Tekno

Kalahkan AS, Pasar Smartphone India Terbesar Kedua di Dunia

India adalah negara yang memiliki potensi untuk menjadi besar mengikuti keberhasilan China. Alasan India bisa menjadi China kedua dikarenakan negara tersebut memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak serta talenta-talenta digital yang hebat.

Meski saat ini masih cukup jauh untuk menyusul China, setidaknya India sudah mengikuti jejak Negeri Tirai Bambu dalam urusan pasar smartphone di mana negara tersebut berhasil menggeser posisi AS sebagai negara kedua dengan penjualan smartphone terbesar di dunia.

Baca juga: Talenta Digital India Dinilai Oke, Bagaimana dengan Indonesia?

Pasar Smartphone India Kalahkan AS

Baru-baru ini, Counterpoint Research telah melakukan penelitian terkait negara dengan penjualan smartphone terbesar di dunia. Hasil terbarunya, Counterpoint masih menempatkan China di posisi pertama, kemudian menempatkan AS di posisi ketiga.

AS yang sebelumnya menduduki posisi kedua harus rela tempatnya digeser oleh India karena negara asal Asia Selatan tersebut di tahun 2019 kemarin telah menerima total 158 juta perangkat masuk ke negaranya. Dan kebanyakan perangkat smartphone yang masuk ke India adalah smartphone asal China.

Menurut data Counterpoint Research, sebanyak 72 persen smartphone yang menjejali pasar India adalah merek-merek terkenal dari China seperti Xiaomi, Vivo, Realme, dan juga Oppo. Meski merek selain China juga menjejali pasar India, namun persentasenya sangatlah kecil.

Merek smartphone yang bukan dari China yang mengalami pertumbuhan adalah Apple. Merek asal Amerika Serikat tersebut sempat tumbuh pesat di tahun 2019 berkat potongan harga yang diberikan untuk iPhone XR dan iPhone 11. Namun seperti yang sudah disebutkan, persentase Apple sangatlah kecil dibandingkan dengan merek China.

Adapun untuk merek lain seperti Samsung, pertumbuhan mereka di pasar India pun tidak terlalu mengesankan. Ponsel pintar keluaran Samsung nyaris tidak mengalami pertumbuhan atau stagnan, bahkan Samsung harus rela penjualannya turun sebanyak 5 persen pada tahun 2019.

Baca juga: India Adalah Negara yang Paling Boros Data Internet Tahun 2019

India sendiri berhasil menggeser Amerika Serikat dari negara dengan penjualan smartphone terbesar kedua di dunia karena memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak ketimbang AS. Selain itu, faktor India sebagai negara berkembang juga turut mempengaruhi daya beli masyarakatnya karena potensi daya beli akan meningkat sesuai dengan peningkatan ekonomi dari negara yang bersangkutan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close