemilik website lainnya dalam satu server. Segala operasional dan keamanannya dapat Anda kontrol dengan bebas. Perusahaan besar sering memakainya karena biaya layanan Dedicated ini terbilang mahal.

Manakah Jenis Hosting yang Anda Gunakan?

Dengan demikian, adanya kemudahan dalam memakai website untuk mencari peluang bisnis tentunya memerlukan hosting yang berkualitas. Salah satu webhosting Indonesia terbaik yaitu dari Niagahoster. Mereka penyedia layanan hosting dengan berbagai jenis dan bisa Anda pilih dengan kebutuhan.

Author ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

Tulis Komentar
  1. Saya juga pakai niagahoster, namun masih yang shared hosting. Menurut saya sudah bagus untuk pemula seperti saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0