judul clickbait

Wadau! Ternyata Membuat Judul Clickbait di Youtube Berbahaya

Nah, lho… Ternyata membuat judul clickbait di Youtube Berbahaya.
Hari ini kita akan membahas mengenai clickbait. Mungkin bagi sebagian creator belum memahami apa itu clickbait. Apakah youtube bisa melakukan clickbait layaknya blog. Dari pada nunggu kelamaan langsung kita ke TKP.

Apa Itu Clickbait?

Pada dasarnya clickbait adalah sebuah pancingan untuk para pengguna atau penikmat konten online. Mau di Youtube di Blog. Semua bisa terkena jebakan clickbait.

Jika sobat bingung mengenai clickbait bisa kita jumpai pada pemberitaan online saat ini. Banyak sekali konten berita yang menggunakan clickbait untuk memancing para pengguna internet saat ini.

Salah satunya kamu! Iya kamu! Masa mantan kamu? kan udah masa lalu.

Dasar nama “clickbait” juga memiliki arti tersendiri. Jika kita pisah kata ini maka akan tercipta dua kata baru yaitu “Click” dan “Bait”. Click sendiri memiliki arti klik. Ya klik di mouse.

Maka dari itu saya mengatakan jebakan ini sering ada di dunia online. Karena di dunia nyata click tidak bisa di aplikasikan. Biasa kan di laptop atau di pc. Nggak mungkin di kertas ujian SMBPTN kita mengklik pakai pensil 2B. nggak bakal memberikan efek.

Secara umum click yang di maksud adalah kita menekan link tersebut. Mau dari hp, laptop, PC atau apapun yang bersifat online di hitung click.

Loading...

Sedangkan bait adalah mata kail. Dimana ini menggambarkan netizen online yang terkait oleh kail.

Lah kok bisa sob?

Emangnya gue ikan sapu-sapu? Nggak! Kan kamu bukan ikan sapu sapu! Bisa jadi ikan buntel. Hehehe.

Terkail disini bukan berarti kamu ikan yang terjebak mata pancing. Terus tumbuh ingsang dan mulai mencari sumber air untuk memulai hidup yang baru. Tidak! Melainkan disini kita di gambarkan terjebak oleh pancingan judul.

Makanya judul clickbait selalu mengelegar dan orang orang yang memiliki jiwa kepo yang tinggi akan melahap pancingan seperti orang kelaparan. Dan al hasil jeng.. jeng.. jeng. Kok kontennya beda dengan judul. Lah namanya juga clickbait sob.

Hanya untuk memancing agar konten di perhatikan. Udah mirip sama jomblo yang tebar pesona kalau lihat cewek cantik atau cowok ganteng. Pengennya di perhatikan. Makanya pasang clickbait di muka mblo :p pakai apa gitu hehe.

Kenapa harus menggunakan clickbait?

Oke! Ini adalah pertanyaan yang bagus! Lah padahal yang buat saya sendiri. Loh.

Lupakanlah.

Jadi clickbait dibuat jelas untuk mendapatkan respon pertama dari hal-hal yang panas. Dari berita artis. atau kejadian sekitar yang mengelegar. Pasti bakalan jadi sasaran sebuah clickbait.

Jangan salah. Media online juga seperti youtube. Memiliki analisa penelusuran. Jadi jika tidak menggunakan jurus ampuh satu ini bakalan kalah sama web lain. Dan al hasil bakalan tenggelam beritanya.

Kecuali media onlinenya yang terkenal ya sob. Tapi pada umumnya tetap menggunakan clickbait kok. Karena aktualitas yang di junjung tinggi oleh wartawan.

Untuk di youtube sendiri untuk memancing watch atau watch time. Ini sangat berguna untuk mengangkat video kalian naik pada pencaharian pertama. Kalau lagi hoki malah bisa masuk kedalam trending youtube. Wah lumayan sekali kan untuk mengangkat channel.

Contoh Judul clickbait

membuat judul Clickbait youtube

Contoh judul clickbait sebenarnya beragam. Tidak semua bagian bisa di clickbait. Di media online masa iya berita politik di hajar clickbait. Yang ada di demo para pejabat yang membaca. Yang ada justru judul yang bagus. Yang bisa menciptakan clickbait secara alami.

Yang sering di gunakan sebagai judul clickbait adalah berita entertainment. Banyak tuh! Mulai dari artis. Anak artis, saudara artis, Ibu artis, sampai keluarga artis yang sebenarnya tidak di butuhkan juga di clickbaitin.

Kalau di youtube jelas banjir. Dari jenis konten game, prank, social eksperimet pasti ada clickbaitnya. Coba deh telaah sendiri.

Terus contoh. Oke contoh, siap!

Untuk contoh hmmmm saya ambil contoh judul game yang clickbait. Ini saya buat sendiri saja ya.

Contohnya adalah “Gilakkk Rezeki anak Soleh!! ketemu cewek Cakep di Dota 2” terus thumbnailnya saya pasang dengan memasukkan foto cewek cantik.

Ini adalah salah satu contoh judul clickbait yang saya buat.

Banyak sekali contoh clickbait yang di buat. Jika sobat mau lihat secara langsung bisa banget silahkan cek ke bagian trending. Banyak sekali judul yang menggunakan unsur clickbait. Bisa sobat ikuti jika ingin menggunakan metode ini.

Mengapa clickbait berbahaya?

Sesuai dengan judul kita akan membahas bagaimana sih kok bisa clickbait itu berbahaya. Terutama di youtube.

Jelas dong. Karena judul memengaruhi mesin pencarian dan juga akan langsung menuju ke kebutuhan penonton youtube kita. Jika semisal video kita masuk deretan atas dan tidak sesuai dengan kebutuhan penonton maka akan terjadi sebuah civil war di comment.

Sesuai dengan pengalaman. Banyak sekali judul clickbait yang tidak sesuai dengan video yang ada didalam. Walaupun banyak yang view. Tapi YAKINLAH! Mereka tidak akan menonton sampai habis.

Jika tidak percaya ayo kita buktikan sekarang.

Jadi saya di posisikan jadi youtubers yang membuat konten clickbait. Disini saya membahas sabun cuci muka yang top cer. Dengan embel-embel di cuciin langsung mukanya oleh Nabilah JKT48 (misal, ngarep banget nih author  nggak apa deh sekali sekali kan.) dengan thumnail yang mirip mungkin dengan judul yang di buat.

Sobat sebagai penonton bakal memiliki pola pikir “Wah seriusan? Masa sih gue nggak percaya tuh.” Lalu sobat buka. “click” biar bisa di bayangkan ngeklik videonya kan.

Setelah buka dan menonton. Biasanya ada yang penasaran banget tuh. Kadang mempercepat durasi. Di youtube kan jika kita geser biasanya akan kelihatan footage dari video. Setelah di geser geser sampai ujung.

Ehh kok nggak ada nambilahnya. Dan der! Pointer pun mengarah ke bagian exit. Soalnya muka saya tidak di cuci Nabilah JKT48 melainkan di cuci sama nenek nenek penjaga warteg dekat kampus saya. Kan jadi bete.

Terus ini berpengaruh sama nasib channel? Jelas! Channel akan dapat dislike. Ini sudah pasti. Jika enable comment bakal ada coment bullyan. Hal ini akan berdampak pada tahap selanjutnya. Jika mental tidak kuat bakal males ngeyoutube lagi.

Cara membuat judul clickbait yang baik

“Mas mau dong di ajarin buat judul click bait”

“Kang gimana judul clickbait yang baik?”

“Bang Folbek bang.” < Apaan sih tong! *sambil di cocol mimi peri*

Oke! Sante! Sans! Selow ..kali ini saya akan berbagi cara bagaimana membuat judul clickbait yang baik dan benar.

“Lah bro! Judul artikelnya aja bilang buat judul clickbait itu berbahaya kok malah di ajari cara membuatnya?”
Oke bro! Selamat anda terkena clickbait dari artikel saya. Terimakasih banyak hehehe.

Langsung saja kita ke tahap tahapnya.

Perhatikan jenis konten

Ini juga sangat penting. Karena jenis konten berpengaruh pada kata kata clickbait yang akan kalian susun. Tidak bisa kalian kaitkan dengan jenis konten yang berbeda. Bisa sih hanya saja nantinya terdengar lucu dan susah ngaitin korban.

Misal kalian konten gaming jadi kaitkan lah hal yang berbau gaming yang sedang booming dengan kejadian nyata.

Misal contoh di kejadian nyata ada Geng ibu-ibu penguasa jalan raya yang kopdar dari Jakarta menuju ke planet mars. Kejadian pada 32 januari 3059

Nah ini bagus banget jika kita aplikasikan ke dalam judul konten youtube kita.

Saya bisa merecord game GTA! Terserah mau GTA apa. Asalkan jangan di aplikasikan ke game guitar hero atau game Solitare. Yang ada kalian di sangka orang gila.

Dengan bermain GTA saya bisa mengset keadaan yang sama seperti kejadian nyata yang terjadi di lapangan. Apalagi GTA V ya! Itu recomended banget. Kalian bisa ajak teman-teman kalian untuk kopdar bareng dengan karakter Ibu-ibu. INGAT! Naik motornya motor matic. Jangan lupa nyalakan sen ke kanan belok ke kiri. Bisa juga sen kiri terus belok ke nikahan mantan yang sedang berlangsung. Terus gas poll aja udah.

Setelah itu buat deh judul. GTA V Gameplay. Kopdar Ibu-ibu penguasa jalan 32 Januari NYASAR Ke nikahan mantan :’)

Konsep pemilihan kata tergantung kereatifitas kalian masing masing. Semakin kalian paham maka semakin gampang dalam membuat judul. Saya bukan clickbait addict jadi nggak sejago teman-teman yang ada di trending YT :p

Ga nyindir sih tapi kalau kesindir ya …… TOBAT LAH NAK! Sudah bosan gue lihat konten clickbait lu di Trending. Bergeserlah untuk para newcommer Clickbait yang datang dari artikel ini.

Jangan berikan konten palsu

Ingat judul clickbait boleh saja asalkan jangan menggunakan konten yang gak zelas dan tidak relevan. Walaupun judulnya mustahil terjadi setidaknya ada hal yang memang benar seperti yang ada di dalam konten.

Masih bingung?

Oke kalem! Jadi contoh saya buat konten. “Busett ke mall ada Aliando Kebelet B*KER di WC”
Itu udah judul clickbait banget kan? Terus nggak mungkin dong saya ke mall ketemu Aliando beneran lagi kebelet? Mungkin sih tapi peluangnya sangat kecil.

Bisa saja pada kejadian asli memang ada cowok ganteng kyk Aliando yang saya temui lagi Kebelet B*KER di dalam WC. Maka dari itu saya bisa menyebut Aliando di dalam judul. Dengan catatan saya pas lagi ngevlog setelah kejadian itu saya mengatakan.

“Sett dah tuh Aliando kebelet B*ker kali ya” sambil menunjukkan gambar kejadian. Itu tidak menjadi sebuah masalah.

Judul clickbait kalian tidak menjadi sebuah hal yang berujung menipu. Overall memang ada kejadian nyata walau objeknya KW seperti tas-tas di pasar sayur. Lah emang ada ya. Tau ah gelap.

Tetap perhatikan SEO

Ingat! Seo youtube adalah hal terpenting saat kalian akan membuat sebuah konten. Sebagus apapun judul yang kalian berikan tidak akan berpengaruh jika tidak ada SEO yang benar.

Jadi tetap berpegang erat pada SEO. Tidak peduli seberapa keren seberapa menarik judul kalian. Kecuali channel kalian sudah seperti mereka yang terkenal tidak ada masalah karena akan naik sendirinya.

Jika masih dibawah tetap berpegang teguh pada SEO. Tidak peduli konten apapun. Ini gunanya agar kalian mendapatkan perhatian dari mesin pencari.

Bagaimana membuat SEO yang baik? Banyak. Bisa kalian cari artikel di Klik Mania bagaimana cara no 1 atau rank 1 di youtube. Coba baca mengenai langkah-langkah menerapkan SEO untuk Youtube, bisa kalian pelajari dengan baik sehingga lama kelamaan juga akan paham.

Mungkin ada next artikel saya akan membahas mengenai SEO ini lebih jauh. Mungkin nanti ya. Tidak pasti hehehe. Udah seperti gebetan yang kasih harapan palsu ya. Hadehhh.

Oke sekian dulu postingan kali ini jika ingin melihat konten saya yang lain bisa ke youtube.com/chardsonz see ya on the next article. Tetap semangat. Tetap belajar bersama di Klik Mania



Loading...

Bagikan

Penulis

Richard Goodboy
Richard Goodboy
Mahasiswa yang hobi menulis 🙂

Find me:
Instagram : Chardsonz

Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya 🙂
Youtube : Youtube.com/chardsonz
Richard Goodboy

Penulis

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Komentar

    Avatar

    Anonim

    ( - 22:30)

    Dan artikel ini sendiri salah 1 contoh clickbait. Judul heboh pake WADAUUU BAHAYA. TAPI Intisari yg ente sampekkan cuma 2, yaitu prtma penonton kcewa judul ga sesuai isi, yg kedua video dpat bnyak dislike. Udah itu aja tot. Tapi ente bertele2 smpe bbrapa paragraf buat nyampein 2 hal tadi. Ibarat video yutub durasi 2 menit, tpi intro ente 1 menit sendiri, org blum liat video uda d suruh like subscribe comment
    konten cuma 50 detik, trus ente pasang penutup lgi 10 detik.

    Mnurut saya dpat dislike bnyak ga trlalu bahaya, toh bnyak yg video nya dpat ribuan dislike video ga d hapus yutub, iklan masih tayang.
    Trus itu diatas ada yg coment bacanya sampe was2, tpi trnyata ente bnyk bcanda, pdahal melihat judul mestinya lebih serius

    Avatar

    Chabib Azizah

    ( - 16:28)

    Bener sekali mas, klikbait cuma akan membuat penonton meninggalkan komentar yang berisi kekesalan sehingga akhirnya video saya mendapat banyak unlike.

    Avatar

    Mu Tmm

    ( - 14:36)

    Waduh, manteb banget ni informasinya Gan. saya bacanya sedikit was-was, kebanyakan bercandanya si…

    Avatar

    Hahaha… ingat sama keluarga clickbait di youtube. Yang hampir semua judulnya clickbait dan ngejar kuantitas tanpa melihat kualitas.

    Sekarang buka youtube kudu hati2. Seringkali baca komentarnya terlebih dahulu, cos eman kuota untuk lihat video yang nggak ada kualitas kontennya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *