Internet

Kabar Gembira, Grasshopper Bisa Diakses Lewat Desktop

Belajar Coding Semakin Mudah

Tahun lalu, Google melalui Area 120 telah membuat aplikasi untuk belajar coding yang bernama Grasshopper. Untuk menggunakan atau memulai tahapan pembelajaran sendiri, para pengguna harus memasang aplikasi Grasshopper di ponsel mereka.

Namun, untuk belajar coding menggunakan Grasshopper tidak perlu menggunakan aplikasi lagi, karena pada Selasa (08/10/2019) kemarin, pihak Google melalui laman resmi telah memberikan pengumuman jika Grasshopper sudah bisa diakses via desktop.

Cara Akses Grasshopper Melalui Desktop

1. Silakan buka situs Grasshopper, kemudian klik start coding today.

2. Silakan login menggunakan akun Google Anda.

3. Jika sudah login, silakan Anda klik hop back in pada fundamentals.

4. Anda akan langsung mendapatkan pembelajaran pertama berupa pembuatan bendera Perancis. Silakan Anda mengerjakannya agar bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

5. Jika Anda ingin melihat berapa banyak soal yang harus diselesaikan, maka silakan klik project yang terletak di bilah atas, maka jumlah soal yang harus dijawab akan ditampilkan.

6. Selesai.

Soal yang diberikan Grasshopper versi web ini tidak jauh berbeda dengan yang ada di aplikasi. Jadi bagi Anda yang belum sempat belajar melalui aplikasinya, maka Anda tidak perlu khawatir karena soalnya sama persis seperti yang ada di aplikasi.

Tambahkan Dua Kelas Baru

Laura Holmes selaku Project Lead di Grasshopper mengatakan jika pihaknya telah menambahkan dua kelas baru, yaitu using a code editor dan intro to webpages. Apabila Anda ingin mengikuti dua kelas baru tersebut, maka Anda harus menyelesaikan tahapan belajar di fundamentals terlebih dahulu.

Jika Anda tidak menyelesaikan pembelajaran di fundamentals, maka using a code editor dan intro to webpages akan tetap terkunci, dan Anda tidak akan bisa belajar di dua kelas baru tersebut untuk menambah wawasan Anda seputar coding.

grasshopper desktop 1

Sebelumnya, pembahasan seputar aplikasi Grasshopper juga sudah diulas. Jika Anda belum membaca ulasannya, maka ada baiknya Anda membaca ulasan tersebut terlebih dahulu agar Anda lebih mengetahui apa itu Grasshopper.

Baca juga: Aplikasi Grasshopper, Aplikasi Belajar Coding untuk Pemula

Di laman resmi, Google juga menyampaikan jika keberadaan Grasshopper ini membantu banyak para penggunanya. Menurut mereka, ada banyak pengguna yang tertolong, khususnya para pengguna yang memang ingin menempuh jalur baru dalam hidupnya, yaitu jalur coding.

Untuk Anda yang saat ini memiliki hasrat besar untuk belajar coding, namun belum sempat untuk mengikuti kursus, maka Grasshopper adalah solusi yang bisa Anda ambil. Selain belajar coding, di Grasshopper Anda juga akan mempelajari bahasa mengingat bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close